Harmony Blog

Mengenal Ekonomi Maritim Indonesia dan Contoh Kebijakannya

Diposting Mei 18th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Ekonomi MaritimPin

Mengingat Indonesia yang merupakan negara maritim, maka ekonomi maritim menjadi salah satu sistem ekonomi yang dijalankan pemerintah. Secara sederhana, ekonomi maritim adalah suatu sistem ekonomi yang dijalankan negara maritim untuk pemerataan ekonomi dan pembangunan.

Dengan adanya tol laut ini diharapkan lalu lintas pelayaran dan kapal yang mengangkut logistik ke berbagai wilayah semakin lancar dan terjadwal.Click to Tweet

Ekonomi maritim adalah bagian dari kebijakan pemerintah yang khusus diterapkan hanya di negara kepulauan atau kelautan.

Banyak peran BUMN dan kegiatan ekonomi maritim yang diluncurkan demi mendukung perekonomian negara serta mempercepat pembangunan nasional.

Apa Pengertian Ekonomi Maritim?

Berdasarkan pengertiannya, ekonomi maritim adalah aktivitas ekonomi yang meliputi proses industri galangan kapal, pembangunan operasional lalu lintas laut, transportasi laut, serta segala badan usaha produk dan jasa yang berkaitan dengan kelautan.

Contoh Kebijakan Ekonomi Maritim

Berikut adalah beberapa contoh ekonomi maritim dan kebijakan yang dijalankan pemerintah Republik Indonesia.

Kebijakan ekonomi maritimPin

  1. Membangun Tol Laut

    Pemerintah menyadari bahwa akses laut menjadi salah satu sarana kegiatan sistem ekonomi ini yang sangat penting. Mengingat, Indonesia juga terdiri dari kepulauan yang terpisah oleh selat dan laut.

    Maka itu, contoh ekonomi maritim yang bisa dilihat adalah membangun berbagai sarana kelautan.

    Salah satu contoh ekonomi maritim adalah membangun tol laut. Dengan adanya tol laut ini diharapkan lalu lintas pelayaran dan kapal yang mengangkut logistik ke berbagai wilayah semakin lancar dan terjadwal.

    Jalur tol laut saat ini sudah ada sekitar 15 trayek. Antara lain:

    • Trayek T-1 rute PP melintasi Bayur, Pulau Nias, Mentawai, Pulau Enggano, Bengkulu.
    • Trayek T-6 rute PP melintasi Tanjung Perak – Tidore – Morotai.
    • Trayek T-15 rute PP melintasi Tanjung Perak – Wonreli – Namrole.

    Kegiatan sistem ekonomi ini didukung oleh BUMN seperti PELNI (PT Pelayaran Nasional Indonesia), ASDP, serta perusahaan swasta lainnya.

  2. Pembangunan Pelabuhan Laut

    Contoh kebijakan ekonomi maritim lainnya yang bisa dilihat adalah pembangunan pelabuhan laut. Sebab, pelabuhan menjadi salah satu pusat kegiatan dalam ekonomi negara maritim. Di mana, pelabuhan sebagai tempat bongkar dan muat barang atau logistik yang akan berlayar.

    Untuk mendukung kegiatan ekonomi pada negara maritim yang lebih produktif, pemerintah berupaya membangun sarana dan fasilitas pelabuhan yang lebih layak. Termasuk fasilitas Wi-Fi, air bersih, saluran instalasi limbah atau pembuangan sampah, gudang, ruang tunggu penumpang, dan lainnya.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Pembuatan Kapal

    Jika bisa memproduksi kapal sendiri, buat apa harus beli atau impor kapal dari luar negeri? Program ini menjadi salah satu kebijakan contoh ekonomi maritim yang digagas pemerintah Indonesia sejak 1947.

    Sekarang, pemerintah semakin gencar memproduksi kapal dalam negeri bukan hanya untuk mendukung kelancaran lalu lintas logistik, tetapi juga keamanan negara.

    Berdasarkan Kementerian Perindustrian Indonesia, saat ini jumlah galangan kapal telah mencapai 25 perusahaan dengan produksi hingga 1 juta DWT. Per tahunnya lebih dari 12 juta DWT untuk jenis reparasi kapal.

    Dengan adanya produksi atau pembuatan kapal dalam negeri, kebutuhan impor kapal bisa dikurangi. Dan pemerintah mampu menyediakan kebutuhan armada laut secara mandiri untuk memenuhi aktivitas atau kegiatan ekonomi maritim di seluruh pelosok tanah air

  4. Modernisasi Lima Pelabuhan Utama

    Di Indonesia terdapat lima pelabuhan utama yang menjadi pusat kegiatan ekonomi maritim secara Internasional, terutama lingkup Asia Tenggara. Pelabuhan tersebut antara lain:

    •     Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya, Jawa Timur).
    •     Pelabuhan Tanjung Priok (DKI Jakarta).
    •     Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang, Jawa Tengah).
    •     Pelabuhan Belawan (Provinsi Sumatera Utara).
    •     Pelabuhan Batu Ampar (Batam, Provinsi Kepulauan Riau).

Melalui kebijakan ekonomi maritim dalam program modernisasi lima pelabuhan utama tersebut, pemerintah ingin meningkatkan arus perdagangan dari transportasi laut.

Dengan cara menghubungkan jalur-jalur lintas laut Indonesia menuju negara-negara tetangga di lingkup Asia Tenggara. Hal ini dikenal sebagai ASEAN Connectivity yang diawali dengan meningkatkan produktivitas lima pelabuhan utama pusat dalam ekonomi negara maritim Nusantara.

Selanjutnya, akan dikembangkan hingga 47 pelabuhan lainnya di seluruh tanah air. Tak bisa disangkal, ekonomi maritim adalah bagian dari penopang ekonomi bangsa.

Dari sektor kegiatan ekonomi maritim, Indonesia memiliki banyak sumber pemasukan untuk percepatan pembangunan nasional dan menggerakkan roda ekonomi bangsa.

Kebijakan ekonomi maritim juga mendorong pelaku usaha untuk terus berekspansi ke berbagai negara tetangga melalui transportasi laut, dalam hal ekspor dan impor produk.

Agar bisnis dan pengelolaan keuangan semakin lancar, dukung aktivitas ekonomi perusahaan dengan Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony adalah perangkat lunak yang dirancang dengan fitur dan modul akuntansi yang modern, praktis, dan berbasis Cloud.

Anda bisa membuat laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan laba-rugi, dan berbagai jenis laporan keuangan lainnya, siap diakses kapan saja dan di mana saja.

Temukan paket yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda, coba aplikasi Harmony dalam 30 Hari GRATIS (tanpa biaya apapun), klik tautan ini.

Perluas wawasan Anda dan dapat informasi mengenai Harmony melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony