Harmony Blog

Depresiasi Mata Uang (Currency Depreciation), Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

depresiasi mata uangPin

Perang dagang antara negara-negara besar membawa dampak besar berupa depresiasi mata uang di seluruh dunia. Depresiasi mata uang merupakan penurunan nilai tukar mata uang karena berbagai faktor, seperti ketidakstabilan politik suatu negara, perbedaan suku bunga, permasalahan ekonomi fundamental, dan larinya para investor.

Depresiasi mata uang rupiah sempat terjadi ketika menyentuh nominal Rp 15 ribu terhadap dollar Amerika Serikat pada 2018.

Depresiasi rupiah adalah penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang lain, umumnya berpatokan pada dollar Amerika. Contoh dari depresiasi rupiah adalah jika pada tanggal 27 Februari 1 dollar bernilai Rp.14.100. Besoknya pada tanggal 28 Februari nilai tukar rupiah bernilai Rp.13.800 terhadap 1 dollar US. Artinya rupiah mengalami depresiasi sebesar 300 rupiah.

Peristiwa hangat saat depresiasi rupiah adalah saat menyentuh nominal Rp.15.000,00 terhadap dollar AS di tahun 2018. Sebelumnya pada tahun 2015, depresiasi rupiah sudah mencapai posisi Rp.14.400. Pelemahan nilai rupiah ini seharusnya ditanggapi secara serius oleh lembaga keuangan eksekutif.

Penyebab Depresiasi Mata Uang

Dampak depresiasi mata uang tidak selamanya buruk, jika dilakukan secara bertahap maka daya saing ekspor negara akan meningkat. Namun, dampak depresiasi mata uang yang tiba-tiba menyebabkan para investor asing khawatir nilai mata uang tersebut akan lebih terpuruk lagi. Mereka lalu melakukan tindakan dengan menarik portofolio investasi di negara tersebut. 

Tindakan para investor asing tersebut makin menekan nilai mata uang sehingga nilai mata uang akan semakin tertekan. Tetapi tindakan para investor bukanlah penyebab depresiasi mata uang paling penting, justru nilai inflasi tinggi serta kebijakan moneter yang tidak stabil dan mudah dimainkan adalah dasar utama penyebab depresiasi mata uang.

Dampak depresiasi mata uangPin

Krisis moneter yang terjadi di suatu negara disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu ketergantungan utang luar negeri. Besarnya utang luar negeri dengan jangka waktu yang pendek membuat kondisi keuangan negara tersebut tidak stabil. Selain itu para pebisnis akan mengalihkan dana mereka ke mata uang asing.

Strategi Mengatasi Dampak Depresiasi Mata Uang

Pembuat kebijakan ekonomi yang harus beradaptasi dengan kebijakan moneter luar negeri, menyebabkan kebijakan ekonomi negara tidak independen. Contohnya bank sentral negara, seperti Bank Indonesia, ikut menaikkan suku bunga saat suku bunga internasional naik. Jika tidak, maka modal akan mencari pengembalian yang lebih tinggi di luar negeri dan menjadi penyebab depresiasi mata uang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pasalnya ketika suku bunga rendah, nilai mata uang dollar akan meningkat. Dengan perbedaan suku bunga, bank sentral akan menaikkan suku bunga sebagai prediksi penurunan inflasi. Bila terlalu banyak inflasi maka akan menyebabkan depresiasi mata uang.

Inflasi menjadi penyebab biaya input ekspor menjadi lebih tinggi, mengakibatkan kegiatan ekspor suatu negara menjadi kurang kompetitif. Hal ini akan memperbesar defisit perdagangan dan nilai depresiasi mata uang.

Revaluasi Mata Uang

Untuk menjaga nilai mata uang dalam negeri tetap stabil, pemerintah akan mempertimbangkan kebijakan revaluasi. Revaluasi mata uang merupakan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan nilai mata uang negara tersebut terhadap mata uang asing dengan tujuan meningkatkan ekonomi negara.

Perubahan nilai tukar sebagai imbas revaluasi mata uang paling berdampak pada pebisnis terutama pada bidang ekspor dan impor. Perubahan kecil seperti Rp.100 berdampak pada pengeluaran negara hingga Rp.600 miliar.

Dampak revaluasi mata uang juga dirasakan pada harga saham perusahaan, walaupun tidak berdampak langsung. Untuk periode tertentu, seperti saat terjadi depresiasi mata uang, menjadikan para pemegang saham berpandangan negatif. Dengan kebijakan revaluasi mata uang yang tepat, maka daya saing serta harga barang menjadi stabil dan mudah didapatkan.

Software Akuntansi Harmony dapat membantu bisnis Anda mengelola laporan keuangan dengan cepat, akurat, dan otomatis. Fitur dan modul lengkap untuk kelancaran laporan finansial, perhitungan pajak hingga manajemen data karyawan. Buktikan sekarang di sini aplikasi Harmony GRATIS (30 hari). Atau follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info detailnya.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony