Harmony Blog

Seperti Apa Current Account dan Pengaruhnya Bagi Ekonomi Negara?

Diposting Apr 7th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Current AccountPin

Pernahkah Anda mendengar apa itu istilah current account? Secara umum current account adalah komponen neraca yang memiliki tujuan dalam mencatat seluruh transaksi, serta aktivitas sistem ekonomi yang telah berjalan beriringan dengan negara lain.

Nah dalam pengaruhnya dengan ekonomi sebuah negara, current account ini merupakan komponen penting dalam memahami bagaimana perubahan nilai tukar mata uang atau kurs sepanjang waktu.

Karena adanya current account juga dapat mempengaruhi dunia perdagangan yang memiliki neraca pembayaran atau disebut sebagai balance of payment.

Namun dalam neraca perdagangan ini juga memiliki dua jenis salah satunya yaitu current account, karena komponen neraca inilah yang menjadi faktor pendorong naik turunnya kurs mata uang di dalam sistem ekonomi liberal pada suatu negara.

Current account adalah selisih antara transaksi nilai ekspor dan impor pada sebuah negara yang mencakup perdagangan barang dan jasa.Click to Tweet

Mengetahui Apa Itu Current Account

Sesuai dengan namanya current account adalah sebuah komponen neraca transaksi berjalan yang sangat penting untuk neraca dagang dalam sebuah negara.

Apa itu current accountPin

Maka dari itu tujuannya current account ini merupakan petunjuk penting dalam melihat kemampuan negara melalui nilai ekspor dan impor tersebut.

Secara umumnya current account adalah selisih antara nilai ekspor dengan impor bagi sebuah negara, yang mana perhitungan ini berdasarkan transaksi barang dan jasa tetapi tidak berhubungan dengan komponen hutang.

Selain itu adanya current account akan menunjukkan bagaimana kondisi nilai ekspor dengan impor pada sebuah negara, supaya bisa terlihat bagaimana negara tersebut mengalami surplus atau deficit.

Pada sebuah negara yang memiliki nilai ekspor lebih tinggi dari impornya akan disebut sebagai surplus, sedangkan jika negara tersebut mengalami ekspor yang rendah dari impornya maka dikondisikan sebagai minus.

Baca Juga : Memahami Apa Itu Elastisitas Pendapatan dan Contohnya

Apa Saja Komponen Current Account?

Adapun empat komponen yang mempengaruhi ekonomi negara yaitu sebagai berikut:

  1. Neraca Perdagangan

    Pada perdagangan barang atau jasa memang merupakan aktivitas transaksi yang terbesar, sehingga defisit perdagangan tersebut juga dapat mempengaruhi kerugian transaksi bisnis yang berjalan.

    Maka dari itu defisit perdagangan ini dapat mempengaruhi pendapatan bersih, transfer langsung, dan pendapatan aset.

  2. Pendapatan Bersih

    Untuk pendapatan yang diterima oleh suatu negara dan dikurangi oleh pendapatan yang dibayar dari negara asing, maka dapat disebut sebagai pendapatan bersih yang memiliki dua sumber yaitu pertama bunga dan dividen sedangkan yang kedua adalah pendapatan luar negeri.

  3. Transfer Langsung

    Adanya transfer langsung ini dipengaruhi oleh bantuan luar negeri dari pemerintah, setelah itu investasi langsung dari negara asing. Nah disaat itulah penduduk suatu negara yang berinvestasi harus dihitung sebagai investasi langsung, karena investasi tersebut harus lebih dari 10% dari perusahaan modal asing.

  4. Pendapatan Aset

    Melalui peningkatan dan penurunan aset ini bisa didapat dari deposito bank, sentral bank, atau cadangan uang pemerintah termasuk saham sekuritas dan real estate.

Baca Juga: 10 Manfaat Ekonomi Kreatif Untuk Kesuksesan Bisnis

Pahami Current Account Positif Dan Negatif

Seperti yang Anda pahami bahwa current account juga bisa menunjukkan sisi positif dan negatif terhadap kondisi ekonomi pada suatu negara. Ketika sebuah negara melakukan kegiatan ekspor dan impor maka secara otomatis neraca ini akan berada di posisi surplus.

Perbedaan current accountPin

Namun hal ini akan berbanding terbalik jika pada suatu negara akan lebih banyak melakukan kegiatan impornya dibanding ekspor, maka currentnya akan berada di posisi negatif.

Dengan semua perhitungan inilah dapat dilihat dari seluruh transaksi keuangan yang dilakukan oleh semua pihak yang terkait. Baik itu pemerintah ataupun perusahaan swasta yang turut berkontribusi dalam neraca dagang.

Dengan kesimpulan perhitungan ini akan melibatkan semua uang masuk ke dalam negara atau balance of payment, di mana uang juga akan dibelanjakan atau keluar dari negara tersebut.

Apabila belanja negara lebih besar dari pendapatannya, hal ini akan membuat neraca dagang berada di zona negatif. Terlebih lagi hal ini berlaku juga sebaliknya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pengaruh Current Account Terhadap Kurs

Kali ini mengapa indikator current accout bisa menyebabkan nilai kurs pada sebuah ekonomi suatu negara, karena dapat menentukan nilai tukar mata uangnya.

Adanya indikator ini juga harus menentukan kemampuan negara tersebut untuk bisa berinvestasi ke luar negeri. Sehingga aktivitas investasi ini tidak hanya berimbas terhadap pihak pemerintah saja, namun juga bisa dilakukan oleh pihak swasta. Adapun pengaruh current account adalah:

  • Nilai impor menjadi lebih besar dari nilai ekspor, sehingga permintaan mata uang rupiah menjadi lebih sedikit.
  • Sedangkan permintaan mata uang asing akan menjadi lebih besar, karena adanya pembelian keluar negeri dengan mata uang asing.
  • Meningkatnya permintaan mata uang asing dengan nilai tukar rupiah yang melemah, sehingga kondisi ini dalam suatu negara menjadi defisit.
  • Apabila nilai ekspor lebih besar dari nilai impor maka permintaan mata uang rupiah menjadi lebih tinggi, karena negara lain membeli barang dengan mata uang lokal.
  • Tingginya permintaan mata uang lokal seperti ini akan membuat nilai mata uang tersebut meningkat. Hal ini juga akan secara otomatis membuat neraca dagang menjadi surplus.
  • Pada keadaan suplus ini tentunya negara tersebut akan memiliki jumlah modal yang banyak, sehingga kegiatan investasi keluar negeri lebih banyak devisa untuk aktivitas keuangan.
  • Jika kondisi keuangan surplus akan membuat mata uang negara menjadi lebih stabil, termasuk juga berbagai kebutuhan harga pokok dipasaran.

Seperti itulah pembahasan mengenai current account yang mempengaruhi nilai mata uang dengan neraca dagang, sebab hal ini akan mempengaruhi kondisi ekonomi sebuah negara secara menyeluruh.

Melalui neraca ini juga Anda juga bisa memahami bagaimana pendapatan, modal serta uang tunai dari kas Anda, apakah transaksi keluar dan masuk tersebut sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Untuk itu Jika Anda ingin memiliki mengukur seberapa sehat kondisi keuangan bisnis Anda melalui pencatatan laporan keuangan yang otomatis dan real time. Bahkan tidak memiliki kesalahan input dari segala jenis transaksi secara sistematis, maka cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony