Harmony » Blog » 

Contoh Struktur Organisasi: Panduan Lengkap Membuat Struktur Organisasi

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 10, 2023

Struktur organisasi dapat didefinisikan sebagai kerangka kerja yang menunjukkan bagaimana tugas dan kegiatan dikelompokkan dan diatur dalam suatu organisasi. Struktur organisasi adalah salah satu elemen penting dalam manajemen organisasi, karena dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi setiap anggota organisasi. Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, setiap anggota organisasi dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka, serta hubungan kerja antara satu dengan yang lain.

Tujuan dari struktur organisasi adalah untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang efektif dan efisien, di mana setiap anggota organisasi dapat bekerja dengan baik dan mencapai tujuan organisasi. Dalam struktur organisasi, terdapat beberapa jenis struktur yang dapat dipilih, seperti struktur fungsional, struktur divisi, dan struktur matriks. Setiap jenis struktur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga organisasi harus memilih jenis struktur yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhan organisasi.

Key Takeaways

  • Struktur organisasi adalah kerangka kerja yang menunjukkan bagaimana tugas dan kegiatan dikelompokkan dan diatur dalam suatu organisasi.
  • Tujuan dari struktur organisasi adalah untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang efektif dan efisien, di mana setiap anggota organisasi dapat bekerja dengan baik dan mencapai tujuan organisasi.
  • Terdapat beberapa jenis struktur organisasi yang dapat dipilih, seperti struktur fungsional, struktur divisi, dan struktur matriks, yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah tata letak dan hubungan antara bagian-bagian dalam suatu organisasi. Struktur organisasi mencakup pembagian tugas, tanggung jawab, dan wewenang antara anggota organisasi. Tujuan dari struktur organisasi adalah untuk menciptakan kerangka kerja yang jelas dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam struktur organisasi, setiap anggota organisasi memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas. Struktur organisasi juga mencakup hierarki dan aliran komunikasi dalam organisasi. Dalam struktur organisasi yang baik, setiap anggota organisasi tahu apa yang diharapkan dari mereka dan siapa yang mereka laporkan.

Struktur organisasi dapat berbeda-beda tergantung pada jenis organisasi dan tujuan organisasi tersebut. Ada beberapa jenis struktur organisasi, seperti struktur organisasi fungsional, struktur organisasi matriks, dan struktur organisasi proyek. Setiap jenis struktur organisasi memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Tujuan dan Fungsi Struktur Organisasi

Tujuan Struktur Organisasi

Tujuan struktur organisasi adalah untuk memastikan bahwa organisasi berjalan dengan efisien dan efektif. Dengan struktur organisasi yang jelas, setiap anggota organisasi dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka dengan jelas. Selain itu, struktur organisasi juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur organisasi memiliki beberapa fungsi penting dalam sebuah organisasi, antara lain:

  1. Memudahkan pengambilan keputusan: Dengan struktur organisasi yang jelas, setiap anggota organisasi dapat dengan mudah mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas suatu keputusan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas: Struktur organisasi membantu dalam mengatur tugas dan tanggung jawab setiap anggota organisasi sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif.
  3. Meningkatkan koordinasi: Dalam struktur organisasi yang jelas, setiap anggota organisasi dapat dengan mudah berkoordinasi dengan anggota lainnya untuk mencapai tujuan organisasi.
  4. Meningkatkan akuntabilitas: Struktur organisasi memastikan bahwa setiap anggota organisasi bertanggung jawab atas tugas dan tanggung jawab mereka.

Dengan demikian, tujuan dan fungsi struktur organisasi sangat penting bagi keberhasilan sebuah organisasi. Setiap organisasi harus memastikan bahwa struktur organisasi mereka memenuhi tujuan dan fungsi tersebut untuk mencapai kesuksesan organisasi.

Jenis Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengatur tugas, tanggung jawab, dan hubungan antar bagian dalam suatu organisasi. Terdapat beberapa jenis struktur organisasi yang dapat digunakan oleh suatu organisasi untuk memenuhi kebutuhan dan tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis struktur organisasi yang umum digunakan:

  • Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah jenis struktur organisasi di mana pekerjaan dikelompokkan berdasarkan fungsi atau tugas yang dilakukan. Setiap bagian dalam struktur organisasi fungsional bertanggung jawab atas tugas tertentu dan melapor ke atasan langsung mereka. Struktur organisasi fungsional cocok untuk organisasi yang memiliki produk atau layanan yang homogen dan memerlukan spesialisasi dalam setiap fungsi.

  • Struktur Organisasi Divisional

Struktur organisasi divisional adalah jenis struktur organisasi di mana organisasi dibagi menjadi beberapa divisi atau unit bisnis yang mandiri. Setiap divisi bertanggung jawab atas produk atau layanan yang berbeda dan memiliki struktur organisasi fungsional sendiri. Struktur organisasi divisional cocok untuk organisasi yang memiliki produk atau layanan yang berbeda dan memerlukan fleksibilitas dalam mengatasi perubahan pasar.

  • Struktur Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks adalah jenis struktur organisasi di mana pekerjaan dikelompokkan berdasarkan fungsi dan produk atau proyek yang dilakukan. Setiap anggota tim memiliki dua atasan, yaitu atasan fungsional dan atasan proyek. Struktur organisasi matriks cocok untuk organisasi yang memiliki produk atau layanan yang kompleks dan memerlukan kerjasama antara fungsi dan proyek.

Elemen Struktur Organisasi

  1. Posisi dan Jabatan

Struktur organisasi mencakup posisi dan jabatan yang ada dalam suatu organisasi. Posisi merupakan tempat seseorang dalam hierarki organisasi, sedangkan jabatan adalah tugas atau tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seseorang yang menempati posisi tersebut. Setiap posisi dan jabatan harus jelas dan terdefinisi dengan baik agar tidak terjadi tumpang tindih tugas dan tanggung jawab.

  1. Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab setiap posisi dan jabatan harus jelas dan terdefinisi dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap orang dalam organisasi memiliki peran yang jelas dan dapat bekerja dengan efektif. Tugas dan tanggung jawab juga harus sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan setiap orang yang menempati posisi tersebut.

  1. Koordinasi dan Komunikasi

Koordinasi dan komunikasi adalah elemen penting dalam struktur organisasi. Koordinasi diperlukan untuk memastikan bahwa setiap departemen atau bagian dalam organisasi bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan organisasi. Komunikasi yang baik juga diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dapat disampaikan dengan jelas dan tepat waktu antara setiap bagian atau departemen dalam organisasi.

Dalam struktur organisasi, posisi, jabatan, tugas, tanggung jawab, koordinasi, dan komunikasi harus terdefinisi dengan baik untuk memastikan bahwa setiap orang dalam organisasi bekerja dengan efektif dan tujuan organisasi dapat dicapai dengan baik.

Baca Juga : Rahasia Kesuksesan: Cara Memulai Bisnis Jasa yang Sukses

Contoh Struktur Organisasi

  • Perusahaan

Contoh struktur organisasi perusahaan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis industri, ukuran perusahaan, dan model bisnis yang diterapkan. Namun, secara umum, struktur organisasi perusahaan terdiri dari beberapa departemen atau divisi yang memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh struktur organisasi perusahaan:

  • Nama Jabatan Tugas

Direktur Utama Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan perusahaan

Wakil Direktur Membantu Direktur Utama dalam mengelola perusahaan

Divisi Keuangan Bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan

Divisi Pemasaran Bertanggung jawab atas pemasaran produk perusahaan

Divisi Produksi Bertanggung jawab atas produksi barang atau jasa perusahaan

Divisi Sumber Daya Manusia Bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia perusahaan

Sekolah

Struktur organisasi sekolah biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Berikut adalah contoh struktur organisasi sekolah:

  • Nama Jabatan Tugas

Kepala Sekolah Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan sekolah

Wakil Kepala Sekolah Membantu Kepala Sekolah dalam mengelola sekolah

Guru Bertanggung jawab atas pengajaran dan pembelajaran di kelas

Staf Administrasi Bertanggung jawab atas administrasi dan keuangan sekolah

Karang Taruna

Struktur organisasi karang taruna biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Berikut adalah contoh struktur organisasi karang taruna:

  • Nama Jabatan Tugas

Ketua Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan karang taruna

Wakil Ketua Membantu Ketua dalam mengelola karang taruna

Sekretaris Bertanggung jawab atas administrasi dan dokumentasi kegiatan karang taruna

Bendahara Bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan karang taruna

Anggota Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan karang taruna

Dalam struktur organisasi karang taruna, anggota biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok atau divisi, seperti divisi sosial, divisi olahraga, dan divisi seni dan budaya. Setiap divisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Pembuatan Struktur Organisasi

Membuat struktur organisasi yang baik dan efektif adalah langkah penting bagi setiap organisasi untuk mencapai tujuan mereka. Struktur organisasi harus didesain dengan baik agar dapat memaksimalkan kinerja organisasi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan struktur organisasi.

  1. Pertimbangkan Ukuran Organisasi

Ukuran organisasi dapat mempengaruhi desain struktur organisasi. Organisasi yang lebih kecil dapat memiliki struktur organisasi yang lebih sederhana dan fleksibel. Sedangkan organisasi yang lebih besar memerlukan struktur organisasi yang lebih kompleks dan terstruktur dengan baik.

  1. Pertimbangkan Tujuan Organisasi

Struktur organisasi harus didesain untuk mencapai tujuan organisasi. Setiap departemen harus memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas dan sesuai dengan tujuan organisasi. Hal ini akan memudahkan setiap departemen dalam mencapai tujuan mereka.

  1. Buatlah Diagram Struktur Organisasi

Diagram struktur organisasi adalah alat yang berguna untuk memvisualisasikan struktur organisasi. Diagram ini dapat membantu dalam memahami hubungan antara departemen dan karyawan dalam organisasi. Diagram struktur organisasi juga dapat membantu dalam mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari struktur organisasi.

  1. Gunakan Tabel untuk Menjelaskan Setiap Departemen

Tabel dapat digunakan untuk memberikan informasi yang lebih rinci tentang setiap departemen dalam organisasi. Tabel ini dapat mencakup informasi tentang tugas dan tanggung jawab departemen, jumlah karyawan, dan struktur hierarki.

Dalam pembuatan struktur organisasi, penting untuk mempertimbangkan ukuran organisasi, tujuan organisasi, dan menggunakan alat seperti diagram dan tabel untuk membantu memvisualisasikan dan menjelaskan struktur organisasi.

Manajemen dan Pengawasan dalam Struktur Organisasi

Dalam struktur organisasi, manajemen dan pengawasan memainkan peran penting dalam mengatur dan mengarahkan kegiatan organisasi. Manajemen melibatkan semua tindakan yang dilakukan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Struktur manajemen dalam organisasi dapat dibagi menjadi beberapa level, seperti manajemen tingkat atas, manajemen tingkat menengah, dan manajemen tingkat bawah. Setiap level manajemen memiliki tanggung jawab yang berbeda dalam mengelola kegiatan organisasi.

Pengawasan juga merupakan bagian penting dari struktur organisasi. Pengawasan melibatkan pengawasan terhadap kegiatan dan proses organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai dengan efektif dan efisien. Pengawasan juga melibatkan pengendalian terhadap sumber daya organisasi, seperti anggaran, tenaga kerja, dan waktu.

Dalam struktur organisasi, manajemen dan pengawasan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengorganisasi kegiatan organisasi, sedangkan pengawasan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan organisasi.

Meningkatkan Efisiensi Keuangan dengan Bantuan Akuntansi Harmony

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang contoh struktur organisasi yang dapat diterapkan pada perusahaan. Struktur organisasi merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen perusahaan karena dapat mempengaruhi kinerja dan efisiensi perusahaan.

Pemilihan struktur organisasi yang tepat dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa struktur organisasi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti budaya perusahaan, strategi bisnis, dan sumber daya manusia yang dimiliki sebelum memilih struktur organisasi yang tepat.

Dalam kesimpulannya, pemilihan struktur organisasi yang tepat sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien. Namun, perusahaan juga perlu mempertimbangkan faktor lain sebelum memilih struktur organisasi yang tepat.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram