Harmony Blog

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa dan Tahap Membuatnya

Diupdate Mar 17th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

jurnal umum perusahaan jasaPin

Apakah Anda kesulitan dalam membuat jurnal umum perusahaan jasa? Jika benar, maka Anda sudah tepat berada di artikel ini. Bagi Anda yang memiliki usaha jasa tentu akan membutuhkan, yang namanya pencatatan transaksi maupun kegiatan perusahaan selama periode berjalan.

Nah, namun apa sih jurnal umum perusahaan jasa? Pada dasarnya jurnal umum merupakan bagian dari jurnal akuntansi, tetapi yang membedakan hanya pencatatan transaksi perusahaan jasa dengan usaha dagang.

Sebelum Anda menguasai jurnal umum perusahaan jasa, maka pahami dahulu saldo normal akun serta analisis bukti transaksi Anda.Click to Tweet

Maka bagi pebisnis jasa, pencatatan jurnal umum perusahaan jasa ini merupakan hal wajib. Selain itu manfaat dari jurnal umum perusahaan jasa ini digunakan, supaya pebisnis mengetahui seberapa besar pengeluaran serta pemasukan dari setiap transaksi yang telah terjadi.

Apa Yang Dimaksud Jurnal Umum Perusahaan Jasa?

Secara definisi jurnal umum merupakan alat pencatatan yang berbentuk dua kolom dan berfungsi untuk mencatat setiap transaksi yang mempengaruhi laporan keuangan usaha jasa.

Maka dari itu jurnal umum perusahaan jasa ini dicatat sebagai nama perkiraan atau akun tertentu dengan jumlah debit dan kreditnya yang harus sama sesuai terjadinya urutan waktu.

Namun sebelum adanya pemostingan ke dalam buku besar, maka setiap transaksi yang terjadi dalam jurnal akuntansi keuangan harus dicatat terlebih dahulu. Karena jurnal ini sering dijuluki sebagai buku pencatatan yang pertama.

Selain itu istilah transaksi, dikenal sebagai suatu kejadian atau peristiwa, di mana usaha jasa Anda berkaitan dengan pihak internal ataupun pihak eksternal. Sehingga bukti transaksi tersebut nota, kwitansi, faktur, dan sebagainya.

Dengan demikian cuma bukti transaksi saja yang harus dinilai dengan satuan mata uang, sehingga nantinya dapat dicatat ke dalam beberapa jenis jurnal akuntansi atau transaksi keuangan.

Apa Saja Manfaat Jurnal Umum Perusahaan Jasa?

Contoh jurnal umum perusahaan jasaPin

Adapun beberapa manfaat pencatatan transaksi jurnal umum usaha jasa yaitu sebagai berikut:

  1. Menjadi alat untuk menunjukkan pengaruh dari setiap akun atas transaksi usaha jasa.
  2. Menjadikan pencatatan sebagai fungsi historis, yang di mana jurnal ini juga memberikan gambaran transaksi perusahaan secara urutan terjadinya waktu.
  3. Adanya jurnal ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian jurnal khusus lainnya yang di mana pengerjaannya juga dilakukan secara bersamaan.
  4. Pencatatan jurnal ini memberikan kesediaan ruang yang cukup untuk mencatat keterangan pada suatu transaksi, sehingga nantinya pencatatan bisa mudah dipahami dan jelas.
  5. Jurnal memiliki fungsi sebagai analisis transaksi ketika mengalami kesalahan pencatatan apabila transaksi tersebut langsung dicatat ke dalam buku besar.

Dengan demikian jurnal adalah pencatatan dalam buku pertama yang digunakan, untuk mencatat segala bukti transaksi keuangan perusahaan ketika transaksi tersebut sudah berjalan serta mengurangi kesalahan pencatatan.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Jurnal Laporan Keuangan Dengan Mudah?

Bagaimana Tahap Membuat Jurnal Umum Perusahaan Jasa?

Berikut ini ada beberapa tahap dalam membuat contoh jurnal umum secara manual yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengerti Saldo Normal Akun Transaksi

    Sebagai cara membuat jurnal umum yang benar, maka tahap pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus memahami saldo normal dari setiap akun. Agar tidak salah dalam mencatat saldo normal, Anda perlu juga memahami persamaan dasar akuntansi seperti Aset = Utang + Modal + (Pendapatan – Beban)

  2. Simpan dan Analisa Bukti Transaksi

    Selanjutnya Anda harus memiliki dan menyimpan bukti transaksi. Mengapa demikian? Karena bukti transaksi ini sangat penting sebagai pencatatan dalam sebuah jurnal, dan menjadi bukti adanya suatu transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Seperti contoh berupa kwitansi, nota, invoice, faktur dan sebagainya.

    Untuk tahap selanjutnya yaitu dengan menganalisis bukti transaksi, karena tidak semua transaksi dapat dicatat dan mengakibatkan adanya pengaruh perubahan posisi keuangan.

    Namun ingatlah bahwa Anda perlu menggunakan persamaan dasar akuntansi, karena dengan menganalisis transaksi ini bertujuan untuk menghasilkan pencatatan laporan keuangan secara benar.

  3. Bentuk Pencatatan Jurnal Umum

    Terakhir tahap yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan bentuk pencatatan jurnal umum, sebagai double entry system yang mengakibatkan dua posisi keuangan debit dan kredit dalam jumlah yang sama.

Jurnal umum perusahaan jasa excelPin

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Berikut ini ada beberapa transaksi soal contoh jurnal umum dalam usaha jasa sebagai berikut:
Catat jurnal umum perusahaan jasaPin

  • Soal Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa

    • Tanggal 03 Maret 2020, Ibu Cahaya menginvestasikan uangnya sebesar Rp800.000.000 pada perusahaannya PT Sukses Kemilau
    • Tanggal 08 Maret 2020, dibayar uang sejumlah Rp30.000.000 untuk sewa kantor selama satu tahun
    • Tanggal 17 Maret 2020, membeli peralatan dan perlangkapan kantor masing-masing sebesar Rp15.000.000 dan Rp8.000.000.
  • Bentuk Manual Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Contoh jurnal umum perusahaan jasa manualPin

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tips Praktis Membuat Jurnal Umum Perusahaan Jasa Melalui Software

Cara membuat jurnal umum perusahaan jasa yang praktis, Anda dapat menggunakan software pembukuan seperti Harmony. Dalam mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Masuk ke Menu Jurnal Umum Baru

    Pertama, login Harmony lalu pilih menu jurnal umum baru dan Anda boleh isi sesuai kebutuhan dalam transaksi.

    Input jurnal umum harmonyPin

  2. Masukkan Transaksi Ke Dalam Jurnal Umum

    Langkah selanjutnya input semua rincian pada jurnal seperti gambar dibawah dengan nomor transaksi, tag, tanggal transaksi, deskripsi, akun, Debit, Kredit, dan tambah catatan. Setelah itu klik simpan.
    Contoh jurnal umum harmonyPin

  3. Menyajikan Pencatatan Jurnal Umum Sesuai Jangka Waktu

    Jika Anda sudah memasukan transaksi ke dalam jurnal umum yang sesuai dengan urutan waktu, maka Anda dapat mengecek laporan jurnal umum usaha jasa Anda. Dengan cara klik laporan, dalam menu keuangan, setelah itu klik laporan daftar jurnal.
    Contoh laporan daftar jurnalPin

Seperti itulah pembahasan mengenai jurnal umum serta tahap praktis dalam membuatnya, namun jika Anda ingin memiliki berbagai transaksi usaha jasa. Maka Anda bisa juga menggunakan fitur bill, invoice, klaim biaya, dan jurnal umum secara manual.

Melalui tips praktis panduan diatas dapat memudahkan Anda untuk menerima pencatatan jurnal yang secara otomatis terupdate, ataupun real time dengan cara sistem perpetual yang bisa mempengaruhi laporan keuangan Anda.

Namun ketika Anda masih memiliki kesulitan dalam menyajikan komponen jurnal umum, buku besar, dan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan posisi keuangan lainnya.

Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk membantu Anda menghitung dan menyajikan laporan keuangan Anda. Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun akan dibereskan secara teknologi dengan layanan profesional ini.

Apa sih teknologi yang digunakan? Harmony adalah software akuntansi sebagai solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda.

Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony