Harmony » Blog » 

10+ Contoh Iklan Produk, Jenis dan Tips Membuatnya Agar Menarik

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 27, 2021

Tentu Anda sudah familiar dengan beberapa contoh iklan produk, pada dasarnya iklan produk adalah sebuah strategi pemasaran produk yang dapat menaikkan rating produk Anda di pasaran.

Iklan produk merupakan jenis promosi yang memuat informasi suatu barang dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar tertarik dan membeli produk tersebut.Click to Tweet

Apabila Anda sering menonton televisi pasti akan tayang sebuah contoh iklan produk pada saat iklan berlangsung. Bahkan bukan hanya ada di televisi saja, contoh iklan produk ini juga ada pada sebuah internet.

Iklan produk adalah seni membangun dan juga memelihara ke sarana produk dengan pembeli potensial. Program dan juga kampanye periklanan yang baik akan mendidik pelanggan potensial.

Apa itu Iklan Produk?

Cara yang paling tepat dalam mempopulerkan sebuah produk adalah dengan melakukan iklan produk. Iklan adalah suatu bentuk informasi produk atau jasa yang bertujuan untuk dilihat oleh khalayak banyak.

Apa itu Iklan Produk

Tujuan dari iklan produk ini adalah untuk membujuk atau mendorong masyarakat yang melihatnya agar menjadi tertarik menggunakan produk yang Anda iklankan. Biasanya contoh iklan barang atau produk ini dipasang di berbagai macam media, baik media offline maupun online, misalnya koran, televisi, majalah, dan lainnya.

Dalam melakukan strategi pemasaran ini, Anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran STP, sebab jenis strategi ini juga sangat bermanfaat dalam bisnis Anda, karena dengan metode STP ini membuat strategi pemasaran lebih efektif dan lebih terkontrol.

Contoh Iklan Produk

Adapun beberapa contoh iklan produk yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Contoh Iklan Produk Makanan

    Iklan produk makanan merupakan cara atau strategi pemasaran produk makanan yang sangat efektif untuk Anda lakukan. Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah gambaran cita rasa dari makanan tersebut.

    Contoh slogan iklan produk makanan seperti, Jagonya Ayam (Yang menggambarkan iklan KFC), Taste Is King (Burger King), dan lainnya,

    Ada juga iklan makanan ringan biasanya hanya pembuatan poster iklan lebih simpel. Contoh iklan makanan ringan ini ialah seperti, Tak Asing Lagi dan Tak Ada Duanya (Iklan Khong Guan Biscuits), Snacking With No Worry (Fitbar), dan lainnya.

  2. Contoh Iklan Produk Sabun & Shampoo

    Contoh iklan produk sabun ini mengedepankan kandungan yang terdapat pada sabun tersebut. Biasanya tema dari iklan sabun ini ialah anak-anak dan keluarga. Walaupun ada juga jenis iklan sabun yang bertema tentang dewasa.

    Sama seperti produk sabun, hal yang sangat menjadi perhatian adalah manfaat dan kandungan di dalamnya. Perlu disebutkan juga apa saja keunggulan produk shampo tersebut dibanding dengan shampo lainnya. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu slogan. Misalnya pada shampo clear berbunyi “Ketombe Siapa Takut.”

  3. Contoh Iklan Produk Minuman

    Iklan ini tentu sudah menjadi identik dengan rasa haus dan dahaga. Iklan yang baik pasti memuat slogan, gambar, dan teks iklan yang menarik. Seperti pada contoh minuman Sprite, minuman berkarbonasi itu seolah-olah membuat kita bisa merasakan kesegarannya meskipun hanya dengan melihat gambarnya. Yang tak kalah menarik adalah slogan yang dipakai yaitu “nyatanya nyegerin”.

    iklan produk sprite

  4. Contoh Iklan Produk Minuman Kesehatan

    Produk minuman kesehatan kini sudah banyak untuk dijumpai di mana saja, dengan berbagai macam amnfaat yang terkandung di dalam minuman tersebut tentu masyarakat bisa memilih minuman yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

    Pada iklan produk ini, manfaat dari minuman tentu akan menjadi informasi penting yang harus dicantumkan dalam iklan produk minuman kesehatan tersebut.

  5. Contoh Iklan Produk HP

    Biasanya contoh iklan produk hp akan menampilkan sebuah kecanggihannya mengenai kamera, RAM, desain hp dan keunggulan lainnya yang dimiliki hp tersebut.

  6. Contoh Iklan Produk Pencuci Lantai

    Pembersih lantai juga menjadi produk yang dibutuhkan dalam menjaga kebersihan setiap bangunan yang berlantai. Maka oleh karena itu banyak setiap masyarakat yang meproduksi pembersih lantai dengan berbagai jenis dan manfaat.

  7. Contoh Iklan Produk Minyak Angin

    Banyak contoh iklan minyak angin yang sudah tampil di televisi dengan berbagai macam merek. Tentu dalam masing-masing merek tersebut memiliki cara yang kreatif dan unik dalam mengiklankan produknya.

    Biasanya yang akan ditonjolkan dalam iklan ini ialah keunggulan dan manfaat yang terkandung dalam produk tersebut.

  8. Contoh Iklan Produk Kopi

    Dalam produk iklan ini Anda harus dapat menyebutkan rasa kopi tersebut, jenis kopi apa yang digunakan, dan bagaimana cara penyajian yang tepat untuk meminum kopi tersebut. Salah satu contoh slogan produk kopi yang terkenal adalah good day “karena hidup banyak rasa”.

    iklan produk minuman

  9. Contoh Iklan Produk Sabun Cuci

    Baik itu sabun mandi atau sabun cuci tentu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk digunakan. Bahkan dalam memakainya tidak hanya sekali saja tetapi juga berkali-kali. Maka para pengusaha tersebut berlomba-lomba dalam menarik peminta konsumen melalui iklan produk niaga.

  10. Contoh Iklan Produk Mie Instan

    Contoh makanan ini tentu sudah tidak perlu lagi untuk diragukan, dikarenakan memang praktis penyajiannya, rasanya ppun juga sangat lezat. Di Indonesia pun sudah banyak perusahaan yang memproduksi mie instan. Sehingga disuguhi berbagai macam pilihan mie instan dari segi rasa dan merek.

  11. Contoh Iklan Produk Pepsodent

    Produk unilever pepsodent merupakan salah satu produk yang paling terlama dan terkenal yang menguasai pasta gigi terbesar di Indonesia. Produk-produk dari unilever tersebut sangat mudah kita temui di toko kelontong atau juga supermarket besar.

[elementor-template id="26379"]

Apa Saja Jenis-Jenis Iklan Produk?

Terdapat dua jenis iklan produk yaitu iklan tradisional dan kampanye iklan online. Untuk mengetahui apa saja macam-macam yang terdapat dalam iklan tersebut, berikut penjelasannya.

Jenis Iklan Tradisional

  • Iklan Pada Media Cetak - Adapun contoh dari iklan cetak ini seperti koran, majalah, brosur, dan lainnya. Dengan menempatkan iklan dalam majalah dan koran merupakan suatu jenis iklan tradisional yang mana masih efektif digunakan sampai saat ini.
  • Televisi dan Radio - Dengan melakukan iklan pada televisi dan radio tentu dapat memungkinkan perusahaan menjangkau calon jutaan pelanggannya. Salah satu jenis iklan yang masih populer dilakukan sampai sekarang ini adalah iklan yang berada pada televisi.

Jenis Iklan Online

Seperti yang Anda tahu, saat ini internet menjadi lebih mudah untuk dijangkau dan sudah banyak para masyarakat mulai menggunakannya. Maka dari itu sudah banyak bisnis yang beralih dalam media internet ini.

Banyak bisnis yang memiliki metode promosi yang lebih mudah untuk dijangkau seperti contoh iklan teks, iklan video, iklan bayar per klik, dan lainnya. Selain itu iklan juga mencakup semua hal yang paling penting untuk melacak beberapa metrik seperti:

  • Berapa kali iklan ditampilkan.
  • Berapa banyak orang yang melihat iklan Anda.
  • Rasio konversi kepada tujuan Anda.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Tips Praktis Agar Iklan Lebih Menarik

Tentu untuk meraih hati konsumen, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik isi iklan yang akan disampaikan. Nah, bagaimana membuatnya menarik? Simak tips berikut ini

Tips Membuat Iklan Produk

  • Melakukan Riset Pemasaran

    Sebelum melakukan iklan barang atau produk, terlebih dahulu Anda harus melakukan riset pemasaran Anda. Sebab riset pemasaran merupakan bagian penting dari promosi kampanye.

    Dengan melakukan riset pasar, Anda dapat menjawab pertanyaan kunci tentang pasar sasaran Anda, seperti: Berapa umur calon konsumen Anda? Sosial media apa yang sering digunakan? Apa yang sering mereka lakukan?

    Dari informasi di atas, tentu Anda dapat membantu menjawab pertanyaan Anda. Dengan Anda mengetahui hal tersebut, Anda dapat memahami tentang cara menarik orang yang tepat.

  • Memilih Audies Yang Tepat

    Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih audiens yang tepat adalah dengan melakukan rincian tentang siapa yang ingin Anda targetkan dengan pesan Anda, siapa yang akan membantu Anda dalam memasukkan pesan terbaik dan memilih platfrom periklanan yang terbaik.

    Hal tersebut Anda lakukan harus didasarkan pada persona pembeli Anda, dan berdasarkan riset pasar dan juga data nyata tentang pelanggan yang sudah Anda dapatkan.

  • Menentukan Anggaran

    Ketika ingin melakukan iklan produk, Anda perlu mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Dalam membuat dan menyetujui anggaran tentu merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan.

    Maka dari itu, untuk mendapatkan apa yang sudah Anda rencanakan dan Anda butuhkan, Anda dapat menguraikannya dengan cara berikut:

    • Mengetahui total anggaran yang akan Anda butuhkan.
    • Bagaimana biaya tersebut digunakan.
    • Berapa ROI yang diproyeksikan (dampaknya bagi bisnis Anda).
  • Mengembangkan Aset Kreatif

    Semua jenis iklan tentu membutuhkan aset kreatif. Sebagian besar iklan yang Anda jalankan tentu membutuhkan beberapa hal seperti teks promosi, foto-foto, salinan skrip video, gambar atau animasi yang dibuat khusus, sampai GIF.

    Apabila Anda tidak memiliki pengalaman dalam bidang videografer, penulis desainer atau lainnya. Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat menyewa tim freelancer atau agensi untuk membantu Anda dalam membuat iklan agar menjadi lebih menarik.

Selain menerapkan iklan produk pada bisnis Anda, ada hal penting lainnya yang harus dilakukan pebinis yaitu mengelola keuangan usaha dengan baik. Karena dengan keuangan usaha yang sehat maka bisnis kerajinan Anda akan semakin berkembang. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan tanpa repot, maka Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram