Harmony Blog

Pelajari Arti Cash On Delivery (COD), Kelebihan dan Tips Menjalankannya

Diposting Mei 19th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Cash On DeliveryPin

Sebenarnya apa itu COD (cash on delivery)? Namun apabila Anda pelanggan setia dari e-commerce, tentu Anda sudah pernah mendengar tentang sistem pembayaran COD ini.

Cash on delivery adalah metode pembayaran yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli dalam bertransaksi secara tunai ketika pesanan tiba.Click to Tweet

Namun bagi Anda yang belum tahu, COD atau cash on delivery adalah cara transaksi jual beli di mana pembayaran dilakukan secara langsung di tempat ketika pesanan dari penjual diterima oleh pembeli.

Cara bertransaksi secara cash on delivery sudah sangat populer di Indonesia, terutama dalam perusahaan dagang. Namun apabila Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai cash on delivery. Yuk, simak penjelasannya melalui artikel kami.

Apa Itu Pengertian COD?

COD artinya singkatan dari cash on delivery, yang mana maksud dari cash adalah pembayaran tunai sedangkan delivery diartikan sebagai pengiriman.

Dalam sistem pembayaran COD artinya konsumen akan membayar produk pesanannya ketika barang sudah sampai tujuan.

Sederhananya, penjual dan pembeli akan bertemu langsung pada suatu tempat yang sudah disepakati sebelumnya dan melakukan transaksi.

Namun biasanya, cara pembayaran cash on delivery hanya bisa dilakukan apabila pembeli dan juga penjual berada dalam satu kota yang sama.

Sementara itu, bentuk pembayaran yang dilakukan juga bisa dalam bentuk uang tunai ataupun uang digital.

Kelebihan dan Kekurangan Cash on Delivery

Pembayaran cash on delivery ini tentu memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekuragan pembayaran COD adalah sebagai berikut:

Kelebihan dan kekurangan codPin

  1. Kelebihan Pembayaran COD Untuk Penjual

    Dalam menerapkan metode pembayaran COD adalah menjadi salah satu strategi marketing bagi penjual untuk bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

    Sebab banyak sekali konsumen yang menyukai cara ini. Selain itu metode pembayaran COD ini juga mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli atas reputasi penjualan.

  2. Keuntungannya Untuk Pembeli

    Keuntungan untuk pembeli dari pembayaran COD adalah meningkatkan kenyamanan tersendiri. Sebab dengan adanya cash on delivery, maka pihak pembeli bisa memeriksa kondisi barang secara langsung. Selain itu juga bisa menghindari adanya penipuan atas kondisi barang yang tidak sesuai pesanan.

  3. Kekurangan Pembayaran COD

    Meskipun jenis pembayaran cash on delivery ini sangat diminati oleh banyak orang, tetapi metode pembayaran ini juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan cash on delivery adalah sebagai berikut:

    • Dalam metode cash on delivery ini biasanya menggunakan uang tunai, sehingga penjual memiliki resiko menerima pembayaran uang palsu.
    • Pada saat melakukan cash on delivery, tentu jangkauan layanannya sangatlah terbatas. Hanya mampu dilakukan oleh pembeli dan penjual yang berada dalam kota yang sama.
    • Metode pembayaran cash on delivery ini bisa merugikan penjual jika suatu transaksi ternyata dibatalkan oleh pihak pembeli dengan berbagai alasan. Tentu dalam hal ini penjual akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya penjual.
    • Pada saat melakukan cash on delivery tentu sangat rentan dengan risiko kejahatan, baik itu untuk penjual dan pembeli. Maka disarankan dalam melakukan cash on delivery Anda harus memilih tempat umum yang ramai dikunjungi orang.

Baca Juga: Strategi Distribusi – Jenis, Contoh & Pentingnya Bagi Usaha Dagang

Cara Belanja dengan Transaksi COD

Apabila Anda tertarik melakukan belanja dengan transaksi cash on delivery, maka sebaiknya Anda harus mengetahui apa saja cara yang perlu Anda lakukan.

Cara belanja dengan transaksi codPin

  1. Memilih Produk yang Dibutuhkan

    Apabila Anda memutuskan untuk berbelanja dan melakukan sistem cash on delivery maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memilh produk yang ingin Anda beli.

    Anda dapat melihat gambar dan spesifikasi produk yang sudah tertera di toko online.

    Pilihlah produk yang tepat untuk Anda beli, agar tidak sampai terjadi kesalahan pada saat melakukan proses saluran distribusi.

  2. Hubungi penjual

    Jika Anda sudah memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, maka langkah selanjutnya Anda dapat menghubungi langsung pihak penjual produk tersebut.

    Dengan menghubungi pihak penjual, maka Anda juga bisa menanyakan langsung tentang berbagai hal mengenai produk yang akan Anda beli.

    Jadi Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana kondisi barang yang ingin Anda beli. Hal tentu sangat bermanfaat bagi Anda untuk menghindari adanya kesalahan dalam membeli produk.

    Apabila Anda sudah mengetahui dengan jelas produk yang akan Anda beli, maka selanjutnya Anda bisa membuat janji dengan pihak penjual.

  3. Membuat Perjanjian Antara Konsumen dengan Penjual

    Sebelum melakukan perjanjian, pastikan bahwa Anda dan pihak penjual memiliki waktu yang pas untuk bertemu.

    Apabila sudah menemukan waktu  yang pas dan berhasil membuat janji dengan pihak penjual maka sebaiknya Anda datang dengan tepat waktu.

    Sebaiknya ketika ingin bertemu di suatu tempat pastikan bahwa lokasi tersebut kondusif untuk proses transaksi. Pilih juga tempat yang cukup ramai namun nyaman untuk bertransaksi.

    Hal ini dilakukan agar menghindari Anda dari segala bentuk penipuan yang mana bisa berujung pada tindak kejahatan.

Tips Menjalankan Transaksi Dengan COD

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan pada saat menjalankan transaksi cash on delivery. Berikut ini tips yang perlu dilakukan penjual dan pembeli yaitu:

Tips menjalankan transaksi codPin

  1. Tips untuk Penjual

    • Sebelum melakukan cash on delivery, usahakan bahwa Anda menjaga kerapihan penampilan Anda agar terlihat rapi, sehingga Anda akan terlihat sebagai orang yang bisa dipercaya.
    • Pastikan Anda tepat waktu untuk tiba di lokasi yang sudah ditentukan, akan lebih baik apabila Anda tiba lebih awal.
    • Pastikan juga jika Anda bertemu dengan calon konsuemn pada tempat umum yang ramai dan aman.
    • Aktifkan selalu ponsel Anda agar konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah.
    • Bersikap ramah pada konsumen agar mereka bisa merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi.
    • Jelaskan lagi secara singkat kepada konsumen mengenai barang yang akan Anda jual.
    • Periksa kembali uang yang Anda terima, dan pastikan bahwa Anda menerima uang asli dari konsumen.
    • Terima uang sesuai dengan jumlah dan kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya, dan ucapkanlah terima kasih.
  2. Tips untuk Pembeli

    • Pastikan pada saat melakukan cash on delivery, sebaiknya melakukan pertemuan dengan penjual di tempat umum yang ramai dan aman. Anda juga bisa untuk mengajak teman Anda pada saat melakukan transaksi cash on delivery.
    • Setelah Anda menerima barang dari penjual, pastikan jika Anda memeriksa kembali barang yang Anda beli. Pastikan juga jika seluruh barang sesuai dengan yang Anda inginkan dan berada pada kondisi yang baik.
    • Jika sudah melakukan pemeriksaan, dan barang sesuai dengan apa yang Anda ingkinkan. Maka langkah selanjutnya Anda melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan awal.

Itulah penjelasan mengenai transaksi cash on delivery yang perlu Anda ketahui. Jika bisnis Anda menerapkan sistem COD, maka buatlah dengan sebaik mungkin, agar konsumen juga puas untuk membeli produk Anda.

Apabila konsumen puas terhadap produk yang Anda jual, maka konsumen juga akan semakin loyal pada usaha Anda. Sehingga usaha Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Namun keuntungan yang sudah diperoleh tersebut harus bisa dicatat dalam laporan laba rugi secara baik, tepat dan rapi.

Walaupun memang sulit untuk dilakukan, namun kegiatan pembukuan ini harus tetap dilakukan agar bisa memastikan keuntungan yang bisa diraih.

Agar lebih memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan usaha, Anda dapat menggunakan software akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony berpengalaman mendukung klien dengan berbagai bidang bisnis untuk menyederhanakan tugas pembukuan keuangan bisnis.

Tidak hanya membantu pembukuan saja, Anda juga bisa menyiapkan dan memperhitungkan unsur-unsur pajak di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot. Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Dapatkan juga berbagai informasi menarik dan terupdate seputar finansial, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony