Dalam sebuah Bisnis membuat laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui perkembangan atau pergerakkan suatu perusahaan. Dalam Artikel kali ini akan dibahas mengenai langkah mudah dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa.
Yang dimaksud dengan perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak khusus menangani atau memberikan layanan di bidang penjualan jasa atau keahlian, misalnya jasa desain, jasa make up artist, bengkel, rental, dan lain sebagainya.
Table of Contents
Tidak berbeda jauh dari laporan keuangan perusahaan dagang dan manufaktur, laporan keuangan yang dibuat berupa catatan setiap kegiatan dan tindakan perusahaan yang berhubungan dengan uang masuk dan keluar dalam satu periode waktu, sekarang kita akan memulai langkah - langkahnya dibawah ini :
Dalam setiap perusahaan mempunyai laporan keuangan yang dibutuhkan berbeda – beda. Langkah pertama ini Anda harus memutuskan laporan keuangan apa saja yang akan di sajikan untuk perusahaan Anda, namun disarankan Anda memiliki komponen utama dalam membuat laporan keuangan perusahaan jasa seperti Laporan Neraca (Balance Sheet), Laporan Laba-Rugi (Profit and Loss Statement), Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement).
Setelah sudah menentukan laporan-laporan yang dibuat, dalam langkah kedua ini Anda dapat memulai membuat Laporan Neraca (Balance Sheet). Laporan Neraca biasa disebut laporan posisi keuangan pada perusahaan jasa yang menyajikan informasi perubahan mengenai perubahan posisi keuangan yang berisi informasi mengenai perubahaan posisi keuangan seperti asset, kewajiban, dan modal dalam satu periode akuntansi tertentu pada suatu perusahaan.
Laporan laba/rugi adalah laporan yang menyajikan seluruh pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi. Banyak sekali fungsi laporan laba/rugi seperti dapat memberikan informasi mengenai kondisi suatu perusahaan apakah perusahaan tersebut untung atau rugi, memberikan inforamsi mengenai jumlah total pajak yang harus di bayar, menjadi acuan bagi para investor untuk mengetahui perkembangan perusahaan, dan banyak lainnya.
[elementor-template id="26379"]
Selain laporan neraca dan laba/rugi, laporan perubahan modal termasuk penting dalam pembuatan laporan keuangan. Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan modal dan apa saja yang menyebabkan modal tersebut berubah dalam suatu periode transaksi tersebut.
Unsur-unsur pada laporan perubahan modal adalah modal awal, laba/rugi bersih, setoran/penarikan, dan modal akhir. Modal dapat bertambah jika laba lebih besar dari pada pengambilan pribadi (prive). Dan modal akan berkurang jika laba lebih kecil dari prive dan rugi ditambah dengan prive.
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang berisikan arus kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini biasanya berisi informasi kegiatan operasional, investasi, dan keuangan.
Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan keuangan untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap jumlah kas dan setara kas.
Itulah langkah mudah yang dapat Anda terapkan jika ingin membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Anda dapat memanfaatkan teknologi , seperti software akuntansi untuk membuat laporan keuangan dengan lebih mudah.
Harmony membantu Anda membereskan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukan transaksi yang terjadi sehingga semua laporan keuangan akan tersajikan secara real time.
Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapih secara real time dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini.