Harmony » Blog » 

Cara Mudah Menghitung Rasio Perputaran Piutang (Receivable Turnover)

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
November 28, 2020

Saat ini istilah rasio perputaran piutang atau biasa dikenal accounts receivable turnover menjadi tren analisis bagi pebisnis. Mengapa? Melalui rasio ini Anda bisa mengetahui seberapa cepat perputaran invoice menjadi kas.

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai rasio perputaran piutang yang merupakan bagian dari jenis rasio aktivitas. Tentunya Anda juga perlu juga mengetahui apa saja jenis yang termasuk dari rasio keuangan tersebut bukan?

Maka perlu Anda pahami bahwa jenis rasio keuangan juga terdiri dari beberapa bagian yaitu rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio investasi.

Ketika hasil analisis rasio perputaran piutang tersebut besar, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Karena semakin besar, maka peluang Anda mendapatkan uang juga semakin tinggi dan cepat.

Seperti pembahasan di atas artikel kali ini menjelaskan tentang rasio perputaran piutang, yang berguna untuk melihat kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola piutangnya.

Sebaiknya perusahaan memiliki jumlah piutang dengan pelanggan dalam jumlah kecil dibandingkan jumlah besar. Hal ini dikarenakan perusahaan akan terhindar dari risiko piutang tak tertagih.

Apa Yang Dimaksud Rasio Perputaran Piutang?

Pengertian rasio perputaran piutang menurut Kasmir (2012:176), yaitu perputaran piutang adalah rasio yang dipakai untuk mengukur berapa lama penagihan piutang selama satu periode atau bahkan berapa kali dana yang tertanam dalam piutang.

Secara umum bisa Anda ketahui bahwa rasio piutang termasuk ke dalam rasio aktivitas, yang dapat digunakan mengukur seberapa efektivitas perusahaan tersebut dapat menagih kreditnya tersebut menjadi kas.

Rasio piutang akan menunjukkan seberapa baik Anda mengelola piutang tersebut. Terbukti jika perusahaan tersebut memiliki nilai rasio perputaran piutangnya besar, maka bisa Anda pahami jika perusahaan tersebut baik dan cepat dalam menagih utangnya.

Jika perusahaan ingin menagih piutang yaitu bisa dengan cara menagih secara berkali-kali dalam satu periode. Dengan demikian nilai piutang pada laporan keuangan perusahaan Anda juga kecil.

Sebagai solusi tersebut, jika piutang perusahaan Anda kecil maka nilai piutang atas gagal penagihannya juga akan kecil. Sehingga dari analisis tersebut bisa Anda pahami bahwa kas perusahaan kemungkinan tidak terlalu terganggu karena uang masuk dari pelanggan tetap lancar.

Fungsi Perputaran Piutang adalah untuk mengetahui pengelolaan piutang suatu perusahaan dilihat dari tingkat perputaran piutangnya, dimana tingkat perputaran piutang merupakan periode terikatnya modal kerja dalam piutang.

Piutang sebagai unsur modal kerja dalam kondisi berputar, yaitu dari kas, proses komoditi, penjualan, piutang dan kembali ke kas. Makin cepat perputaran makin baik kondisi keuangan perusahaan.

Apa Saja Fungsi, Manfaat SertaTujuan Dari Rasio Perputaran Piutang?

Bisa Anda ketahui bahwa rasio perputaran piutang pasti juga akan memiliki fungsi, manfaat dan tujuan agar efektivitas piutang berjalan secara optimal.

Pentingnya fungsi perputaran piutang perusahaan itu sendiri dapat menjadi salah satu cara agar Anda juga bisa mengetahui bagaimana mengelola piutang dalam suatu perusahaan.

Untuk itu, dengan melihat suatu tingkatan perputaran piutang dapat Anda lihat melalui periode terikatnya atas modal kerja yang menjadi sebagai piutang kepada pelanggan.

Sehingga semakin cepat perputaran piutang maka akan menjadi lebih baik kondisi keuangan perusahaan.

Manfaat dan Tujuan Perhitungan Rasio Perputaran Piutang

• Agar dapat mengetahui jangka waktu seberapa lama piutang tersebut dapat ditagih selama periodenya. Serta dapat mengetahui berapa kali penerimaan dana yang telah diinvestasikan selama satu periode.

• Supaya dapat mengetahui seberapa besar persediaan yang sudah tersimpan dalam gudang.

• Dapat mengetahui berapa jumlah kerugian atas piutang yang tidak dapat ditagih.

• Agar dapat mengetahui berapa perhitungan rata-rata penagihan piutang.

• Untuk mengetahui berapa kali dana yang telah dimasukan ke dalam aktiva tetap serta berputar selama satu periode.

• Sebagai cara untuk mengetahui bagaimana mengelola penggunaan semua aktiva perusahaan dengan penjualan.

Rumus Cara Menghitung Rumus Receivable Turnover Ratio (Rasio Perputaran Piutang)

Untuk perhitungan rumus receivable turnover, merupakan pembagian penjualan kredit bersih dengan rata-rata piutang pada periode tersebut. Berikut ini rumus receivable turnover ratio :

Atau Anda dapat memakai rumus rasio piutang dalam bentuk bahasa inggris yaitu :

Sementara untuk mendapatkan piutang rata-rata, kita harus menggunakan rumus dibawah ini :

Seperti Apa Contoh Kasus Cara Menghitung Receivable Turnover Ratio (Rasio Perputaran Piutang)

Pada PT Sukses Kemilau memiliki penjualan kredit bersih sebesar Rp200.000.000, selain itu saldo piutang awal tahun sebesar Rp30.000.000. Namun pada akhir tahun saldo piutang sebesar Rp20.000.000, jadi berapakah rasio perputaran piutang PT Sukses Kemilau?

Diketahui :

Jawaban :

1. Perhitungan Piutang Rata-rata

2. Perhitungan Rasio Perputaran Piutang

Seperti kasus perhitungan diatas bisa Anda ketahui nilai rasio perputaran piutang (receivable turnover ratio) yaitu sebesar 8 kali.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Return On Investment (ROI) dan Perhitungannya

Bagaimana Cara Penilaian Rasio Perputaran Piutang Yang Baik?

Menilai rasio perputaran piutang merupakan suatu pengukuran atas kemampuan dan efisiensi perusahaan, yang secara tepat atau tidak dalam menagih piutangnya. Bahwa semakin tinggi rasio tersebut maka akan semakin menguntungkan serta menjadi hasil yang baik bagi perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan memiliki hasil rasio piutang dengan nilai 2 (dua). Sudah berarti bahwa perusahaan tersebut berhasil mengumpulkan piutang rata-rata secara dua kali selama tahun tertentu.

Maka sebagai kesimpulannya, perusahaan yang menerima kas dari pelanggannya. Serta tagihannya setiap enam bulan dan menghasilkan efisiensi perusahaan yang lebih tinggi, bisa dilihat dari perolehan keuntungan perusahaan atas sudut pandang arus kas.

Langkah selanjutnya perusahaan harus mengumpulkan uang tunai secara tepat waktu, agar nantinya uang tersebut bisa menutupi suatu kewajiban pembayaran atau tagihan perusahaan lainnya.

Dengan menilai perhitungan rasio piutang dapat membantu Anda dalam meraih keuntungan perusahaan yang dihasilkan. Namun hal penting lainnya adalah ketika Anda sibuk dan berada di tahap mengembangkan usaha, sehingga Anda lupa bahwa pentingnya mengatur laporan keuangan Anda dengan baik.

Sebagai salah satu solusinya bisa Anda dapatkan yaitu dengan menggunakan layanan profesional kami yaitu jasa pembukuan untuk Anda. Meskipun Anda tidak memiliki akuntan sekalipun, dengan menggunakan jasa pembukuan, bisa membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

[elementor-template id="26379"]

Tips Bagaimana Mengelola Rasio Perputaran Piutang

Berikut ini ada beberapa tips langkah Anda untuk meraih dan juga dapat mengelola rasio perputaran piutang untuk keuntungan perusahaan, sebagai berikut :

1. Jadwalkan Penagihan Piutang Dengan Rapi

Untuk menghindari resiko atas penagihan piutang secara penuh disaat waktu yang terbatas atau jatuh tempo, maka sebaiknya Anda dapat membentuk jadwal penagihannya secara teratur. Agar nantinya ketika Anda menagih piutang tersebut beberapa kali, bisa segera terlunasi selama periode tersebut.

2. Beritahu Jatuh Tempo Melalui Surat Resmi

Untuk mengingatkan pelanggan dengan melalui surat yang diberikan secara langsung atau email, bisa menjadi pengingat waktu kepada pelanggan bahwa tagihan tersebut akan jatuh tempo. Hal ini bertujuan supaya pihak pelanggan segera menyiapkan uang untuk melunasi utangnya.

3. Gunakan Cara Baru Dalam Menagih Piutang Anda

Seringkali pebisnis masih bingung untuk menagih piutang kepada pelanggan. Kini, Anda bisa memanfaatkan teknologi dalam menagihnya. Salah satunya Harmony yang mengeluarkan cara penagihan dengan cepat yaitu melalui Share Link to Whatsapp dan Send Email secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Nah, saat ini Anda sudah mengetahui salah satu jenis dari rasio aktivitas yang sangat diperhatikan bagi pebisnis yaitu rasio perputaran piutang.

Penting bagi Anda untuk mengelola piutang dan unsur keuangan lainnya. Namun bagaimana jika Anda kesulitan mengelolanya? Anda bisa gunakan Harmony software sebagai alat bantu untuk Anda. Semua jenis laporan keuangan lengkap disajikan untuk keperluan analisa bisnis.

Dengan menggunakan Harmony Anda dapat memiliki fitur pengingat tagihan kepada pelanggan, pembuatan nota dan invoice, bahkan bantuan untuk stock opname. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

 

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram