Cara Mudah Mengelola Perputaran Hutang Perusahaan
Harmony Blog
Business
Cara Mudah Mengelola Perputaran Hutang Perusahaan
August 22, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mengenal kata hutang pasti menjadi momok tersendiri termasuk dalam lingkungan perusahaan. Biarpun begitu hutang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan suntikan dana cepat. Seperti apa cara melakukan perputaran hutang dengan benar?

Hutang memang cenderung mudah didapat namun memiliki beban yang berat di masa depan bila tak dikelola dengan baik. Perputaran hutang perlu dipantau sebagai landasan mengambil keputusan dalam penggunaan kas.

Perputaran hutang digunakan sebagai tolak ukur efektivitas pengelolaan hutang perusahaan.

Perputaran hutang merupakan bagian dari rasio solvabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang memakai asetnya. Perputaran hutang juga berpengaruh positif pada rasio profitabilitas yang berfokus pada laba perusahaan.

Perputaran Hutang Menurut Para Ahli

Tak hanya piutang saja yang menjadi perhatian perusahaan karena resiko piutang tak tertagihnya. Perputaran hutang menurut para ahli keuangan patut menjadi pusat perhatian.

Menurut Mamduh (2004) hutang dinilai beresiko tinggi bila melebihi jumlah modalnya. Perputaran hutang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendeknya.

Hutang jangka pendek merupakan hutang yang jangka waktu pelunasannya hanya satu tahun saja. Rasio perputaran piutang ini juga mampu memberikan informasi dalam berapa hari rata-rata hutang mampu membayar hutangnya.

Semakin pendek durasi waktu yang dibutuhkan dalam membayar hutang maka semakin baik pengelolaan hutangnya. Biarpun begitu perlu diingat bahwa semakin tinggi hutang perusahaan maka semakin tinggi pula resiko yang ditanggung.

Cara Menghitung Perputaran Hutang

Mengetahui cara perhitungan perputaran hutang adalah wajib dilakukan semua jenis perusahaan dan model bisnis baik B2C maupun B2B.  untuk menghitung rasio perputaran hutang bisa menggunakan rumus dibawah ini :

Beban pokok penjualan / Utang usaha

Untuk informasi beban pokok penjualan bisa dilihat di laporan laba rugi sementara utang usaha ditampilkan pada neraca. Sementara untuk menghitung rata-rata hari perusahaan dapat melunasi hutangnya bisa menggunakan rumus ini :

Jumlah hari dalam satu tahun / Perputaran Hutang

custom-form-newsletter


Cara Mengelola Utang Perusahaan

Utang patut dikelola dengan baik apalagi ketika kondisi penjualan sedang tidak baik. Bila salah dalam pengelolaannya bisa saja perusahaan dilanda pailit karena tak mampu membayar hutang-hutangnya. Untuk itu berikut cara efektif pengelolaan utang yang bisa  Anda lakukan :

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan  Perusahaan

Langkah pertama dalam mengelola utang perusahaan adalah memisahkan keuangan pribadi dengan perusahaan. Investor memang memiliki hak untuk menggunakan aset maupun modal perusahaan untuk kepentingan pribadinya. Pengambilan prive ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan agar tak mengganggu aktivitas operasional perusahaan yang Anda miliki.

Bila memang terpaksa menggunakan dana perusahaan maka catatlah sebagai utang. Pengambilan prive juga tak boleh melebihi laba yang dihasilkan dan dana perusahaan untuk membayar angsuran utang masih tersedia jika terdapat transaksi prive.

2. Cegah Resiko Piutang Tak Tertagih

Perputaran piutang tak tertagih nyatanya mempengaruhi perputaran hutang perusahaan. Hal ini dikarenakan dana piutang yang seharusnya digunakan untuk membayar hutang malah tak bisa ditagih. Lakukan penagihan secara agresif dan gunakan termin yang pendek.

3. Jangan Menutup Utang dengan Utang Lainnya

Jangan suka tutup lobang gali lobang. Menutup utang dengan utang lainnya bukanlah ide yang bagus. Selain memperbesar kewajiban yang dibayarkan juga membebani perusahaan dengan beban bunga hutang itu sendiri. Besaran hutang tak boleh melebihi aset yang dimiliki perusahaan.

4. Pikirkan Matang-Matang Sebelum Memutuskan Berhutang

Sebaiknya sebelum berhutang pikirkan baik-baik dengan matang. Perhitungkan resiko hutang terhadap keuangan perusahaan. Siapkan rencana cadangan agar perusahaan siap menghadapi kemungkinan terburuk di masa depan.

5. Tepat Waktulah Dalam Membayar Angsuran

Tepat waktu dalam membayar angsuran hutang bisa menghindarkan Anda dari denda keterlambatan. Siapkan dana khusus yang memang tidak boleh dialihkan untuk hal lainnya kecuali pembayaran hutang. Buat skala prioritas dimana hutang memiliki posisi tertinggi. Beri tanda pada kalender atau smartphone Anda untuk tanggal pembayaran jatuh tempo hutang.

6. Buat Catatan Keuangan Detail & Rapi

Memperhitungkan perputaran hutang memang wajib dilakukan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya. Biarpun begitu mencatat transaksi keuangan juga penting.

Catatan keuangan harus detail dan rapi agar bisa mempermudah penelusuran atau cross check terkait hutang piutang di kemudian hari. Dalam pengelolaan catatan keuangannya juga perlu memperhatikan etika profesi akuntansi. Kehati-hatian dan kerahasiaan perlu  dijunjung tinggi apalagi menyangkut informasi hutang perusahaan.

Dalam mengelola perputaran hutang perusahaan Anda manfaatkan Harmony Smart Accounting. Software akuntansi canggih yang mampu mencatat transaksi keuangan detail dan rapi. Dilengkapi dengan fitur one clickbank integration sehingga rekonsiliasi bank bisa dilakukan dengan mudah.

Anda bisa menggunakan software ini secara gratis selama 30 hari dengan mendaftar akun disini. Lebih banyak aktivitas dengan meminimalkan kerepotan melalui  Harmony Smart Accounting.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/