Harmony Blog

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Consumer Insight

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

consumer insightPin

Beberapa belakangan ini kondisi ekonomi memang sedang melemah, sehingga peran consumer insight menjadi lebih penting. Hal ini merupakan strategi ukm untuk memperoleh divisi consumer insight, dan merupakan hasil jawaban konsumen yang sangat penting bagi pebisnis serta brand merek produk.

Tujuan consumer insight juga berguna untuk memahami dan peduli terhadap kepentingan konsumen atas merek produk seperti pola pikir, aspirasi, suasana hati, motivasi, keinginan dan sikap atas suatu tindakan terhadap produk tersebut. Adanya divisi consumer insight, kegiatan dari marketing serta sales menjadi terarah sehingga kegiatan tersebut dapat terukur, jelas dan terkontrol.

Adanya consumer insight dibentuk untuk mengetahui kebutuhan consumer dan melihat gerak kompetitor. Kegiatan tersebut juga dapat mengukur sejauh mana efektivitas dari advertising, marketing, event, road show dan pelayanan langsung ke pelanggan.

Apa Itu Consumer Insight?

Umumnya insight merupakan pemahaman atau keinginan yang besar untuk mengetahui kebutuhan seseorang, sehingga insight dikaitkan terhadap konsumen yang dapat mengubah pola pikir dan perilaku seorang misalnya pebisnis memotivasi konsumennya untuk membeli produk tersebut.

Consumer insight adalah suatu proses komunikasi kepada pelanggan untuk mencari tahu penyebab, pemikiran, perilaku dan perbuatan konsumen secara detail. Dengan mengetahui perilaku konsumen juga akan mengetahui langkah inovasi penjualan produk kedepannya, dari rangkaian jenis produk serta komunikasi secara iklan. Sehingga atas kreativitas layanan yang ditawarkan serta pengembangan inovasi produk dapat mempermudah meraih kebutuhan dan keinginan konsumen.

Consumer insight juga dapat dikatakan sebagai salah satu konsep dan pedoman untuk menyusun strategi periklanan dan pemasaran kepada konsumen. Dengan cara ini perusahaan dapat memahami konsumen dan bagaimana cara berinteraksi secara langsung ataupun tidak langsung serta memberikan manfaat jangka panjang.

Banyak sekali pertimbangan pemilik perusahaan di dalam divisi consumer insight. Dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, pebisnis juga perlu memenuhi kebutuhan perusahaan terutama dari segi laporan keuangan pebisnis. Cara ini juga dapat mengetahui perkembangan bisnis perusahaan, sehingga Anda dapat mengontrol keuangan dalam menyusun strategi consumer insight.

Dengan mengontrol keuangan bisnis Anda dan memiliki pembukuan yang rapi dengan menggunakan teknologi software akuntansi, cobalah untuk memanfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat melakukan perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

5 Unsur Penting Consumer Insight

Unsur penting ini berguna untuk membantu perusahaan dan menentukan hal apa yang harus dilakukan terhadap konsumen. Inilah 5 unsur penting di dalam consumer insight yaitu:

1. Mengumpulkan Data

Sebagai proses ini, unsur penting yaitu dalam mengumpulkan data. Data ini bertujuan sebagai isi atau informasi keinginan konsumen terhadap produk atau pelayanan yang dipasarkan, sehingga cara ini dapat membantu pelaku bisnis berkomunikasi dengan baik terhadap konsumennya.

2. Menganalisis Data

Unsur kedua ini juga sangat penting bagi divisi consumer insight yaitu dalam menganalisis data. Cara ini bertujuan supaya perusahaan dapat mengambil tindakan dengan tepat, dengan cara melihat data atau informasi konsumen yang sudah dikumpulkan. Sehingga data ini dapat diproses dan dianalisis apa saja yang paling dibutuhkan dan menjadi keinginan konsumen.

3. Mengoptimalisasi Data

Setelah menganalisis data sebelumnya, proses mengoptimalisasi data merupakan langkah awal yang dilakukan perusahaan dengan mewujudkan consumer insight. Fungsi optimalisasi ini dapat menunjukkan gambaran kepada perusahaan atas tindakan apa saja yang diambil sebagai bentuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

4. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran ini sangat berkaitan dalam mengukur secara efektif atas proses promosi atau iklan perusahaan. Promosi ini juga merupakan komunikasi kepada pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga proses ini bisa dikatakan sebagai media promosi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

5. Personalisasi Ke Konsumen

Pada tahap terakhir ini merupakan penerapan perubahan atas suatu produk. Melalui cara ini perusahaan dapat memproses modifikasi dan membuat produk tersebut menjadi ciri perusahaan, namun dengan perubahan tersebut perusahaan tidak perlu melupakan identitas brand perusahaan walaupun keinginan konsumen dapat terpenuhi.

Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Rumah Makan Secara Online

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Langkah-Langkah Penting Pada Consumer Insight

Dari proses unsur penting sebelumnya, perusahaan jadi lebih mengetahui apa saja langkat tepat dalam mengatasi kebutuhan dan keinginan konsumen atas produk yang Anda pasarkan seperti:

1. Update Informasi Data Insight

Dengan menjalankan perusahaan, sangat penting bagi pebisnis dalam memiliki informasi data konsumen, karena dengan cara itu perusahaan dapat mengetahui apa saja yang harus diperhatikan. Brand manajer bukan hanya sebagai penanggung jawab saja dalam membuat brand, namun berbagai divisi juga bertanggung jawab dalam menciptakan rencana terbaik terhadap konsumen. Dengan hal ini produk yang ditawarkan dapat memenuhi keinginan konsumen.

2. Menerapkan Kebijakan Insight Pada Perusahaan

Untuk menerapkan consumer insight pada perusahaan, merupakan cara penting dalam mengetahui informasi dan wawasan konsumen. Sehingga cara ini diperlukan supaya membentuk suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumennya.

Mungkin perusahaan perlu memiliki divisi pengelolaan data konsumen dengan baik, walaupun consumer insight merupakan tanggung jawab semua divisi khusus. Dengan kehadiran brand manajer bisa membuat perusahaan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang di inginkan terkait consumer insight.

3. Lakukan Strategi Consumer Insight

Suatu hal yang berat sebagai tantangan perusahaan yaitu dengan cara mengelola consumer insight dalam mengambil tindakan untuk kedepannya. Kemudian berbagai informasi yang berkaitan keinginan dan kebutuhan konsumen harus dibuat lebih jelas dan mudah dipahami oleh perusahaan.

Apapun informasi consumer insight akan diolah melalui tim pemasaran, sehingga informasi tersebut dapat dianalisa dan jelas sehingga dapat diambil sebagai suatu tindakan perusahaan. Namun, jika tim pemasaran tidak dapat mengolah informasi tersebut, maka tindakan tersebut tidak bisa dilakukan sesuai rencana dan strategi pemasaran hingga pada akhirnya perusahaan sulit membuat rencana dalam menarik konsumen.

4. Lakukan Metode Ethnography

Mungkin sebagai pebisnis terbiasa untuk memiliki kompetitor yang ketat dan memiliki pesaing yang sama. Menerapkan consumer insight sangat dibutuhkan yaitu dengan langkah metode ethnography, melalui metode ini dapat mengetahui kebutuhan konsumen secara mendalam.

Kegiatan metode ethnography juga dapat membantu perusahaan mencari dan menemukan consumer insight yang ideal, sehingga cara ini dapat dilihat kebutuhan konsumen dengan melalui observasi secara langsung. Hasil metode ini akan memperoleh informasi consumer insight yang sangat banyak dan dapat melihat dari segala sudut pandangan konsumen.

Apa Saja Contoh Consumer Insight

Dengan berbagai contoh dan konsep consumer insight ini, diharapkan pebisnis dapat mengetahui strategi pemasaran produk yang efektif. Sehingga berikut ini beberapa contoh consumer insight yang dapat mempengaruhi pola pikiran, kebutuhan, dan produk apa yang dipercayai seperti:

1. Contoh Consumer Insight Aqua

Konsep promosi tersebut memang sangat edukatif, karena topiknya merupakan cairan tubuh yang mempengaruhi daya ingat dan konsentrasi berpikir masyarakat. Konsep masalah yang di angkat adalah kurangnya konsentrasi, pelupa dan gagal fokus.

Sehingga consumer insight aqua ini berguna untuk mengubah pola pikir masyarakat yang ingin tampil prima setiap kondisinya, tidak pelupa dan bisa konsentrasi dengan cairan tubuh seperti air minum.

Baca Juga : 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

2. Contoh Consumer Insight Sabun Shinzui

Konsep promosi ini sangat banyak di inginkan oleh semua wanita yang ingin memiliki kulit cerah, bersih, bersinar hingga putih. Hingga konsep ini mengubah perilaku masyarakat dalam perawatan bisa melalui sabun yang mencerahkan.

Sehingga consumer insight sabun shinzui ini mengubah cara berpikir masyarakat dengan kalimat memutihkan kulit dalam seminggu, dan cara ini juga bisa melalui review orang, serta artikel mengenai kulit putih dari website, televisi atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube dan Linked In.

3. Contoh Consumer Insight Produk Kecantikan Wardah

Konsep promosi ini sangat banyak di inginkan oleh semua wanita terutama masyarakat muslimah yang ingin memiliki kecantikan dan perawatan wajah. Cara pola pikir ini juga mempengaruhi bahwa produk ini halal dan sudah lulus uji BPOM, sehingga masyarakat sangat mempercayai produk ini tanpa harus mengkhawatirkan efek dari produk itu cocok atau tidak. Dengan harga terjangkau dibandingkan yang lain produk ini juga meraih konsumen untuk tergiur dalam membeli semua produk yang dipromosikan.

Divisi consumer insight dalam suatu bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan walaupun di masa sulit sekarang ini. Informasi data dan langkah menentukan segmen pasar untuk menarik konsumen merupakan hal yang sangat penting, karena berguna dalam membangun perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Melalui konsep ini juga perusahaan akan mudah mendapatkan ide dan mengambil tindakan tepat untuk kepuasan konsumen.

Selain kebutuhan konsumen yang terlaksanakan, kebutuhan pebisnis juga harus seimbang dan terlaksana terutama segi keuangan serta pembukuan. Untuk itu pebisnis dapat mengembangkan usaha dan mengelola keuangan pada pembukuan supaya lebih baik, pembukuan ini sangat penting untuk diperhatikan agar perusahaan Anda dapat memiliki keuntungan.

Dengan menyajikan pembukuan yang baik, gunakanlah pembukuan yang rapih dan akurat untuk Anda dengan menggunakan software akuntansi Harmony untuk mempermudah proses akuntansi secara menyeluruh. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang melakukan pengelolaan manajemen keuangan secara real time dan pemakaian secara Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony