Penjelasan Lengkap Mengenai Pasar Persaingan Sempurna
Harmony Blog
Business
Penjelasan Lengkap Mengenai Pasar Persaingan Sempurna
February 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar yang jumlah pembeli dan penjualnya sangat banyak, namun produk yang dijual sama atau homogen. Beberapa produk yang dijual dalam pasar ini adalah beras, buah, sayur, gandum, kentang, batu bara, minyak mentah, bursa efek dan lain sebagainya.

Harga produk dalam pasar persaingan sempurna tidak bisa dipengaruhi oleh penjual ataupun pembeli. Jadi harganya benar-benar berasal dari kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan. Struktur dalam pasar persaingan sempurna bisa dikategorikan paling sempurna karena proses produksi lebih efisien dibandingkan pasar lain.

Apa Ciri dari Pasar Persaingan Sempurna?

Berikut ini adalah beberapa ciri yang ada dalam pasar persaingan sempurna:

  • Memiliki Banyak Penjual dan Pembeli

Pasar persaingan sempurna memiliki jumlah penjual dan pembeli yang banyak sehingga perilaku keduanya tidak akan bisa mempengaruhi kondisi pasar. Interaksi dari kedua pihak ini biasanya sebagai pengikut harga sehingga harga dalam pasar ini bersifat tetap.

  • Free Entry and Free Exit

Istilah ini berlaku dalam pasar persaingan sempurna karena tidak adanya keterikatan dalam membuka atau menutup pasar. Jadi setiap perusahaan bebas membuka atau menutup usahanya sesuai dengan hasil yang diperoleh, entah mereka rugi ataupun untung.

  • Produk Bersifat Homogen

Satu ciri utama yang mencolok di pasar ini adalah produknya yang bersifat homogen. Jadi produk yang dihasilkan oleh setiap perusahaan itu identik dan tidak bisa dibedakan.  Dengan kata lain, konsumen yang membeli produk di satu perusahaan, maka mereka akan mendapat produk yang sama meskipun membeli di perusahaan lain.

  • Penjual dan Pembeli Paham dengan Keadaan Pasar

Kedua pihak tahu segala hal yang terkait di pasar mulai dari tingkat harga hingga perubahannya. Hal ini membuat semua sumber daya bisa digunakan sepenuhnya untuk memperoleh keuntungan maksimal. Tak hanya itu, pemahaman ini jelas membuat harga di pasar sama. Jadi penjual tidak ada yang menjual dengan harga lebih tinggi atau rendah. Sebaliknya, pembeli juga tidak ada yang membeli di atas harga pasar.

  • Mobilitas Sumber Ekonomi Sempurna

Kesamaan yang ada dalam pasar persaingan sempurna, mulai dari metode pembuatan hingga proses penjualan maka mobilitas bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Anda tidak akan menemukan persaingan ataupun promosi besar-besaran dalam pasar ini karena produknya homogen. Namun sayangnya, hal ini memicu terjadinya defisit inovasi. Persaingan yang tidak ada membuat produsen tidak bisa berinovasi dengan bebas. Pada akhirnya pembeli tidak akan memiliki alternatif pilihan saat membeli produk.

Meskipun tidak ada persaingan, harga stabil dan produk yang dijual sama, namun pengelolaan keuangan yang baik tetap penting untuk dilakukan. Anda yang memiliki bisnis dalam pasar persaingan sempurna, mungkin bisa mencoba software akuntansi Harmony untuk membantu mengelola keuangan. Eksistensi software ini akan memudahkan Anda dalam mencatat transaksi, menghitung pajak, membuat laporan keuangan hingga mengelola administrasi bisnis Anda. Tertarik mencobanya? Klik di sini untuk mencoba Gratis 30 hari ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/