Harmony » Blog » 

Broker Adalah Perantara, Simak Perannya dan Tips Memilih yang Tepat

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 28, 2021

Dalam urusan investasi, ada banyak istilah serta profesi yang berkaitan. Broker adalah salah satunya. Sebenarnya profesi satu ini tidak hanya di dalam pasar modal, melainkan pada sejumlah hal.

Tugas utama broker adalah sebagai penghubung dimana penjual tidak dapat bertransaksi secara langsung dengan pembeli, seperti contoh di pasar modal.Click to Tweet

Broker adalah seseorang yang dapat dikatakan sebagai perantara dalam sebuah transaksi. Biasanya broker juga dapat dikenal dengan sebutan pialang dalam pasar modal.

Memiliki tugas utama yaitu sebagai perantara jual-beli. Dalam asuransi pun ada yang namanya broker. Untuk memahami apa itu peran broker beserta tips memilih yang tepat, simak ulasannya.

Definisi Broker

Apa itu broker? Yakni istilah yang dapat dikatakan sebagai perantara. Sebagai perantara, dengan kata lain broker merupakan penghubung yang menengahi komunikasi antara pembeli dan penjual.

Definisi Broker

Keberadaannya tentu sangat penting dalam sebuah perdagangan. Tugas utama broker adalah sebagai penjembatan untuk hal-hal dimana penjual tidak dapat bertransaksi langsung dengan pembeli. Misalnya saja di pasar modal.

Investasi pada pasar modal bukanlah hal mudah. Untuk investor pemula, tentu memerlukan kehadiran broker. Selain itu, tugasnya juga meliputi pemeliharaan hubungan antara investor serta pihak dari pasar modal jika ranah kerjanya memang di area tersebut.

Peran Broker

Setelah mengetahui apa itu broker, tentu Anda harus tahu juga perannya secara baik. Fungsi broker adalah sebagai perantara.

Tentu saja tugasnya tidak hanya menjembatani saja. Melainkan bertanggung jawab atas transaksi serta memberi pelayanan yang terbaik. Ini dia beberapa tugas dan peranan broker.

  • Memastikan Transaksi Terjadi

    Fungsi broker adalah sebagai penjembatan serta bertanggung jawab terhadap seluruh transaksi. Setelah kesepakatan, broker harus menyelesaikannya sampai ke ranah dokumen.

    Tugasnya yang begitu kompleks membuat seseorang dalam posisi demikian dilatih perannya sehingga dapat menguasai karakter pemimpin.

  • Memberikan Analisis Pasar

    Seorang broker juga harus paham bagaimana positioning bisnis sebuah perusahaan. Hal ini berkaitan dengan tugasnya sebagai penganalisa, termasuk dalam pasar modal. Kecermatannya dalam memahami situasi pasar sangat penting dalam lancarnya proses transaksi.

  • Terus Memiliki Relasi Baik Dengan Pelanggan

    Fungsi broker lainnya adalah dapat menjaga hubungan dan pastikan memiliki relasi yang baik dengan pelanggan. Hubungan dengan pelanggan harus dijaga secara baik dengan melakukan berbagai macam hal. Misalnya saja dapat mengidentifikasi masalah, merekomendasikan solusi, dan menindaklanjutinya.

Jenis Broker

Contoh broker adalah hal penting yang harus Anda pahami. Selain di dalam pasar saham, broker dapat Anda jumpai di beberapa sektor. Untuk mendapatkan transaksi yang efektif, pastikan contoh broker adalah tepat untuk Anda pilih. Berikut beberapa jenisnya.

  • Broker internet
  • Broker forex
  • Broker full service
  • Broker institusi
  • Broker ritel

[elementor-template id="26379"]

Tips Memilih Broker yang Tepat

Dunia investasi memang menyimpan banyak keuntungan. Walaupun demikian, Anda juga harus tetap waspada terhadap risiko-risikonya.

Setelah paham apa itu broker, sebaiknya kenali bagaimana tips memilih broker yang tepat. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Telusuri Dahulu Reputasi Perusahaan

    Broker adalah perantara. Pastikan perantara yang Anda pilih berasal dari perusahaan yang reputasinya baik. Anda dapat menelusuri reputasinya melalui beberapa macam cara. Salah satunya dengan media online.

    Baca Juga : Prinsip Etika Bisnis, Penjelasan dan Penerapannya dalam Bisnis

  2. Pilih Yang Berstatus Legal dan Terdaftar

    Legalitas merupakan hal penting dalam investasi. Etika bisnis pun dapat terjaga jika Anda menggunakan sesuatu yang legal, termasuk dalam memilih broker. Pastikan sudah terdaftar lembaga keuangan seperti di Bursa Efek Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan.

  3. Pastikan Ada Layanan Konsumen

    Tips selanjutnya memilih broker adalah dengan memastikan adanya layanan konsumen 24 jam. Hal ini berguna untuk mengantisipasi sejumlah hal yang tidak diinginkan.

    Untuk urusan bisnis, adanya layanan konsumen ini tentu sangat memudahkan dalam hal mencari informasi.

Itu dia beberapa hal seputar broker yang bisa Anda ketahui. Pastikan dalam investasi yang Anda pilih contoh broker adalah sebagai perantara yang baik sehingga proses investasi menjadi lancar tanpa terkendala.

Jangan lupa, kendalikan dan monitoring manajemen keuangan bisnis Anda agar investasi semakin lancar. Gunakan Software Akuntansi Harmony dalam mendukung sistem pembukuan dan pengelolaan keuangan lebih akurat, sistematis, dan modern.

Pencatatan transaksi jual beli seperti invoicing, purchasing, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pembuatan laporan keuangan, bisa dilakukan semudah beberapa kali klik saja.

Anda bisa mengakses aplikasi Harmony kapan pun dan di manapun, untuk mendukung sistem kerja WFH (Work From Home) di situasi saat ini. Yuk, segera terapkan Aplikasi Harmony untuk meningkatkan sistem pembukuan bisnis Anda. Klik tautan ini untuk coba GRATIS selama 30 hari.

Dapatkan tambahan insight lewat postingan terupdate dan informatif dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony, follow dan like sekarang ya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram