Pernah mendengar biaya periode? Dalam bisnis, biaya menjadi fokus yang penting diperhatikan. Terutama, berkaitan dengan proses produksi barang atau jasa. Seringkali, biaya-biaya diperhitungkan secara detail jika bisnis tersebut ingin meningkatkan laba dalam jangka panjang. Serta, meningkatkan pangsa pasar yang lebih luas.
Ada jenis-jenis biaya dalam dunia bisnis, seperti biaya tetap dan biaya variabel, serta biaya periode (period cost) dan biaya produk.
Table of Contents
Biaya periode (period cost) adalah segala biaya-biaya yang tidak terkait dengan produksi unit atau pengiriman jasa, yang dikeluarkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Biaya periode (period cost) biasanya merupakan biaya rutin bulanan dan relatif stabil, tak peduli penjualan bisnis sedang meningkat atau menurun.
Sedangkan, biaya produk termasuk biaya untuk memproduksi produk dan membeli produk. Jika produk tidak terjual, maka biaya produk akan dilaporkan sebagai persediaan di laporan neraca.
Tapi, saat produk terjual, biaya produk dikeluarkan dari persediaan dan dimasukkan ke laporan laba rugi sebagai harga pokok produksi. Biaya produk juga dikenal sebagai biaya persediaan.
Baca juga: Mengenal apa itu klasifikasi produk dan jenisnya
Biaya produk untuk retail akan menjadi jumlah yang dibayarkan ke supplier ditambah pengiriman barang. Biaya produk bagi produsen terdiri dari biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik untuk menghasilkan suatu produk.
[elementor-template id="26379"]
Perbedaan utama antara biaya periode (period cost) dan biaya produk, antara lain:
Secara umum, memisahkan biaya pengeluaran ke dalam kategori biaya sangat penting. Tetapi, kadang memang merepotkan dan melelahkan, terlebih saat tugas-tugas administratif menumpuk, dan ada beberapa staf finance yang cuti atau izin sakit. Belum lagi, Anda membutuhkan laporan keuangan dalam waktu singkat. Bagaimana Anda mengatasinya?
Di era digital saat ini, sudah saatnya meningkatkan urusan akuntansi bisnis agar lebih modern dan otomatis. Pakai Software Akuntansi Harmony yang dirancang untuk mengelola pembukuan dan anggaran biaya bisnis secara otomatis, rapi, dan real time. Mulai dari pencatatan transaksi jual beli, perhitungan penyusutan aset, stok barang, pengaturan biaya yang dikeluarkan, rekonsiliasi bank, pembuatan tagihan sampai dengan beragam laporan keuangan yang bisa Anda sajikan dan analisa.
Sistem ini telah membantu ribuan pebisnis dalam bidang apapun untuk memiliki pembukuan yang rapi dan laporan keuangan yang cepat. Software Akuntansi Harmony dapat diakses 24/7 berbasis Cloud lewat smartphone atau perangkat desktop di manapun Anda berada dan setiap saat. Sehingga, memeriksa atau membuat laporan keuangan jadi lebih mudah, cepat, dan minim kesalahan manual.
Nah, tunggu apalagi? Yuk, buktikan kecanggihan fitur Harmony dengan uji pakai GRATIS 30 hari, klik tautan ini. Atau, kenali lebih dekat Harmony dengan follow & like akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook di medsos.