Harmony » Blog » 

Seperti Apa Biaya Periode dan Bedanya dengan Biaya Produk?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 30, 2021

Pernah mendengar biaya periode? Dalam bisnis, biaya menjadi fokus yang penting diperhatikan. Terutama, berkaitan dengan proses produksi barang atau jasa. Seringkali, biaya-biaya diperhitungkan secara detail jika bisnis tersebut ingin meningkatkan laba dalam jangka panjang. Serta, meningkatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Ada jenis-jenis biaya dalam dunia bisnis, seperti biaya tetap dan biaya variabel, serta biaya periode (period cost) dan biaya produk.

Salah satu perbedaannya adalah waktu yang menjadi dasar dari biaya periode. Sementara, dasar dari biaya produk adalah volume.Click to Tweet

Pengertian Biaya Periode Dan Biaya Produk

Biaya periode (period cost) adalah segala biaya-biaya yang tidak terkait dengan produksi unit atau pengiriman jasa, yang dikeluarkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Biaya periode (period cost) biasanya merupakan biaya rutin bulanan dan relatif stabil, tak peduli penjualan bisnis sedang meningkat atau menurun.

Sedangkan, biaya produk termasuk biaya untuk memproduksi produk dan membeli produk. Jika produk tidak terjual, maka biaya produk akan dilaporkan sebagai persediaan di laporan neraca.

contoh biaya periode

Tapi, saat produk terjual, biaya produk dikeluarkan dari persediaan dan dimasukkan ke laporan laba rugi sebagai harga pokok produksi. Biaya produk juga dikenal sebagai biaya persediaan.

Baca juga: Mengenal apa itu klasifikasi produk dan jenisnya

Contoh Biaya Periode (Period Cost)

  • Biaya administrasi: biaya umum yang dikeluarkan perusahaan dalam operasional sehari-hari. Seperti menggaji karyawan, biaya sewa kantor, biaya tunjangan, dan lainnya.
  • Biaya iklan dan pemasaran: biaya promosi, biaya kampanye email, biaya iklan media, dan lainnya.
  • Biaya hiburan: biaya makan, biaya perjalanan, biaya terkait hiburan, dan lainnya.
  • Biaya transportasi dan distribusi: biaya terkait pendistribusian barang atau jasa ke gudang dan ke pelanggan.

Contoh Biaya Produk

Biaya produk untuk retail akan menjadi jumlah yang dibayarkan ke supplier ditambah pengiriman barang. Biaya produk bagi produsen terdiri dari biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik untuk menghasilkan suatu produk.

[elementor-template id="26379"]

Bedanya Biaya Periode (Period Cost) Dan Biaya Produk

Perbedaan utama antara biaya periode (period cost) dan biaya produk, antara lain:

  • Biaya produk berkaitan dengan produksi barang dan hanya muncul saat produk didapat atau dibeli. Sedangkan, biaya periode (period cost) tetap muncul terlepas apakah produk barang atau jasa dihasilkan.
  • Biaya produk sering dikenal sebagai biaya langsung. Di mana secara langsung bertanggung jawab atas hasil produksi. Sesuai prinsip akuntansi, biaya ini disebut juga sebagai harga pokok penjualan.
  • Biaya produk untuk bahan analisis atau evaluasi sering dikelompokkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Keduanya ditentukan atas dasar biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi barang. Di sisi lain, biaya periode (period cost) dikelompokkan sebagai biaya gaji karyawan, biaya sewa kantor, biaya peralatan, dll.

Biaya Periode (Period Cost) Vs Biaya Produk

perbandingan biaya periode dan biaya produk

Secara umum, memisahkan biaya pengeluaran ke dalam kategori biaya sangat penting. Tetapi, kadang memang merepotkan dan melelahkan, terlebih saat tugas-tugas administratif menumpuk, dan ada beberapa staf finance yang cuti atau izin sakit. Belum lagi, Anda membutuhkan laporan keuangan dalam waktu singkat. Bagaimana Anda mengatasinya?

Di era digital saat ini, sudah saatnya meningkatkan urusan akuntansi bisnis agar lebih modern dan otomatis. Pakai Software Akuntansi Harmony yang dirancang untuk mengelola pembukuan dan anggaran biaya bisnis secara otomatis, rapi, dan real time. Mulai dari pencatatan transaksi jual beli, perhitungan penyusutan aset, stok barang, pengaturan biaya yang dikeluarkan, rekonsiliasi bank, pembuatan tagihan sampai dengan beragam laporan keuangan yang bisa Anda sajikan dan analisa.

Sistem ini telah membantu ribuan pebisnis dalam bidang apapun untuk memiliki pembukuan yang rapi dan laporan keuangan yang cepat. Software Akuntansi Harmony dapat diakses 24/7 berbasis Cloud lewat smartphone atau perangkat desktop di manapun Anda berada dan setiap saat. Sehingga, memeriksa atau membuat laporan keuangan jadi lebih mudah, cepat, dan minim kesalahan manual.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, buktikan kecanggihan fitur Harmony dengan uji pakai GRATIS 30 hari, klik tautan ini. Atau, kenali lebih dekat Harmony dengan follow & like akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook di medsos.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram