Bagaimana Mencari Supplier Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Harmony Blog
Business
Bagaimana Mencari Supplier Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
June 8, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mendapatkan supplier memang tidak semudah membalikkan telapak tangan bahkan seperti mencari jodoh. Tentunya Anda ingin supplier yang memiliki harga terendah. Supplier berperan penting terhadap kelangsungan usaha yang Anda jalankan karena jika Anda mendapatkan supplier yang termurah, pastinya Anda pun akan dapat menghemat anggaran keuangan perusahaan dan juga dapat keuntungan yang lebih besar.

Jalinlah kerja sama dengan supplier yang bagus dan terpercaya karena Supplier sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan stok produksi bisnis Anda.

Ada beberapa jenis bisnis di dunia ini baik bisnis offline ataupun bisnis online. Memilih supplier dari tangan pertama untuk mendapatkan harga terendah adalah salah satu alasan yang diinginkan dalam mencari supplier. Dengan alasan ini lah banyak pebisnis yang memutuskan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan supplier agar mempermudah produksi di perusahaannya.

Untuk para pebisnis, Anda pun harus lebih teliti dalam mencari supplier yang bagus dan terpercaya untuk bisnis Anda. Maka disarankan Anda harus melakukan peninjauan terhadap supplier pilihan Anda untuk membantu Anda juga mendapatkan produk yang berkualitas.

Berikut ini Harmony memberikan beberapa cara dan tips sebagai bahan pertimbangan yang dapat digunakan sebagai referensi saat mencari supplier yang bagus dan terpercaya untuk bisnis Anda.

Cara Mendapatkan Supplier

Mayoritas para pebisnis akan selalu bekerja sama dengan supplier untuk menunjang produksi di perusahaannya. Berikut ini adalah 5 cara mendapatkannya.

1. Melalui Marketplace

Cara pertama yang dapat lihat adalah melalui marketplace. Tidak asing lagi bukan dengan kata market place ini? Marketplace adalah sebuah wadah atau tempat mempersatukan antara penjual dengan pembeli dalam satu website atau aplikasi, seperti Amazon, Alibaba, Ebay, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.ID, Shopee Indonesia, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan sumber ini, perlu strategi promosi marketplace untuk menggunakannya.

Namun sebenarnya online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional.  Dapat dibilang marketplace ini adalah tempat berkumpulnya para supplier, pedagang, dropshipper, distributor ataupun grosir tangan pertama ataupun importir.

Anda dapat melihat dan mengecek  langsung perorangan atau per toko para penyedia barang untuk menjadikannya supplier Anda pastinya dengan membandingkan harga dan melihat deskripsi di setiap barangnya agar Anda bisa mendapatkan harga termurah dari produk barang yang berkualitas.

2. Melalui Forum Bisnis Atau Komunitas Online

Cara kedua adalah melalui forum bisnis atau komunitas online. Melalui forum bisnis atau komunitas online ini, Anda dapat bertanya tentang produk barang yang ingin Anda beli dan pastinya di forum ini pun Anda dapat berinteraksi dengan para pebisnis atau penjual barang tersebut.

3. Melalui Website Atau Toko Online

Cara yang lain nya adalah melalui website atau toko online. Dengan langsung mengunjungi website atau toko online resmi yang sudah Anda lihat dengan teliti sebelumnya.

4. Berkunjung ke Sentra Industri Atau Bazar

Adapun cara selanjutnya adalah dengan berkunjung ke sentra industri atau bazar. Dengan cara seperti itu Anda dapat melihat secara langsung bagaimana proses produksi terjadi serta kualitas dari produk yang akan dibeli. Sembari anda mengunjungi sentra industri tersebut, Anda dapat juga saling bertukar strategi memasarkan produk tersebut.

5. Melalui Website Pembanding Harga

Cara yang terakhir adalah melalui website pembanding harga, seperti contohnya pricepanda.com, priceprice.com, indokatalog.com, priceza.co.id, pricebook.com dan lain sebagainya. Memang biasanya banyak pebisnis yang terfokus hanya dengan harga termurah. Namun  dengan adanya website pembanding harga ini, yang tentunya dengan cara yang sangat mudah hanya dengan ketik nama produk yang akan dibeli dan klik search lalu website tersebut secara otomatis akan memberikan berbagai referensi toko dengan harga yang beraneka ragam.

custom-form-newsletter

6 Tips Memilih Supplier Yang Baik Dan Terpercaya

Berhati-hatilah dalam memilih supplier yang baik dan terpercaya. Tidak dapat dipungkiri memilih supplier melalui internet sangatlah mudah, Anda hanya tinggal duduk manis didepan laptop atau handphone Anda tanpa perlu tenaga yang lebih dan biaya yang sangat mahal. Namun semua ini pun dapat disalahgunakan orang-orang yang tidak bertangung jawab dengan cara menipu. Maka dari itu ada 6 tips memilih supplier yang baik dan terpercaya, yaitu:

1. Alamat Dan Kontak Yang Jelas

Toko yang terpercaya itu biasanya selalu terbuka dengan alamat dan kontak yang jelas.

2. Feedback Supplier

Jika Anda mau mengetahui bagaimana kualitas produk dari supplier yang Anda incar tersebut Anda dapat melihat dari feedback yang diberikan oleh konsumen. Biasanya untuk mempunyai toko online tersebut para konsumen sering mengupload foto produk dan menulis testimoni di akun toko online nya tersebut. Dan Jika Anda mencarinya di marketplace , Anda bisa melihat di kolom penilaian konsumen bagian bawah produk.

3. Ketersediaan Barang Supplier

Tips yang ketiga ini dapat anda perhatikan juga untuk ketersediaan barang. Supplier yang baik dan terpercaya biasanya mempunyai stok barang yang tak terhingga sehingga Anda dapat memesan barang dalam jumlah berapapun dan kapan saja.

4. Kondisi Produk

Tips yang keempat ini adalah dengan melihat dan mengecek kondisi produk yang mau Anda beli.  Cek lah terlebih dahulu produk yang ingin Anda beli dikolom keterangan produk , terkadang penjual toko memberikan harga miring tapi dengan  spesifikasi produknya tidak sesuai yang Anda inginkan.

5. Kecepatan Pengiriman Supplier

Di dalam dunia bisnis penjualan online , ketersediaan barang dan kecepatan dalam pengiriman ini menjadi salah satu yang paling dilirik oleh para konsumen. Toko yang baik dan terpercaya adalah yang mempunyai riwayat pengiriman yang cepat dan barang selalu ready.

6. Peraturan Toko

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk, maka ada baiknya Anda harus mengetahui dahulu peraturan toko yang akan Anda jadikan supplier tersebut.

Jika bisnis Anda mau terus berkembang dan mencapai kesuksesan, mencari supplier yang baik dan terpercaya untuk bisnis Anda adalah merupakan sebuah kewajiban dan keharusan karena jika anda bekerja sama dengan supplier yang bermasalah, maka Anda juga harus bertanggung jawab karena terhambatnya laju transaksi kepada konsumen Anda.

Tidak hanya itu saja, dalam pengelolaan bisnis Anda di masa depan pun pastikan Anda harus memilih software akuntansi keuangan yang dapat diandalkan selalu terupdate, terpercaya dan pastinya itu termudah. Software ini untuk membantu Anda dalam pembuatan pembukuan bisnis Anda, seperti Harmony yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Harmony Smart Accounting Solution merupakan software akuntansi berbasis cloud yang praktis dan mudah untuk digunakan. Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan bisnis yang rapi dan teratur dalam konferensi tahunan kami FinTax Fair 2019. Tunggu apalagi, bergabunglah bersama kami dan dapatkan akun Gratis 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/