Harmony » Blog » 

Bagaimana Cara Penerapan AIDA Dalam Strategi Marketing Bisnis Anda?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Desember 30, 2020

Apakah Anda pernah mendengar istilah AIDA dalam dunia marketing? AIDA merupakan suatu konsep marketing yang terkenal dan banyak diterapkan dalam menjalankan pemasaran suatu produk. Seorang pebisnis atau marketer harus mengetahui tentang konsep AIDA agar semakin menguasai strategi pemasaran sehingga bisa sukses dalam menjual produknya. Yuk simak penjelasan tentang AIDA marketing dibawah ini.

Menerapkan konsep AIDA dengan benar akan memberikan hasil maksimal terhadap penjualan suatu produk atau jasa.

Pengertian AIDA

AIDA adalah singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan) dan Action (aksi atau tindakan). AIDA adalah model marketing yang dapat mengidentifikasi tahapan kognitif seorang konsumen dalam proses pembelian untuk suatu produk atau jasa. Model ini menjelaskan bagaimana konsumen melalui beberapa tahap proses (perhatian, minat, keinginan) sebelum akhirnya  melakukan kegiatan pembelian (aksi).

AIDA marketing merupakan suatu konsep yang memberi pemahaman mendalam tentang apa yang ada di benak konsumen. Dengan memahami tahap-tahap yang terjadi pada siklus pembelian maka perusahaan dapat menyusun konsep pemasaran yang efektif. Hal ini bisa menjadi kunci agar perusahaan memiliki keunggulan kompetitif di tengah persaingan yang ada.

Konsep AIDA berhubungan erat dengan prinsip psikologi marketing, dimana tokoh utamanya adalah konsumen dengan tingkah laku, perasaan dan sudut pandang mereka terhadap suatu produk atau jasa.

Sejarah Munculnya AIDA

AIDA pertama kali diperkenalkan oleh E. St. Elmo Lewis (1898) yang berasal dari Amerika. Elmo Lewis merupakan seorang pelopor periklanan dan penjualan. Dia menjelaskan bahwa ada 3 langkah dalam iklan yang harus dipahami yaitu misi utama iklan adalah menarik pembaca sehingga mereka melihat iklan tersebut. Langkah berikutnya adalah pembaca tertarik dengan iklan yang dibuat. Kemudian langkah selanjutnya yaitu meyakinkan pembaca sehingga muncul kepercayaan dan tujuannya terjadi action (pembelian).

Tetapi ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa penemu AIDA marketing sebenarnya adalah Frank Hutchinson Dukesmith karena dia muncul dengan konsep tersebut 20 tahun lebih awal dari pada E. St. Elmo Lewis.

Walaupun merupakan warisan konsep pemasaran klasik, hingga kini AIDA masih digunakan secara luas oleh banyak perusahaan. Khususnya dalam pemasaran digital, strategi penjualan, dan bidang marketing communication. Hal ini dikarenakan formula AIDA dalam mengidentifikasi perilaku konsumen dinilai masih sangat relevan hingga saat ini.

Formula AIDA

Berikut penjelasan tentang formula AIDA yang juga bisa diterapkan dalam bisnis Anda.

Attention (Menarik Perhatian Konsumen)

Formula attention berfokus merangkul konsumen agar mengenal suatu produk atau brand perusahaan tertentu. Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah menggunakan strategi yang bisa membuat konsumen mengetahui keberadaan produk yang Anda jual. Contoh AIDA dalam tahap ini misalnya membuat headline yang menarik, menggunakan gambar, video atau kalimat pembuka yang membuat rasa penasaran.

Interest (Menarik Minat Konsumen)

Fomula berikutnya, interest yaitu menarik minat konsumen dengan cara menonjolkan sisi manfaat dari produk yang dijual. Pada tahap ini, Anda sebagai penjual harus bisa menampilkan keunggulan atau kelebihan produk yang dijual sehingga konsumen memiliki minat dan tertarik untuk membelinya.

Desire (Membuat Konsumen Menginginkan Produk yang Dijual)

Formula selanjutnya desire, yaitu penjual berusaha membuat konsumen untuk menginginkan produk yang ditawarkan kepadanya. Desire agak mirip dengan interest, perbedaannya adalah padah tahap desire penjual harus bisa memainkan emosi calon konsumen. Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan menginformasikan benefit produk Anda dengan menggunakan kalimat-kalimat yang bisa menyentuh emosi calon konsumen.

Contoh penggunaan kalimat yang bisa digunakan dalam tahap desire :
“Suplemen ini sudah ada sertifikat uji klinisnya yang dikeluarkan oleh perusahaan Jepang sehingga terbukti efektif untuk mencegah beberapa penyakit yang mematikan”

Action (Mengajak Konsumen untuk Action)

Formula terakhir dalam AIDA adalah action. Dalam tahap ini, Anda sebagai penjual mengajak konsumen untuk segera melakukan pembelian produk. Penggunaan kalimat persuasif dibutuhkan agar konsumen Anda bisa terdorong untuk mengambil tindakan membeli produk yang ditawarkan.

Contohnya dalam tahap action adalah memberi batasan masa penawaran, misalnya jika membeli saat ini juga akan mendapat diskon 60%. Atau bisa juga dengan menginformasikan bahwa produk yang dijual hanya tinggal 1 unit jadi harus segera dibeli atau akan kehabisan.

Baca juga : 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran agar Sukses

[elementor-template id="26379"]

Varian AIDA Marketing

Seiring perkembangan zaman, ada beberapa varian atau modifikasi AIDA yang muncul. Varian baru tersebut bertujuan untuk memperbaiki kekurangan serta memperluas model AIDA marketing yang ada. Modifikasi tersebut misalnya mencakup tahap pasca pembelian yang belum ada sebelumnya. Varian yang lain menampilkan penyesuaian yang dirancang untuk mengakomodasi peran media digital dan interaktif, termasuk media sosial dan komunitas merek.

Berikut modifikasi atau varian baru AIDA marketing :

• Lavidge et al’s Hierarchy of Effects :

Awareness → Knowledge → Liking → Preference → Conviction → Purchase

• McGuire’s Model :

Presentation → Attention → Comprehension → Yielding → Retention → Behavior.

• Modified AIDA Model :

Awareness → Interest → Conviction → Desire → Action (purchase or consumption)

• AIDAS Model :

Attention → Interest → Desire → Action → Satisfaction

• AISDALSLove model :

Awareness → Interest → Search → Desire → Action → Like/dislike → Share → Love/Hate

Penerapan AIDA dalam Strategi Marketing

Setelah mengetahui tentang pengertian serta penjelasan formula atau tahapannya maka Anda bisa menerapkannya dalam strategi marketing bisnis Anda. Empat tahapan dalam konsep AIDA menunjukkan bagaimana cara terbaik untuk mengkomunikasikan produk Anda kepada konsumen.

Dengan konsep AIDA, Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menawarkan produk. Anda juga bisa memahami bagaimana perilaku konsumen pada masing-masing tahapan (attention, interest, desire dan action) agar Anda dapat menentukan cara menawarkan produk dengan benar. Selain itu, AIDA dapat digunakan untuk merencanakan dan menganalisis efektivitas kegiatan iklan dan hubungan masyarakat yang Anda buat.

Menerapkan konsep AIDA dengan benar dalam strategi marketing akan berdampak pada kesuksesan dalam pemasaran sehingga bisnis bisa berjalan lancar. Selain pemasaran, agar bisnis berkembang dengan baik Anda juga harus bisa mengelola keuangan usaha secara optimal. Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi agar keuangan usaha bisa dikelola dengan cepat dan tanpa repot.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram