Konsep inti pemasaran adalah prinsip yang penting dalam bisnis. Tanpa memahami pengertian konsep inti pemasaran, mustahil rasanya perusahaan bisa bertengger di persaingan pasar bebas seperti saat ini. Beberapa upaya strategi pemasaran harus dilakukan untuk bisa menarik minat pasar. Dulu, hanya dengan menggunakan strategi pemasaran langsung, perusahaan sudah cukup handal menarik minat konsumen.
Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang terus maju menuntut strategi yang lebih baik. Strategi pemasaran 4P (Price, Product, Place, and Promotion) sebagai bagian konsep inti pemasaran yang dinilai paling banyak menarik minat konsumen
Setiap pebisnis harus bisa menerapkan strategi pemasaran baru karena tidak ada strategi yang efektif digunakan terus-menerus. Strategi pemasaran baru harus dibangun, namun tetap dengan konsep inti pemasaran yang sesungguhnya.
Strategi pemasaran hanyalah desain konsep inti pemasaran yang tujuannya memudahkan pebisnis untuk memperoleh laba atas produk yang telah tersedia. Seiring perubahan selera pasar yang bersifat tidak bisa diprediksi, diperlukan strategi pemasaran baru yang tepat.
Pebisnis harus mengerti bahwa desain konsep inti pemasaran bukan hanya tentang produk yang terjual dan uang yang dihasilkan dari penjualan. Tetapi, ada banyak hal yang berkenaan dengan pasar dan pembeli yang juga harus dipahami.
Sebagaimana pengertian konsep inti pemasaran adalah pokok-pokok dari pemasaran yang sangat penting untuk menentukan strategi penjualan terbaru dan sesuai pasar. Maka, pihak manajerial perusahaan harus bisa melakukan banyak kegiatan inovasi supaya bisa mendapatkan strategi pemasaran yang tepat.
Table of Contents
Terdapat 7 desain konsep inti pemasaran yang digunakan untuk menyusun strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan ketujuh konsep inti pemasaran bisnis Anda:
Pengertian konsep inti pemasaran adalah kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Orientasi dari kebutuhan, keinginan, dan permintaan adalah pelanggan yang menjadi target pasar. Pelanggan memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kepuasan dasar dengan. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan terhadap suatu produk berbeda satu sama lain dan selalu diperbarui dengan perkembangan zaman.
Maka dari itu, setiap pebisnis harus mampu mengidentifikasi dan mengukur banyaknya masyarakat yang menginginkan produk sebelum menentukan strategi pemasaran.
Produk merupakan suatu objek yang dipasarkan dan segala sesuatu yang akan ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan permintaan konsumen. Setelah mengetahui kebutuhan, keinginan, dan permintaan, maka perusahaan akan lebih fokus untuk menawarkan barang sekaligus strategi yang dinilai efektif untuk produk yang ditawarkan.
Setiap produk yang ditawarkan tentunya memiliki nilai tersendiri. Nilai yang dimaksud bukanlah harga dari produk, tetapi rasa kepuasan pelanggan atau kualitas produk.
Jadi, nilai suatu produk akan berhubungan dengan keinginan pelanggan untuk memilihnya. Kepuasan menjadi faktor utama bagi pelanggan untuk memutuskan pembelian dari suatu produk. Kepuasan tersebut bisa berasal dari pengalaman pelanggan lain atau dari informasi yang telah diterima.
Baca Juga : Perbedaan Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan dalam Bisnis
[elementor-template id="26379"]
Transaksi merupakan konsep inti pemasaran yang memungkinkan pelanggan menyetujui syarat pertukaran produk setelah tercipta nilai untuk produk yang ditukarkan. Transaksi juga bisa melibatkan persetujuan mengenai harga, kondisi, waktu, dan tempat. Dalam strategi pemasaran, transaksi yang dilakukan bisa beragam, misalnya transaksi jangka pendek atau transaksi jangka panjang.
Relasional atau hubungan merupakan konsep inti pemasaran yang dilakukan dengan membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai, menguntungkan, dan memuaskan. Tentunya, hubungan yang terbentuk akan bisa mempertahankan suatu bisnis. Strategi pemasaran harus menganut konsep relasional supaya bisa membangun jaringan bisnis yang lebih luas.
Pasar menjadi konsep inti pemasaran yang akan sangat menentukan keberadaan dan nilai produk. Pasar yang dimaksud adalah pelanggan potensial yang mempunyai keinginan dan kebutuhan yang sama. Adanya pasar juga memungkinkan terjadi transaksi dengan produk atau jasa yang disediakan. Dalam strategi pemasaran yang disusun, konsep pasar harus benar-benar dipertimbangkan karena menentukan menentukan kesesuaian atas permintaan produk.
Untuk memastikan suatu produk bisa diterima di pasar, maka dalam strategi pemasaran harus ada pihak pemasaran yang bertugas untuk memperkenalkan produk kepada pembeli. Pihak pemasar juga memiliki tugas untuk mencari calon pembeli sehingga transaksi mungkin terjadi.
Konsep inti pemasaran merupakan pokok-pokok yang harus Anda pertimbangkan dalam membuat sebuah strategi pemasaran yang efektif. Konsep ini bahkan sangat erat kaitannya dengan proses produksi dan penjualan. Jadi, pastikan Anda benar-benar mempertimbangkan konsep-konsep tersebut sehingga bisa membangun strategi pemasaran yang mumpuni.
Pada akhirnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan bisnis dan mengembangkan bisnis secara lebih luas. Sebagai pebisnis, Anda juga tidak bisa lengah dengan manajemen keuangan. Segala aktivitas bisnis akan berjalan dengan lancar jika arus keuangan usaha juga lancar.
Maka dari itu, saatnya bagi Anda untuk menggunakan software akuntansi Harmony yang bisa menyajikan laporan arus kas keuangan usaha Anda. Untuk kemudahan dalam membuat laporan keuangan, gunakan GRATIS Software Akuntansi Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini, ya!
Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Update juga insight Anda dengan follow info terkini akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.