Harmony Blog

Apa Saja Perbedaan Kartu Kredit dan Debit?

Diposting Jun 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Perbedaan Kartu Kredit dan DebitPin

Kartu kredit maupun kartu debit merupakan hal yang cukup familiar di dunia perbankan. Ya, beberapa orang mungkin masih bingung ketika dihadapkan ketika memilih dan mengetahui perbedaan antara kedua kartu ini.

Secara fungsi umum, keduanya sama-sama digunakan untuk memudahkan transaksi tanpa harus menggunakan uang fisik.

Perbedaan kartu kredit dan debit terlihat secara langsung dari kegunaan atau manfaat yang diberikan oleh pihak perbankan.Click to Tweet

Namun, secara spesifik terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua kartu ini. Nah, apa sajakah perbedaan kartu kredit dan debit. Yuk, simak ulasan mengenai perbedaan kartu kredit dan debit, berikut ini.

Mekanisme Kerja

Kartu kredit maupun kartu debit memiliki manfaat yang banyak terutama bagi Anda yang ingin bertransaksi secara lebih mudah, aman dan praktis. Ya, kartu debit maupun kartu kredit adalah salah satu solusi bagi Anda untuk berbelanja lebih praktis tanpa uang tunai.

Jadi, meskipun bertransaksi dalam nominal besar, lebih aman saat bepergian, tanpa harus mengantongi dompet tebal atau membawa uang tunai.

Dari segi mekanisme kerja, kartu kredit dan apa itu kartu debit sangatlah berbeda jauh. Dan, berikut perbedaan kartu kredit dan debit jika dilihat dari mekanisme kerjanya.

Jika bertanya apa itu kartu debit? Maka, kartu debit adalah kartu yang hanya bisa dipakai ketika Anda memiliki saldo. Batas transaksi juga sesuai jumlah yang tertera dalam saldo.

Mekanisme kerjaPin

Sedangkan, kartu kredit dapat digunakan meskipun Anda tidak memiliki saldo, namun batas transaksi ditentukan oleh limit dari kartu kredit Anda, dimana limit kartu ditentukan oleh bank berdasarkan kriteria tertentu.

Kartu debit, pihak bank tidak membebankan biaya tahunan di mana biaya setiap transaksi langsung memotong saldo Anda sebagai pemilik kartu debit.

Di sisi lain, kartu kredit merupakan hutang jangka pendek di mana Anda akan dibebankan biaya tahunan, biaya materai dan biaya lainya yang akan ditagih pada setiap bulannya.

Untuk biaya tagihan bulanan setiap bank berbeda sesuai dengan jenis paket kartu kredit yang Anda miliki.

Selanjutnya, apa itu kartu debit? Juga bisa dilihat dari cara penarikan tunai tanpa biaya. Sedangkan, kartu kredit juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai namun dibebankan biaya yang tinggi.

Baca Juga : Hutang Jangka Pendek, Apa Saja Jenisnya dan Bagaimana Mencatatnya Dalam Pembukuan?

Kartu debit memiliki keterbatasan dalam transaksi online, sedangkan kartu kredit dapat digunakan dengan lebih leluasa untuk transaksi online

Transaksi kartu debit hanya bisa dilakukan dengan menggunakan PIN. Tapi, kartu kredit bisa menggunakan PIN dan tanda tangan untuk transaksi non tunai.

Kartu debit bukan produk pinjaman sehingga pengguna tidak dikenakan biaya denda berupa fee tambahan atau bunga.

Sedangkan kartu kredit merupakan produk pinjaman jangka pendek dimana pengguna akan dikenakan biaya bunga yang akan dibayarkan setiap bulan.

Proses Pengajuan

Selain dilihat dari mekanisme kerjanya. Perbedaan kartu kredit dan debit juga dapat dibedakan dari proses pengajuannya, di mana terdapat beberapa syarat yang berbeda dari setiap bank.

Namun, secara umum untuk pengajuan kartu debit diperuntukan bagi nasabah yang telah memiliki rekening di bank.

Proses pengajuanPin

Sedangkan, pengajuan kartu kredit adalah tanpa harus memiliki rekening di bank terkait. Kartu kredit juga bisa didapatkan secara online tanpa harus datang ke bank secara langsung.

Kartu kredit juga bisa diajukan oleh anak pemilik kartu kredit yang belum memenuhi syarat, namun penanggung jawabnya adalah pemilik yang mengajukan kartu utama.

Manfaat Yang Ditawarkan

Perbedaan kartu kredit dan debit juga bisa dilihat dari manfaat yang ditawarkan. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menentukan pilihan kartu apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa melihat perbedaan kartu debit dan kredit berdasarkan manfaat yang ditawarkan, seperti tabungan yang ada di kartu debit bisa ditarik tunai serta dapat dengan mudah ditransfer ke rekening lain.

Sedangkan, kartu kredit hanya bisa digunakan untuk berbelanja dimana tagihan akan dibayarkan di akhir.

Kartu debit dan kredit, keduanya dapat digunakan untuk transaksi di tempat perbelanjaan seperti halnya ritel, supermarket dan toko lain yang menyediakan layanan gesek.

Namun kartu kredit biasanya memiliki banyak promo, potongan harga ataupun reward yang bisa Anda klaim dibandingkan dengan kartu debit.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kartu debit memiliki batas penarikan berdasarkan saldo yang ada di tabungan Anda dan tidak bisa digunakan di luar negeri. Kecuali, jika bank yang Anda gunakan untuk membuka tabungan adalah bank yang berafiliasi dengan luar negeri.

Sedangkan, kartu kredit penggunaanya lebih fleksibel untuk bepergian ke luar negeri dan berlaku hampir di seluruh negara di dunia. Dengan batas pengambilan adalah saldo di tabungan, kartu debit tidak memiliki potensi hutang.

Di sisi lain, kartu kredit memang memiliki sistem hutang dahulu baru bayar setelahnya, membuat kartu kredit memiliki risiko likuiditas yang tinggi. Anda bisa mengontrolnya dengan selalu melihat riwayat transaksi yang ada, serta jika Anda membayarnya tepat waktu, Anda tidak akan dikenai bunga.

Tingkat Keamanan

Perbedaan kartu kredit dan debit jika dilihat dari segi keamanan adalah kartu kredit cenderung lebih aman digunakan. Karena setiap transaksi yang digunakan dilindungi oleh hukum. Sedangkan, kartu debit tidak ada jaminan hukum yang bisa Anda peroleh.

Selain itu, ketika terjadi penyalahgunaan, kartu kredit bisa diklaim tanpa menambah tagihan jika dibarengi dengan bukti transaksi tidak sah.

Contohnya, jika pemilik kartu kredit tidak merasa berbelanja, tapi mendapatkan surat tagihan hutang, maka tidak perlu membayar. Asalkan, si pemilik kartu kredit menyimpan bukti fisik seperti catatan pembelian yang belum dibayar.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan kartu kredit dan debit. Semoga Anda bisa lebih bijak dalam berbelanja menggunakan kartu kredit maupun kartu kredit agar tata kelola keuangan berjalan lancar.

Untuk memudahkan manajemen keuangan bisnis Anda, serahkan pada ahlinya Software Akuntansi Harmony.

Siap diandalkan untuk membantu menangani urusan pembukuan mulai dari transaksi jual beli, rekonsiliasi bank otomatis, pengaturan stok, penghitungan aset usaha, sampai laporan keuangan yang beragam untuk Anda analisis.

Coba fitur-fiturnya secara GRATIS dalam 30 hari, daftar melalui tautan ini. Cari tau aktivitas terupdate dan info menarik lainnya, follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK