Harmony » Blog » 

Apa Itu Stock Opname? Panduan Lengkap untuk Pemula

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 10, 2023

Stock opname adalah salah satu proses penting dalam manajemen persediaan yang dilakukan oleh perusahaan. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa jumlah stok yang ada di gudang atau toko sesuai dengan catatan yang tercatat di sistem. Dalam proses stock opname, setiap barang yang ada dihitung, dicatat, dan diperiksa kualitasnya.

Penggecekan stock opname secara berkala

Tujuan utama dari stock opname adalah untuk mengurangi risiko kehilangan stok atau kecurangan dalam manajemen persediaan. Dengan melakukan stock opname secara berkala, perusahaan dapat mengetahui dengan pasti jumlah stok yang ada, mengidentifikasi perbedaan antara jumlah stok yang tercatat di sistem dengan jumlah stok yang ada di gudang atau toko, serta menemukan penyebab perbedaan tersebut.

Stock opname juga berfungsi sebagai alat untuk mengoptimalkan manajemen persediaan. Dengan mengetahui jumlah stok yang ada, perusahaan dapat menentukan strategi untuk membeli atau menjual barang, serta menghindari kelebihan atau kekurangan stok yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Key Takeaways

  • Stock opname adalah proses penting dalam manajemen persediaan yang bertujuan untuk memastikan stok yang ada sesuai dengan catatan di sistem.
  • Stock opname dilakukan untuk mengurangi risiko kehilangan stok atau kecurangan dalam manajemen persediaan dan untuk mengoptimalkan manajemen persediaan.
  • Dalam proses stock opname, setiap barang dihitung, dicatat, dan diperiksa kualitasnya.

Baca Juga: Ruang Lingkup Pemasaran: Definisi, Strategi, dan Contoh Implementasi

Pengertian Stock Opname

Stock opname adalah proses penghitungan dan pencatatan secara sistematis terhadap semua persediaan barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu waktu tertentu. Tujuan dari melakukan stock opname adalah untuk mengetahui jumlah persediaan barang yang ada di gudang atau di toko, dan membandingkannya dengan catatan persediaan yang ada di buku-buku akuntansi.

Proses stock opname melibatkan beberapa departemen di perusahaan, seperti bagian gudang, bagian keuangan, dan bagian akuntansi. Pada saat melakukan stock opname, perusahaan harus mencatat semua barang yang ada di gudang, termasuk barang yang masih dalam proses produksi, barang yang sedang dalam pengiriman, dan barang yang sudah terjual tetapi belum diambil oleh pelanggan.

Setelah stock opname selesai dilakukan, seluruh perbedaan antara catatan persediaan yang ada di buku akuntansi dengan persediaan fisik yang ada di gudang harus dihitung dan dicatat. Jika terdapat perbedaan antara catatan persediaan dan persediaan fisik, maka perusahaan harus melakukan investigasi untuk menemukan penyebab perbedaan tersebut.

Stock opname sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki catatan persediaan yang akurat dan dapat dipercaya. Dengan melakukan stock opname secara teratur, perusahaan dapat meminimalkan risiko kerugian akibat kecurangan atau kesalahan dalam pencatatan persediaan.

Tujuan dan Fungsi Stock Opname

Stock opname adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghitung jumlah persediaan barang atau produk yang dimiliki. Tujuan dari stock opname adalah untuk mengetahui jumlah persediaan barang yang ada, menginformasikan kualitas dan kuantitas produk barang yang disimpan sebagai persediaan, serta sebagai alat kontrol dan pengawas terhadap produk barang yang disimpan dan digunakan oleh perusahaan.

Fungsi dari stock opname sangat penting bagi perusahaan. Dengan melakukan stock opname secara teratur, perusahaan dapat memastikan bahwa persediaan barang yang dimilikinya tercatat dengan akurat. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai persediaan barang yang harus dibeli atau dijual.

Selain itu, stock opname juga dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam pengelolaan persediaan barang. Misalnya, jika terdapat perbedaan antara jumlah persediaan barang yang tercatat dalam sistem dengan jumlah barang yang sebenarnya ada di gudang, maka perusahaan dapat melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab perbedaan tersebut.

Dengan melakukan stock opname secara teratur, perusahaan dapat memastikan bahwa persediaan barang yang dimilikinya selalu terjaga dengan baik. Hal ini akan membantu perusahaan dalam menjaga kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Proses Stock Opname

Proses Stock Opname

Proses stock opname adalah suatu kegiatan untuk melakukan pengecekan dan pencatatan jumlah stok barang fisik yang ada di gudang atau toko dengan catatan pembukuan yang ada. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui jumlah stok yang sebenarnya dan memperbaiki kesalahan pencatatan serta mengetahui selisih stok antara stok fisik dengan stok yang tercatat di buku.

Tahap Persiapan

Sebelum melakukan proses stock opname, ada beberapa tahap persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

  • Membuat daftar barang-barang yang akan dihitung stoknya
  • Membuat barcode untuk setiap barang yang akan dihitung stoknya
  • Menyiapkan sistem pembukuan yang akan digunakan
  • Menyiapkan tim penghitung dan tim input data
  • Membuat briefing untuk tim penghitung

Tahap Stock Opname

Tahap stock opname adalah tahap dimana dilakukan penghitungan stok barang fisik yang ada di gudang atau toko. Proses ini dilakukan dengan menggunakan barcode scanner atau secara manual. Setelah selesai melakukan penghitungan, tim penghitung akan melakukan perhitungan persediaan dan mencatat selisih stok barang.

Pencatatan dan Perhitungan

Setelah selesai melakukan penghitungan, tim penghitung akan mencatat hasil penghitungan ke dalam catatan pembukuan. Jumlah stok yang tercatat di catatan pembukuan akan dicocokkan dengan jumlah stok fisik yang ada di gudang atau toko. Jika terdapat selisih stok barang, maka akan dibuat jurnal penyesuaian untuk memperbaiki kesalahan pencatatan. Selisih stok barang yang terjadi akan dicatat dan dihitung biaya operasional yang dikeluarkan untuk proses stock opname.

Dalam proses pencatatan stok, perlu diperhatikan beberapa hal seperti SKU, harga pokok persediaan, harga penggantian, dan selisih kurang atau lebih. Selain itu, proses stock opname biasanya dilakukan tiga atau empat bulan sekali atau pada akhir tahun.

Proses stock opname sangat penting dilakukan untuk menjaga sistem pengendalian intern yang baik dan memastikan akurasi jumlah stok barang. Dalam hal barang setengah jadi atau barang jadi, proses stock opname juga dilakukan untuk mengetahui jumlah stok yang tersedia dan mengetahui apakah terdapat kesalahan produksi atau kesalahan pencatatan.

Manajemen Stock Opname

Stock opname atau sering disebut sebagai inventarisasi adalah sebuah proses penghitungan fisik atas persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui kondisi persediaan barang yang ada di gudang secara pasti dan sistematis.

Dalam manajemen stock opname, perusahaan harus memiliki kebijakan yang jelas terkait dengan proses stock opname. Kebijakan ini harus mencakup jenis persediaan barang yang akan dihitung, periode stock opname, tag atau stiker yang digunakan untuk menandai barang yang sudah dihitung, serta petugas audit yang akan melakukan penghitungan.

Proses stock opname sangat penting untuk perusahaan, terutama bagi perusahaan manufaktur. Dengan melakukan stock opname secara teratur, perusahaan dapat mengetahui secara pasti lalu lintas atau arus barang yang keluar dan masuk secara pasti dan sistematis. Hal ini akan membantu perusahaan manufaktur untuk terus memproduksi barang dengan efisien dan efektif.

Selain itu, stock opname juga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kondisi produk di gudang secara pasti. Dengan mengetahui kondisi produk yang ada di gudang, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat terkait dengan pembelian stok barang atau pengurangan stok barang yang sudah tidak laku.

Proses stock opname juga memberikan informasi yang benar dan valid atas persediaan produk yang disimpan oleh perusahaan. Informasi yang akurat ini sangat penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Untuk memudahkan proses stock opname, perusahaan dapat menggunakan alat pembanding persediaan pada tahun berikutnya. Alat ini akan membantu perusahaan untuk mengetahui selisih antara persediaan barang tahun lalu dengan persediaan barang tahun ini.

Dalam proses stock opname, perusahaan harus memperhatikan beberapa hal, seperti ketersediaan barang, hutang, piutang, mutasi barang, hpp, dan sistem pengendalian intern (SPI). Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, perusahaan dapat melakukan proses stock opname dengan lebih efisien dan efektif.

Pentingnya Stock Opname bagi Perusahaan

Stock opname merupakan proses penghitungan dan pengecekan persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Proses ini sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan manufaktur, karena dapat membantu perusahaan untuk terus memproduksi barang dengan efisien dan efektif.

Dengan melakukan stock opname, perusahaan dapat mengetahui secara pasti lalu lintas atau arus barang yang keluar dan masuk secara pasti dan sistematis. Hal ini akan membantu perusahaan untuk menghindari kecurangan dan mengontrol persediaan barang yang dimilikinya.

Selain itu, stock opname juga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kondisi produk di gudang secara pasti. Dengan mengetahui kondisi produk yang ada di gudang, perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat untuk mengelola persediaan barang yang dimilikinya.

Informasi yang benar dan valid atas persediaan produk yang disimpan oleh perusahaan juga dapat diperoleh melalui proses stock opname. Dengan informasi yang akurat, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai persediaan barang yang dimilikinya.

Proses stock opname juga dapat menjadi alat pembanding persediaan pada tahun berikutnya. Dengan membandingkan hasil stock opname pada tahun sebelumnya dengan hasil stock opname pada tahun berikutnya, perusahaan dapat mengetahui apakah persediaan barangnya mengalami peningkatan atau penurunan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat memperbaiki strategi pengelolaan persediaan barangnya agar lebih efisien dan efektif. Oleh karena itu, stock opname sangat penting bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan manufaktur dan UMKM untuk mengelola persediaan barang yang dimilikinya dengan baik dan menghindari kecurangan.

Baca Juga: Perusahaan Dagang: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Menjadi Lebih Efisien dengan Harmony, Aplikasi Akuntansi Online Terbaik

Dalam artikel ini, kita telah menguraikan konsep stock opname, sebuah strategi penting dalam mengelola persediaan bisnis. Dari pengertian dasar hingga teknik-teknik terkini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengoptimalkan manajemen persediaan Anda.

Namun, menangani persediaan tidak selalu mudah. Dengan banyak variabel dan kompleksitas yang terlibat, penting bagi bisnis untuk memiliki alat yang tepat. Inilah mengapa kami merekomendasikan Harmony, aplikasi akuntansi online terbaik yang dapat membantu Anda mengelola persediaan dengan efisien.

Harmony tidak hanya mempermudah proses stock opname dengan fitur-fitur khususnya, tetapi juga memberi Anda visibilitas penuh terhadap persediaan Anda secara real-time. Dengan prediksi cerdas dan laporan yang akurat, Harmony memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih bijak untuk bisnis Anda.

Jadi, sambutlah masa depan bisnis Anda dengan memilih Harmony. Dengan Harmony, Anda tidak hanya mengelola persediaan dengan lebih baik, tetapi juga mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Jadikan langkah cerdas hari ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif besok dengan Harmony, partner terpercaya Anda dalam mengelola persediaan dan keuangan bisnis.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram