Harmony Blog

Apa itu SKU (Stock Keeping Unit), Manfaat dan Cara Membuatnya?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Mungkin Anda masih binggung dengan istilah apa itu SKU? SKU atau stock keeping unit adalah kode unik yang diberikan kepada setiap item barang baik yang dibeli maupun dijual oleh para pekerja wirausaha.

Stock keeping unit atau SKU, adalah strategi yang dapat memudahkan Anda dalam menemukan produk. Ketika barang-barang yang disimpan sangat banyak. Bahkan bisa mencapai ribuan produk. Tentunya dengan adanya SKU akan sangat memudahkan Anda dalam menemukan produk Anda.

SKU atau Stock Keeping Unit adalah kode unik yang diberikan kepada setiap item barang baik yang dibeli maupun dijual oleh suatu perusahaan.

Bagi setiap wirausaha yang menjual berbagai macam jenis produk tentu sangat penting untuk terlebih dahulu memahami pengertian SKU UMKM ini.

Dengan membuka suatu usaha secara mandiri tentu merupakan solusi menarik sekaligus menjanjikan untuk menjaga stabilitas finansial.

Walaupun bersifat usaha rumahan dan skalanya kecil, para wirusahawan tersebut tetap harus memperhatikan manajemen inventory atas apa yang dijualnya.

Untuk itu, Anda yang sedang menjalankan bisnis perlu sekali mengetahui metode persediaan apa yang cocok dengan bisnis Anda.

Di dalam ilmu akuntansi juga menjelaskan bahwa metode persediaan yang dimiliki dapat digunakan oleh pebisnis, seperti FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out) dan Average (Rata-rata).

Para pemilik usaha warung, toko, dan pengusaha lainnya masih memungkinkan untuk menerapkan sistem pengelolaan produk layaknya perusahaan besar, yaitu dengan menerapkan SKU atau stock keeping unit.

Apa Arti Stock Keeping Unit (SKU)?

Apa kepanjangan dari SKU? SKU atau stock keeping unit adalah metode penamaan pada tiap produk yang akan ditawarkan atau dijual. Biasanya, SKU akan berupa deretan angka yang akan dilabelkan pada suatu produk dan akan menjadi identitas pada produk tersebut.

Apa itu SKU juga dapat diartikan sebagai part number, product number atau product identifier. Tidak hanya itu SKU juga sering dipakai untuk informasi persediaan barang hasil produksi perusahaan.

Kode inilah yang menjadi pembeda suatu item barang yang satu dengan barang yang lainnya. Bahkan SKU juga sering dicetak dalam bentuk kode batang atau barcode untuk memudahkan perusahaan melakukan inventaris stok.

SKU ini wajib ada jika penjual memiliki stok produk dengan puluhan, ratusan, bahkan ribuan jenis produk. Sehingga dengan adanya SKU ini nanti akan memudahkan dalam inventarisasi dan pengelolaan stok barang di gudang.

Selain itu SKU juga dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan stok barang gudang pada bisnis Anda.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Stock Opname dan Penerapannya dalam Bisnis

Manfaat SKU Terhadap Usaha

SKU memiliki manfaat yang sangat penting yaitu untuk menandai setiap produk-produk barang mana yang akan di jual, agar tidak tercampur baik itu ukuran, warna dan jenis barang.

Sehingga apabila Anda membutuhkan jenis produk tertentu maka dengan adanya SKU semua akan terbantu dan mudah untuk mencarinya.

Anda tidak perlu mencari barang tersebut secara manual, sebab semua data barang sudah diinput dengan baik dan secara fisik setiap barang sudah ditandai sesuai jenis, ukuran dan merknya.

Namun untuk memudahkan Anda dalam mencari produk tertentu dengan memakai kode barang, tidak perlu dengan kode yang rumit cukup dengan membuat kode yang simpel dan mudah diingat.

Ini juga akan mempercepat transaks bisnis Anda, terutama melancarkan distribusi barang produksi dari gudang menuju ke tangan pelanggan.

Selain memudahkan identifikasi produk, penggunaan SKU juga dapat memudahkan pengusaha untuk inventarisasi produk mana yang paling laku hingga produk mana yang kurang laku. 

Sederhananya, deret angka SKU bisa memudahkan pengusaha untuk melakukan pendataan atas penjualan harian hingga bulanan.

Dari pendataan tersebut, pemilik usaha juga bisa melakukan perencanaan suplai terhadap sebuah produk. Misalnya, pemilik usaha bisa segera melakukan pengadaan atas produk A yang ternyata paling laris. SKU juga memudahkan pengusaha dalam melakukan distribusi produk.

Baca Juga: Membuat Laporan Keuangan: Manual VS Aplikasi

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tips Membuat SKU Untuk Usaha Anda

Jika Anda memang ingin untuk menggunakan SKU pada setiap produk bisnis Anda, maka ada beberapa saran yang harus Anda perhatikan, yaitu:

• Buatlah aturan ataupun petunjuk dalam membuat SKU agar karyawan Anda bisa mendapatkan referensi tiap kali ada barang yang baru datang.

• Gunakanlah gabungan dari beberapa huruf dan angka.

• Melakukan proses penandaan melalui pemberian kode pada stok barang bisa dilakukan dengan menggunakan properti yang ada pada barang misalnya saja ukuran, warna, merk dan tipe barang.

• Usahakanlah untuk memberikan kode SKU yang pendek dan mudah untuk di ingat jika SKU tersebut diberikan di setiap produk Anda.

Bagaimana Penerapan SKU?

Di dalam penerapan SKU untuk sebuah produk bisa menggunakan deret angka, huruf, atau kombinasi antara keduanya. Namun dalam kebijakan ini tentu kembali kepada masing-masing produsen atau toko karena sejatinya penggunaan SKU tidak akan menambah kesulitan staf ataupun karyawan Anda.

Melainkan bertujuan memudahkan staf, pengusaha dan konsumen dalam memilih setiap produk. Berikut beberapa contoh yang dapat Anda terapkan dalam SKU:

Contoh Penerapan SKU 1

Sebagai contoh, Anda membuat SKU untuk produk kacamata anak, merek Angela warna merah. Maka jenis produk tersebut dapat Anda ubah ke dalam SKU, yaitu menjadi: AGL-KCMT-ANK-MRH-0088. Dapat dijelaskan bahwa “AGL” merupakan kode untuk merek Angela.

Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap kode merek memang selalu dipasang di depan untuk memudahkan perbedaannya dengan jenis atau merek kacamata lainnya.

Selainnya yaitu “KCMT” yang menjelaskan bahwa jenis produk tersebut merupakan kacamata. “ANK” merupakan kode untuk anak yang menjelaskan bahwa produk tersebut di khusus untuk anak-anak.

Sedangkan “MRH” adalah kode untuk warna merah pada produk tersebut dan terakhir yaitu 0088 merupakan nomor urut untuk produk kacamata.

Pengusaha bebas untuk menentukan kode penerapan SKU sesuai dengan selera dan kebutuhan tersendiri. Sebab pada dasarnya, pembuatan SKU adalah suatu alat untuk memudahkan administrasi internal.

Contoh Penerapan SKU 2

Seperti dikutip dalam situs web Sellfazz, penamaan SKU untuk produk paku yang jumlahnya 200 batang dengan berbagai varian ukuran dan bahan. Anda diharuskan menuliskan SKU untuk produk ini.

Maka kode yang ditulis bisa berupa: PK12SS1802, yang artinya, “PK” untuk paku, “12” untuk panjang paku yang 12 cm, “SS” untuk bahan stainless steel, dan 1802 untuk tanggal pembelian yakni 18 Februari (18/02).

Dengan memahami pengertian dan menerapkan SKU pada barang inventaris yang dijual pada umumnya bukanlah suatu pilihan.

Namun sebagai suatu langkah wajib untuk dilakukan agar lebih memudahkan para pengusaha dalam membantu meriset pasar dan juga memudahkan konsumen dalam mencari produk berdasarkan kualitas dan harga yang sangat beragam secara otomatis.

Setalah Anda membaca dengan jelas tentang apa itu SKU dan penerapannya, tentunya Anda sudah yakin untuk membuat SKU dalam jumlah yang besar, karena memang akan lebih memudahkan Anda dalam hal manajemen inventori.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu pembukuan usaha Anda.

Sebaiknya gunakanlah Harmony software sebagai bantuan Anda yaitu software pembukuan akuntansi dimana Anda hanya perlu memilih metode persediaan yang cocok lalu segala perhitungannya akan otomatis dilakukan oleh sistem.

Harmony juga memiliki fitur pengelolaan stok yang lengkap seperti pencatatan bahan baku, fitur simple manufacturing, bantuan untuk stock opname dan fitur lainnya. Anda bisa mencoba software Harmony secara gratis selama 30 hari disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service.

Dalam mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony