Harmony Blog

Apa itu Run Rate dan Batasan Yang Perlu Diperhatikan?

Diposting Sep 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Run RatePin

Mengelola keuangan usaha membutuhkan berbagai strategi. Salah satunya adalah proyeksi hasil keuangan menurut laporan dan data periode saat ini atau disebut run rate. Run rate adalah sebuah informasi berharga yang dapat memperkirakan kinerja bisnis di masa mendatang.

Run rate adalah data berupa angka kinerja perusahaan saat ini atau yang terbaru dan dipergunakan dalam memperkirakan bagaimana performa perusahaan ke depannya. Katakanlah, perusahaan memperoleh pemasukan Rp 100 juta pada bulan Januari 2021. Maka, perusahaan bisa memperkirakan run rate adalah sebesar Rp 120 juta di tahun 2021.

Manfaat run rate adalah dapat membantu menentukan apakah perusahaan kemungkinan prospektif dalam jangka panjang atau tidak.Click to Tweet

Jadi, run rate adalah alat yang membantu memprediksi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Namun, hasilnya juga akan fluktuatif apabila data keuangan serta analisis biaya manfaat bervariasi selama bulan Pebruari, Maret, April, dan seterusnya. Ada kalanya, memakai run rate adalah pilihan tepat, namun ada kalanya juga kurang relevan.

Manfaat Run Rate Adalah

Bagi investor atau pebisnis, manfaat run rate adalah dapat membantu menentukan apakah perusahaan kemungkinan prospektif dalam jangka panjang atau tidak. Dengan pertimbangan ini, setidaknya investor bisa memutuskan untuk tetap menanamkan modalnya atau tidak.

Manfaat run ratePin

Salah satu manfaat adalah bahan pertimbangan keputusan bisnis dan risikonya. Jangan pernah menginvestasikan uang jika Anda tidak mau merugi. Selain itu, manfaat run rate adalah dapat mengevaluasi kinerja manajemen internal perusahaan. Misalnya, ketika meluncurkan produk baru.

Jika tingkat penghasilan bisnis meningkat, berarti strategi yang direncanakan berhasil. Sebaliknya, kalau tingkat penghasilan menurun, Anda mungkin perlu memperbaiki atau meningkatkan strategi pemasaran sebelumnya.

Apa Saja Hal Yang Perlu Diperhatikan?

Perlu dicatat bahwa terdapat sejumlah batasan run rate yang mempengaruhi tingkat penghasilan bisnis. Seperti yang diketahui, data penjualan bisa berubah sangat cepat dan dinamis. Ini artinya, terkadang perhitungan ini bukan satu-satunya cara efektif memperkirakan kinerja keuangan.

Berikut ini beberapa batasan yang membuat pelaku usaha perlu mengambil langkah cerma sebelum memakai formula run rate:

  1. Penjualan Satu Kali Yang Besar

    Katakanlah pabrik sepeda menerima pesanan 1.000 sepeda di bulan Januari 2021. Namun, di bulan Pebruari, Maret, dan seterusnya, pesanan mulai menurun. Akibatnya, run rate akan menggambarkan kinerja keuangan yang salah.

    Batasan run rate adalah pendekatan reduksionis yang gagal mengidentifikasi faktor-faktor lainnya yang berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Misalnya, trend gaya hidup masyarakat, lingkungan, musim, dll.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  2. Bisnis Musiman

    Hal yang perlu diperhatikan adalah bisnis musiman. Penerapan ini tidak efektif untuk bisnis musiman. Sebab, tidak bisa merepresentasikan secara akurat hasil data penjualan. Bisnis musiman penghasilannya tidak menentu, di tiga kuartal pertama menurun, tapi melonjak di kuartal keempat.

    Jika tetap menerapkan batasan ini, kinerja penjualan tidak akan bisa diprediksi dengan baik dan mempengaruhi anggaran keuangan.

  3. Batasan Kemampuan Produksi

    Selanjutnya, batasan lainnya adalah tidak memprediksi masalah kemampuan produksi maksimal. Kalau run rate adalah dihitung dari kemampuan maksimal perusahaan, maka hasil perhitungannya juga kurang akurat.

    Dalam poin ini, contoh batasan run rate adalah perusahaan tas meraih omset sebesar Rp 100 juta di bulan Januari 2021. Namun, perusahaan hanya mampu beroperasi 98% saja untuk memenuhi pesanan. Nyatanya hasil terlihat bagus. Tapi, kalau tingkat produksi dan penjualan tidak bisa dipertahankan, akibatnya gambaran run rate untuk kinerja tahunan perusahaan juga akan keliru.

  4. Tidak Memprediksi Perubahan Lingkungan

    Hal yang perlu juga diperhatikan adalah kurang update dengan trend di masa depan, seperti perubahan lingkungan. Di musim dingin atau musim panas, penghasilan bisnis juga bisa berubah-ubah bergantung pada daya beli konsumen dan permintaan.

Memantau kinerja bisnis dari bulan ke bulan atau suatu periode akuntansi terkadang bisa sangat merepotkan. Apalagi, jika Anda harus ke kantor, meminta staf mengetik, lalu mencetak laporan keuangan, serta menganalisis lembar demi lembarnya.

Bagaimana jika memantau kinerja bisnis Anda bisa diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja Anda berada? Tentunya, akan sangat menghemat waktu, biaya, dan tenaga, bukan? Itulah yang bisa Anda dapatkan dengan memakai Software Akuntansi Online dari Harmony.

Aplikasi Harmony sejak bertahun-tahun, digunakan ribuan klien di tanah air untuk mengelola anggaran keuangan bisnis serta pembukuan secara rapi, modern, dan akurat. Bahkan, membuat laporan keuangan bisnis cukup beberapa detik saja. Bisa diakses realtime dengan teknologi Cloud, memiliki fitur lengkap. Mulai dari catat transaksi jual dan beli, smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, penghitungan aset bisnis dan banyak lagi.

Anda juga bisa langsung pakai dan coba GRATIS 30 hari Aplikasi Harmony, daftar di tautan ini.

Yuk, tingkatkan kinerja bisnis Anda bersama Software Akuntansi Harmony. Silakan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk mengenal lebih dekat fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK