Apa itu Jurnal Pembalik? Manfaat dan Contohnya Dalam Pembukuan
Harmony Blog
Accounting
Apa itu Jurnal Pembalik? Manfaat dan Contohnya Dalam Pembukuan
October 17, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Istilah jurnal pembalik mungkin Anda belum terlalu mengetahui apa artinya. Pada dasarnya dalam membuat jurnal laporan keuangan terbagi menjadi jurnal yang bersifat wajib, lalu apakah jurnal pembalik bersifat opsional? Yaitu sehingga Anda tidak wajib dalam membuat jurnal pembalik tersebut ke dalam laporan keuangan perusahaan.

Untuk pembuatan jurnal pembalik akan hanya dibuat ketika Anda sangat membutuhkan jurnal tersebut dikarenakan adanya kasus-kasus tertentu. Dalam memahami lebih lanjut apa itu jurnal pembalik, manfaat serta cara menyusunnya. Berikut artikel ini akan dijelaskan lebih detail untuk Anda.

Pembuatan jurnal pembalik berguna untuk membalik beberapa jurnal penyesuaian, sehingga jurnal tersebut sebagai antisipasi untuk menghindari kesalahan penjurnalan pada periode berikutnya.

Apa Itu Jurnal Pembalik ?

Jurnal pembalik adalah jurnal yang biasa disebut sebagai reverse entry, jurnal ini berguna untuk membalikkan jurnal penyesuaian dengan tujuan untuk menyajikan akun neraca.

Adanya jurnal ini untuk mencegah terjadinya akun-akun yang berganda. Dalam pembuatan jurnal ini juga biasanya dilakukan pada awal tahun, karena dapat memunculkan analisis secara real.

Sebagai kesimpulannya jurnal pembalik termasuk juga ke dalam jenis jurnal akuntansi, namun tujuan jurnal ini sebagai fungsi membalik jurnal penyesuaian sebelumnya. Sehingga penyusunan jurnal ini dapat di proses oleh siklus akuntansi, untuk itu jurnal ini dapat dibuat ataupun tidak tergantung kepentingan perusahaan dan bersifat opsional.

Adanya Tujuan Dan Manfaat Jurnal Pembalik

Berikut ini ada beberapa manfaat dibuatnya jurnal pembalik bagi bisnis Anda antara lain yaitu :

1. Jurnal pembalik berguna untuk meminimalisir suatu kesalahan atau kekeliruan dalam pencatatan yang mungkin dapat terjadi, misalnya menghindari pendapatan dan biaya yang sama atau berganda dalam penyusunan ayat jurnal penyesuaian.

2. Dapat mempermudah pencatatan transaksi diawal periode akuntansi, dan juga akan berhubungan dengan ayat jurnal penyesuaian.

3. Tujuan ini dimaksudkan supaya mempermudah dalam mengawasi dan membuat laporan keuangan, serta sesuai dengan konsistensi pencatatan akun-akun tertentu.

4. Berguna untuk menyederhanakan penyusunan jurnal penyesuaian pada periode berikutnya, dan juga dapat memberikan manfaat analisis setiap akun-akun di dalam jurnal jika perusahaan membuat ayat jurnal yang jumlahnya banyak.

Baca Juga : Pentingnya Membuat Rekapitulasi Jurnal Sebelum Posting di Buku Besar

Akun-Akun Yang Termasuk Pada Jurnal Pembalik

Salah satu tanda jurnal penyesuaian membutuhkan jurnal pembalik yaitu ketika jurnal penyesuaian menunjukkan akun riil yang baru atau belum terlihat pada neraca saldo. Namun, tidak semua akun pada jurnal penyesuaian diinput ke dalam jurnal pembalik diantaranya adalah :

1. Akun Beban yang masih harus dibayar

Untuk akun beban yang masih harus dibayar atau dikeluarkan pada akhir periode perusahaan, sehingga akun beban dapat berlanjut pada periode akuntansi berikutnya.

2. Akun beban yang dibayar di muka (tercatat pada beban)

Pada beban yang masih dibayar dimuka, belum dicatat pada akun beban namun sudah dibayarkan pada periode tersebut. Beban dibayar dimuka ini biasanya terjadi membayar transaksi pengeluaran perusahaan pada periode tertentu.

3. Akun pendapatan yang masih akan diterima

Pada pendapatan yang masih akan diterima biasanya akun ini akan dicatat sebagai akun pendapatan, namun sayangnya pendapatan tersebut belum diakui sepenuhnya sebagai pendapatan karena beberapa alasan perusahaan.

4. Akun Pendapatan yang diterima di muka (tercatat pada pendapatan)

Akun pada pendapatan diterima dimuka ini, biasanya harus diterima perusahaan pada awal transaksi. Namun pembayaran tersebut belum dilakukan oleh pembeli atau customer.

Biasanya perusahaan menggunakan metode pendekatan neraca, karena mencatat uang masuk sebagai pendapatan diterima dimuka. Untuk transaksi yang tercatat sebagai pendapatan, jika pekerjaan yang diminta oleh pelanggan sudah selesai.

5. Akun Beban Pemakaian atas perlengkapan (teracatat pada beban)

Untuk akun beban atas pemakaian perlengkapan akan tercatat pada akun beban, biasanya perlengkapan ini digunakan secara terus menerus oleh perusahaan. Setelah itu, perlengkapan akan dicatat sebagai beban dalam ayat jurnal penyesuaian. 

Baca Juga : Contoh Studi Kasus Jurnal Akuntansi Keuangan dan Penjelasannya

custom-form-newsletter

Cara Menyusun Jurnal Pembalik Dan Contohnya

Berikut ini beberapa contoh dari jurnal pembalik sebagai pengetahuan Anda, yaitu :

1. Beban Dibayar di Muka

Sebagai contoh PT. Sukses pada 01 Januari 2018 dibayarkan uang sewa untuk 1 tahun sebesar Rp6.000.000, dicatat pada jurnalnya adalah sebagai berikut :

Jurnal pembalik dari transaksi di atas adalah sebagai berikut:

2. Pendapatan Diterima di Muka

Pendapatan sewa yang belum direalisasikan akan dicatat sebagai pendapatan. Di sini Jurnal pembalik dibuat untuk menjadikan pendapatan sebagai sewa diterima dimuka.

Sebagai contoh, PT. Sukses pada  1 September 2018 menerima pendapatan sewa dimuka sebesar Rp6.000.000. Jurnal penyesuaian dan jurnal pembalik yang dibuat saat transaksi adalah sebagai berikut :

Jurnal pembalik atas transaksi tersebut adalah sebagai berikut :

3. Beban yang Belum Dibayar

Sebagai contoh, pada 31 Desember 2018 terdapat gaji untuk bulan Desember yang belum dibayar perusahaan dengan rincian dana dan jurnal penyesuaian sebagai berikut :

Bagian karyawan divisi penjualan sebesar Rp 3.000.000

Bagian karyawan divisi kantor sebesar Rp 4.000.000.

Pada awal periode, 1 Januari 2019 dibuat ayat jurnal pembalik sebagai berikut:

4. Pendapatan yang Belum Diterima

Sebagai contoh, dibulan Desember 2018 PT. Sukses menerima cicilan utang atas jasa yang sudah diberikan, sebesar Rp1.000.000. Ayat jurnal penyesuaian yang dibuat pada 31 Desember 2018, yaitu:

Jurnal pembalik yang dibuat awal periode pada tanggal 01 Januari 2018, yaitu sebagai berikut:


Secara umum, pembuatan jurna ini tergantung pada sebuah kondisi perusahaan yang membutuhkan adanya jurnal tersebut. Karena bagi perusahaa yang terpenting adalah kebenaran dalam menyajikan sebuah laporan keuangan, agar nanti tidak salah pecatatan dan kerugian yang berdampak pada perusahaan.

Adanya penyesuaian ini juga dilakukan untuk memperbaiki setiap rekening atau akun tertentu yang berkaitan dengan harta, modal, hutang, pendapatan hingga biaya pada perusahaan. Adanya informasi tersebut berguna untuk menujukkan kondisi perusahaan Anda sebenarnya.

Untuk menghindari Anda dari setiap kesalahan dalam membuat sebuah jurnal pembalik karena adanya proses penyesuaian dan entri data yang secara berulang kali pada buku besar perusahaan.

Dalam pembuatan jurnal pembalik akan lebih mudah jika menggunakan software akuntansi online. Penggunaan software ini akan menghemat waktu, biaya dan tenaga karena sistem yang akan membantu Anda menyelesaikan proses siklus akuntansi.

Sehingga langkah selanjutnya untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi pada laporan perusahaan Anda, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi seperti Software Akuntansi Harmony.

Cobalah untuk Anda gunakan software akuntansi seperti software Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/