Harmony Blog

Apa Itu Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Jenis, Fungsi dan Produknya?

Diposting Apr 7th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

BPR (Bank Perkreditan Rakyat)Pin

Mungkin masih ada sebagian dari Anda masih belum memahami apa itu BPR. Yang dimaksud dari BPR adalah Bank Perkreditan Rakyat. Tentu bank ini sangat sering di temui di kota kecil sampai pelosok kecamatan.

Dengan semakin berkembangnya layanan transaksi digital pada lembaga keuangan, nyatanya jenis bank perkreditan rakyat ini tentu masih sangat besar berpengaruh pada kehidupan masyarakat.

Tujuan adanya BPR adalah untuk fokus melayani setiap masyarakat Indonesia, terkhusus bagi masyarakat yang tinggal pada daerah pelosok dan terpencil.Click to Tweet

Tujuan adanya bank perkreditan rakyat ini memang lebih di fokuskan dalam melayani para masyarakat, terutama masyarakat yang berada dalam wilayah terpencil. Yang mana dalam wilayahnya belum bisa terjangkau secara maksimal oleh bank umum.

Maka dalam melakukan sebuah kegiatan, bank perkreditan rakyat lebih terbatas pada proses bisnisnya, sebab dalam bank perkreditan rakyat ini tidak bisa memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran masyarakat.

Apa itu Bank Perkreditan Rakyat (BPR)?

BPR adalah salah satu bank yang tentu paling banyak dicari dikarenakan jasanya yang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Seperti sekarang ini, sudah banyak jenis bank perkreditan rakyat yang sudah tersebar di pedesaan Indonesia. Sehingga masyarakat juga bisa merasakan manfaat bank tersebut.

Apa itu bank perkreditan rakyatPin

Selain itu bank ini juga memiliki peran penting dalam menunjang pelaksanaan pembangunan secara nasional dan diharapkan mampu meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomu dan juga stabilitas nasional agar terciptanya suatu kesejahteraan masyarakat.

Sudah tidak bisa dipungkiri juga, bila saat ini bank sudah menjadi tempat pilihan yang paling utama bagi masyarakat Indonesia dalam menyimpan uangnya. Sebab sudah banyak juga masyarakat yang sadar bahwa menabung uang di bank adalah salah satu cara yang paling efektif dan aman untuk menyimpan uang, terlebih apabila nominal yang akan disimpan sangat banyak.

Apa saja Fungsi dari Bank Perkreditan Rakyat ?

Nah, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsinya bagi masyarakat dan mengapa sangat penting untuk dihadirkan di tengah penduduk terpencil. Berikut fungsinya.

Fungsi bprPin

  1. Memberikan Kesempatan Masyarakat Untuk Membuka Usaha

    Dengan semakin berkembangnya digital pada saat ini, tentu banyak anak muda yang mempunyai ide bisnis yang unik dan baru. Namun untuk mewujudkan ide tersebut, tentunya Anda memerlukan modal kekuangan yang cukup, dan salah satu yang dapat membantu Anda yaitu bank perkreditan rakyat.

    Ide bisnis yang unik dan baru tersebut tentu bukan saja berasal dari masyarakat perkotaan saja. Tetapi bisa juga berasal dari masyarakat yang tinggal di pedesaan. Maka dari itu fungsi dari jenis bank ini adalah memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk membuka badan usaha di sebuah perdesaan.

  2. Dapat Mempercepat Pembagunan Desa

    Jenis bank ini memang sangat banyak di bangun di desa, yang mana fungsi lain dari jenis bank ini adalah untuk membantu mempercepat pembangunan yang ada di dalam suatu desa tersebut.

    Yang mana tujuan dari bank perkreditan rakyat agar seluruh desa yang terdapat di Indonesia tidak lagi ketinggalan zaman karena kekurangan informasi terkait dunia usaha lainnya.

    Selain itu, tujuan dari bank ini juga membuat suatu desa agar lebih maju dari yang sebelumnya dan memberikan pinjaman bank BPR pada desa agar mereka bisa melakukan pembangunan desa lebih cepat.

  3. Menyediakan Layanan Perbankan

    Fungsi lainnya yaitu menyediakan pelayanan perbankan yang bisa digunakan oleh setiap warga pedesaan atau wilayah terpencil. Layanan perbankan yang disediakan sangat membantu, terkhusus bagi pedesaan yang memiliki jarak sangat jauh dengan bank umum yang ada di pusat kota.

    Dengan layanan perbankan ini tentu membantu masyarakat desa dalam memperoleh pelayanan perbankan tanpa harus pergi menempuh perjalanan yang jauh untuk ke kota.

Jenis-Jenis Bank Perkreditan Rakyat

Berdasarkan kepemilikannya jenis bank perkreditan rakyat ini terbagi menjadi dua, yaitu Bank Perkreditan Rakyat yang dimiliki oleh Pemerintah (Umumnya Pemerintah Daerah Tingkat II) dan yang kedua yaitu Bank Perkreditan Rakyat Swasta.

Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

Namun jika dilihat dari pengelolaannya, maka jenis bank ini terbagi menjadi dua, yaitu Bank Perkreditan Rakyat Konvensional dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS).

Berdasarkan jenisnya, maka BPR dapat digolongkan menjadi tiga yaitu:

  • Badan Kredit Desa (BKD) – Badan kredit desa atau BKD adalah lembaga keuangan yang beroperasi di wilayah pendesaan. Namun pada tahun 1992, melalui Undang-Undang Perbankan, BKD ini diberikan status sebagai BPR namun dengan karakteristik yang unik. Contoh BPR ini adalah Bank Desa dan Lumbang Desa.
  • Bukan Badan Kredit Desa – Adapun contoh BPR bukan badan kredit desa ini yaitu LDKP (Lembaga Dana Kredit Pedesaan), bank pasar, BKPD (Bank Karya Produksi Desa), dan yang terakhir bank pegawai.
  • LDKP (Lembaga Dana dan Kredit Pedesaan) – Jenis LDKP ini dapat berwujud perusahaan daerah (PD), koperasi, perseroan terbatas (PT), dan bentuk lainnya yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Baca Juga: Apa Itu Kebijakan Diskonto Dan Fungsi Penerapannya Bagi Industri Bisnis?

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Saja Produk Bank Perkreditan Rakyat?

Berikut terdapat beberapa jenis produk dari bank perkreditan rakyat yaitu :

  • Deposito

    Jenis produk BPR pada deposito tentu memiliki relatif sama dengan yang ditawarkan bank umum. Misalnya bunga deposito yang ditawarkan oleh pihak bank rata-rata berada di angka 6% per tahun.

    Namun adapun skema mulai dari 1,3,6 hingga 12 bulan. Selain itu adapun hal menarik yang ditawarkan oleh beberapa jenis bank ini terkait produk depositonya, yaitu adanya ketentuan bahwa nasabah dapat menarik danaynya kapan saja tanpa ada penalti.

  • Tabungan

    Apabila Anda menabung di BPR, tentunya nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi pada saat pembukuan maupun menutupan rekening. Selain itu biaya setoran awal pun terbilang sangat ringan.

    Biaya yang harus di setor yaitu kisaran Rp. 10.000 – Rp. 100.000. Selain itu nasabah juga bisa dapat mengambil dananya kapan saja, kecuali untuk jenis tabungan berjangka.

  • Kredit Bank Perkreditan Rakyat

    Untuk produk kredit atau pinjaman bank BPR tentu memiliki jenis kredit yang cukup beragam. Namun hal tersebut tergantung dari masing-masing inovasi BPR. Secara umum fasilitas produk BPR yang ditawarkan pada pinjaman bank BPR adalah kredit usaha, kredit pemilik rumah, kredit usaha kecil, kredit kepemilikan tanah dan lainnya.

    Untuk persyaratan kredit atau pinjaman pada produk BPR ini juga tidak jauh berbeda dengan persyaratan yang diberlakukan oleh bank umum lainnya.

Itulah penjelasan menganai apa itu pengertian, jenis, fungsi dan produk yang harus Anda ketahui. Apabila Anda adalah salah satu masyarakat yang berhasil mendapatkan kredit modal dari Bank Perkreditan Rakyat, maka Anda juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar pinjaman tidak meningkat dan tidak terkena denda keterlambatan dalam membayar.

Agar mempermudah Anda dalam mengelola dana dengan baik, maka gunakan software akuntansi seperti Harmony. Aplikasi akuntansi ini bisa membantu kegiatan akutansi pengelolaan dana usaha menjadi lebih mudah dan juga cepat.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony di sini.

Like dan follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar Anda senantiasa update info menarik dan penawaran spesial lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony