Harmony Blog

Afiliasi Adalah Bisnis Yang Menguntungkan, Cari Tahu Cara Kerjanya

Diposting Agu 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Afiliasi AdalahPin

Dalam berbagai cara, program afiliasi adalah jenis bisnis yang menguntungkan. Program afiliasi biasanya melibatkan influencer atau siapa pun yang mempromosikan dan merekomendasikan suatu merek agar dipakai atau dibeli oleh masyarakat umum.

Agar afiliasi adalah menjadi suatu prospek maksimal, sebaiknya gunakan metode pemasaran media sosial atau pemasaran online. Seperti yang diketahui, perilaku konsumen di era digital sekarang, begitu lekat dengan teknologi internet. Maka itu, program afiliasi yang memikat perhatian khalayak umumnya juga memanfaatkan platform online.

Program afiliasi adalah taktik penjualan online dengan cara merekomendasikan suatu produk atau jasa ke masyarakat untuk mendapatkan komisi atau upah.Click to Tweet

Bukan hanya brand bisnis kecil atau UMKM yang menggunakan strategi pemasaran online. Cara daftar UMKM sekarang sudah bisa lewat daring, lho! Harapannya, dengan website atau metode online, akan semakin banyak pelaku UMKM yang antusias memajukan perekonomian bangsa.

Pengertian Program Afiliasi Adalah

Sebenarnya, program afiliasi adalah suatu keterlibatan antara dua atau lebih pihak yang saling menguntungkan dari penjualan produk atau jasa. Sebagai contoh afiliasi adalah influencer atau selebgram merekomendasikan bedak merek A kepada followersnya. Nantinya, produsen bedak merek A akan memberikan komisi atau bayaran sebagai upah kepada si influencer.

Pengertian afiliasi adalahPin

Sekarang, siapa saja bisa mengikuti program afiliasi. Semakin banyak orang yang menawarkan atau mempromosikan, maka produk atau jasa akan semakin terkenal. Atas produk atau jasa yang terjual, Anda juga bisa mendapatkan tambahan uang dari program afiliasi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa program afiliasi adalah salah satu bisnis sampingan yang cukup menguntungkan. Tidak perlu modal atau minim modal, namun hasilnya lumayan besar.

Cara Kerja Program Afiliasi Adalah

Program afiliasi adalah salah satu metode pemasaran produk atau jasa yang sangat sederhana. Cara kerjanya melibatkan produsen/ pemilik bisnis, influencer/ affiliator, serta pelanggan.

Berikut adalah tahapan cara kerja program afiliasi:

  1. Bergabung Program Afiliasi

    Pertama, Anda perlu melakukan registrasi atau daftar terlebih dahulu program afiliasi yang ditawarkan. Nantinya, Anda akan mendapatkan kode referral tertentu untuk dibagikan ke teman, keluarga, atau kerabat melalui media sosial, Whatsapp, atau platform tertentu.

    Bisnis afiliasi pemasaran adalah suatu strategi agar Anda bisa mendapatkan poin atau bayaran/ reward yang bisa diklaim.

  2. Mempromosikan Program Afiliasi

    Ada banyak cara mempromosikan program afiliasi yang Anda ikuti. Contoh afiliasi adalah pemasaran melalui artikel blog. Tuliskan pengalaman pribadi atau ulasan tentang suatu produk maupun jasa yang pernah Anda pakai secara jujur. Jelaskan apa kelebihan dan kelemahannya agar pembaca tertarik membelinya.

    Di akhir artikel, jangan lupa berikan kode referral Anda yang bisa dipakai oleh para pembaca agar bisa mendapatkan diskon atau reward yang sama.

  3. Afiliasi Pemasaran Adalah Marketing Medsos

    Selanjutnya, cara kerja afiliasi pemasaran adalah marketing medsos untuk mempromosikan atau memposting tentang produk atau jasa tertentu di akun medsos. Sertakan foto yang fokus dan menarik agar audiens mudah mengenali produk atau jasa tersebut. Berikan caption dan keterangan yang mengulas produk tersebut secara padat, singkat, tapi atraktif.

  4. Cantumkan Kode Referral

    Program afiliasi adalah taktik penjualan online dengan cara merekomendasikan suatu produk atau jasa ke masyarakat untuk mendapatkan komisi atau upah. Lalu, bagaimana agar orang tertarik membeli atau memakai produk tersebut? Salah satunya pakai kode referral. Kode ini bila dipakai checkout bisa berupa mendapatkan diskon atau potongan harga, gratis ongkos kirim, dan sebagainya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Afiliasi Adalah

Menurut Business Insider, program afiliasi adalah strategi pemasaran yang efektif untuk e-commerce dan bisnis umumnya. Contoh contoh afiliasi adalah sebagai berikut:

  1. Program Afiliasi Etsy

    Meski komisinya hanya 4%, Etsy memiliki program afiliasi yang paling menarik dengan berbagai jenis produk yang menjangkau audiens secara luas.

  2. Program Afiliasi Ebay

    Dengan komisi yang sangat tinggi, antara 40% dan 80%, program afiliasi eBay bersaing dengan Amazon. Menawarkan berbagai solusi untuk memonetisasi website dan aplikasi pihak ketiga.

  3. Program Afiliasi Aliexpress

    AliExpress bersaing dengan meluncurkan program afiliasi di dunia e-commerce yang cukup kompetitif. Komisinya antara 30-50%.

Apakah Anda pebisnis online atau pelaku UMKM yang ingin mencoba program afiliasi? Perlu diingat, terlepas dari sektor dan skala bisnis Anda, semua pebisnis bisa menerapkan program afiliasi yang sukses dengan caranya masing-masing.

Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung program afiliasi Anda dan mengelola pembukuan secara lebih modern. Didukung fitur dan modul akunting terpercaya, Software Akuntansi Harmony sudah dibuktikan oleh ribuan klien di seluruh Indonesia dapat membantu menyelesaikan pembukuan tanpa ribet.

Silakan coba aja dulu Software Akuntansi Harmony secara GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini. Pahami detail fitur-fitur lainnya, dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony