Harmony » Blog » 

5 Tips Meningkatkan Sales Growth dan Cara Menghitungnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 27, 2021

Untuk Anda yang sedang menjalankan rencana strategis dalam bisnis atau pernah terjun langsung ke dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sales growth, ya. Tapi untuk seseorang pemula yang baru saja berminat untuk terjun ke dunia bisnis, mungkin saja belum mengetahui apa yang dimaksud dengan sales growth ini.

Sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang bisa menunjukkan perkembangan suatu perusahaan atau pertumbuhan penjualan dari waktu ke waktu.Click to Tweet

Nah, bagi yang masih bingung mengenai sales growth, baca pembahasan kali ini hingga selesai ya karena Anda akan mengetahui 5 tips meningkatkan sales growth dan bagaimana cara menghitungnya.

Pengertian Sales Growth

Sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang bisa menunjukan perkembangan suatu perusahaan atau pertumbuhan penjualan dari waktu ke waktu. Sales growth adalah salah satu aspek yang paling penting sehingga harus diperhatikan apa saja perkembangan yang terjadi.

Apakah ada kerugian jika tidak ada sales growth? Tentu saja ada, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sales growth adalah hal penting dan tanpa adanya pertumbuhan penjualan maka bisa dikatakan suatu bisnis tidak dapat berkembang.

5 Tips Meningkatkan Sales Growth

Penting bagi Anda untuk meningkatkan penjualan dan memperhatikan perkembangannya. Berikut ini kami berikan 5 tipsnya.

meningkatkan sales growth

  1. Menyelaraskan Sales dan Marketing

    Penjualan adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan bisnis. Dengan adanya penjualan yang meningkat maka bisa dipastikan suatu bisnis akan berjalan dengan baik. Cara yang pertama adalah menyelaraskan sales dan strategis pemasaran usaha.

    Banyak orang yang menganggap sales dan marketing sama saja, padahal berbeda namun keduanya sama penting. Biaya lebih akan dikeluarkan oleh perusahaan jika sales tidak mengoptimalkan marketing. Agar pertumbuhan penjualan meningkat, jangan lupa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran produk.

  2. Menambahkah Rangkaian Produk

    Cara pemasaran bisnis yang ideal untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan yaitu dengan menambah varian produk. Sebagai contohnya suatu perusahaan memproduksi smartphone, dan perusahaan tersebut bisa menambahkan berbagai rangkaian produk yang berhubungan dengan smartphone seperti casing, headset dan berbagai aksesoris lainnya. Dengan cara demikian, para pelanggan akan lebih berminat untuk membeli dan pertumbuhan penjualan juga akan meningkat.

  3. Investasi di Customer Acquisition

    Berinvestasi di customer acquisition adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan adanya customer acquisition Anda akan menarik para pelanggan baru agar bisa lebih dekat dengan bisnis yang Anda jalankan. Jika pelanggan baru sudah mengenal bisnis Anda, pertumbuhan penjualan pun akan meningkat.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Memperluas Jaringan Penjualan

    Memperluas jaringan penjualan adalah tips yang ampuh untuk pertumbuhan penjualan. Dengan jaringan penjualan yang lebih luas maka pelanggan bisnismu juga akan meningkat bahkan secara drastis.

  5. Fokus ke Kekuatan Bisnis

    Dan yang terakhir adalah ke kekuatan bisnis yang dimiliki. Inovasi memang bisa mendatangkan pelanggan baru, namun fokus ke kekuatan bisnis juga akan ikut menyumbang sales dengan jumlah yang sama besarnya.

Bagaimana Cara Menghitungnya?

Setelah mengetahui apa saja tips untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan maka Anda akan mengetahui cara menghitungnya.

Cara menghitung sales growth sangat mudah, yaitu dengan mengurangi jumlah penjualan di periode sekarang dengan periode sebelumnya setelah itu, Anda dapat membaginya dengan penjualan di periode sebelumnya, lalu kalikan dengan 100. Contohnya bisa Anda lihat di bawah ini:

(Penjualan periode ini – Penjualan periode sebelumnya) / Penjualan periode sebelumnya x 100

Untuk perusahaan besar, sales growth sebesar 5-10% dianggap baik. Sedangkan untuk perusahaan menengah pertumbuhan penjualan yang diharapkan sebesar 10%.

Penjualan adalah “jantung” utama dalam sebuah bisnis dan Anda bisa melakukan pencatatan transaksi secara lebih modern dengan Software Akuntansi Harmony. Sistem akuntansi ini berbasis cloud atau online yang memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Fitur fungsional yang dihadirkan Software Akuntansi Harmony mendukung kelancaran sistem pembukuan dan laporan keuangan yang lebih modern, praktis, dan rapi. Bahkan, terdapat fitur rekonsiliasi bank otomatis untuk meminimalisir kesalahan input manual.

Segera beralih menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS trial 30 days di link ini. Kini Anda juga bisa memperoleh berbagai info finansial, bisnis, marketing dan lainnya lewat akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram