Harmony Blog

5 Tips Manajemen Usaha Yang Perlu Anda Terapkan

Diposting Mar 17th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

manajemen usaha- HarmonyPin

Manajemen usaha adalah suatu kegiatan yang mengatur segala hal dalam menjalankan usaha sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang diharapkan sebuah perusahaan, manajemen usaha ini juga berlaku untuk setiap jenis perusahaan apa saja.

Adanya manajemen usaha yang baik maka semakin dekat mendapatkan kesuksesan dan mampu mengembangkan bisnis yang lebih besar.Click to Tweet

Dalam proses mengatur segala kegiatan usaha merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar roda usaha dapat berjalan dengan lancar dan mampu mencapai setiap target yang sudah direncanakan sebelumnya.

Selain itu, apabila suatu perusahaan menjalankan manajemen usahanya dengan baik, maka dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam perusahaan.

Manajemen usaha ini tentu dapat mempermudah berbagai pekerjaan, khususnya dalam mengarahkan dan mengoptimalkan segala sumber daya dalam perusahaan. Baik itu sumber daya manusia, sistem perusahaan dan berbagai aset usaha lainnya.

Apa Itu Manajemen Usaha?

Sebelumnya, manajemen merupakan suatu proses merencanakan, mengorganisasi sampai dengan mengendalikan semua kegiatan apapun termasuk usaha. Hal ini dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan bersama secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan sumber daya.

Sedangkan untuk manajemen usaha adalah suatu proses kegiatan yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian sumber daya yang ada dan memaksimalkan hasil yang didapatkan.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen usaha ini juga sering terkait dengan manajemen operasi yaitu kegiatan pengaturan di berbagai sektor yang dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien. Tujuan manajemen usaha ini untuk mendapatkan suatu hasil atau kinerja yang maksimal pada sebuah bisnis.

Hal ini bisa berjalan dengan baik apabila adanya kerja sama yang baik di dalam sebuah tim, dan tidak bekerja sendiri-sendiri.

5 Tips Manajemen Usaha yang Penting Untuk Diterapkan

Berikut di bawah ini terdapat tips manajemen bisnis yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis yang baik dan menguntungkan.

  1. Mendeskripsikan Kegiatan Usaha Secara Jelas

    Apapun jenis usaha yang akan Anda jalankan, pastikan bahwa Anda memiliki deskripsi bisnis secara jelas dan mampu dipahami secara mudah oleh semua orang.

    Hal dalam mendeskrispi harus mencakup bentuk dan produk yang nantinya akan dijual atau ditawarkan, untung dan rugi, biaya operasioanal, harga yang dipatok hingga sistem kerja dalam sebuah bisnis tersebut.

    Dalam melakukan manajemen bisnis Anda juga perlu menetapkan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Selain itu jangan lupa jelaskan juga manajemen inti seperti lokasi bisnis, konsep, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.

    Mendeskripsi bisnis secara jelasPin

  2. Menetapkan Strategi Pemasaran

    Ada beberapa hal dalam menetapkan strategi pemasaran, berikut terdapat 3 cara dalam melakukan strategi pemasaran yaitu:

    1.  Gunakan STP Untuk Menentukan Pasar – Umumnya, kesalahan yang sering terjadi dilakukan oleh calon pengusaha adalah terlalu fokus pada setiap manfaat produknya saja, tanpa memperhatikan setiap calon konsumennya. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan strategi STP atau Segmentasi, Target, dan Posisi Produk. Hal ini dilakukan dengan cara mencari tahu siapa saja segmen konsumen dalam bisnis Anda, lalu tentukanlah target konsumen. Setelah itu, posisikan atau sesuaikan produk Anda pada setiap kebutuhan dan keinginan konsumen. Cara ini sangat efektif dalam membangun produk Ada agar bisa masuk pasar yang sudah ada atau Anda ciptakan sendiri.
    2. Perhatikan Marketing Mix 7P – Biasanya pebisnis cenderung melupakan hal penting ini yaitu pembahasan dasar marketing mix 7P, yaitu Place, Product, Promotion, People, Physical, Product, dan Process. Tentunya elemen marketing mix ini sangat berguna dalam manajemen bisnis, salah satunya untuk merencanakan strategi pemasaran dan manajemen operasional dalam perusahaan Anda.
    3. Manfaatkan Marketing Tools Yang Tepat – Dalam marketing tools ini tentu penting sebagai alat pemantau, promosi, dan evaluasi dalam mengembangkan bisnis yang sudah Anda rintis. Lalu sesuaikan toolsnya berdasarkan anggaran dan kebutuhan bisnis Anda. Namun dalam penggunaan tools ini harus dilakukan tepat, sebab jika pengunaannya tidak baik dan asal-asalan maka akan merugikan perusahaan Anda. Contoh manajemen usaha pada marketing tools ini adalah ketika Anda melakukan penjualan online yang berfokus pada media online saja, maka Anda tidak harus menggunakan periklanan dari offline.
  3. Rekrut Karyawan Profesional

    Seiiring berjalannya waktu, bisnis yang Anda jalankan akan semakin besar dan berkembang. Maka Anda juga perlu melakukan contoh manajemen usaha dengan cara merekrut karyawan baru yang berkompeten di bidangnya.

    Temukan karyawan yang mampu bersikap baik dan juga berkualitas agar mampu bekerja sama. Tentu menjadi perhatian ketika diperlukan dalam melakukan manajemen proyek dalam tim.

    Hal ini juga menjadi upaya mencapai tujuan manajemen usaha. Sehingga Anda juga akan lebih mudah memberikan pengarahan dan ingatlah karyawan Anda merupakan aset perusahaan, bukan hanya sebagai tenaga kerja saja.

    Merekrut karyawan yang berkualitasPin

  4. Lakukan Perencanaan Keuangan

    Hal yang paling penting Anda lakukan dalam manajemen usaha adalah perencanaan keuangan bisnis yang tepat. Seringkali pebisnis mengalami kegagalan dikarenakan masalah kas atau keuangan yang tidak sehat dan tanpa perencanaan yang matang.

    Sebab tidak selamanya bisnis selalu memiliki keuntungan yang besar, kadang Anda merasakan dan melihat periode bisnis yang sepi sehingga butuh waktu untuk mencapai titik impas seperti semula.

    Jadi sebagai pebisnis juga harus cermat menyimpan sejumlah uang kas di rekening bank untuk dijadikan sebagai operasioanal bisnis dan mengelolanya untuk masa mendatang.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Hal ini juga tidak lepas dari adanya manajemen pembukuan yang baik dan benar, apabila pembukuan keuangan Anda berantakan maka bisnis Anda tentu tidak akan berjalan dengan baik.

    Namun untuk memudahkan pencatatan keuangan bisnis yang lebih baik dan praktis, Anda dapat menggunakan jasa pembukuan dalam membantu Anda. Jasa ini mampu menghitung setiap transaksi Anda, unsur pajak, dan juga melaporkan pajak bisnis Anda.

  5. Manfaatkan Teknologi Untuk Kemudahan Bisnis

    Dengan semakin berkembangnya revolusi industri saat ini, tentu apa saja yang dilakukan akan semakin mudah. Contoh manajemen usaha yang saat ini penting adalah teknologi. Teknologi merupakan alat yang sangat membantu setiap kehidupan manusia, tidak terkecuali juga di dalam dunia bisnis.

Tujuan manajemen usaha dengan memanfaatkan teknologi juga dapat digunakan sebagai fungsi manajemen controlling atau pengendalian atas operasional perusahaan.

Tidak perlu khawatir, jika Anda tidak memiliki background akuntansi dan belum memiliki akuntan pribadi untuk usaha Anda. Kini pembukuan berbasis teknologi akan membantu Anda dalam pencatatan transaksi setiap harinya.

Misalnya, Anda dapat menggunakan software akuntansi, seperti Harmony. Apa sih itu? Harmony adalah sistem pembukuan online yang bisa membantu Anda mengelola keuangan usaha dengan cepat dan tanpa repot. Harmony praktis dan mudah digunakan dengan berbagai fitur praktisnya serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Fallow juga akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK