Harmony » Blog » 

5 Tips After Sales Service dan Pentingnya Bagi Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 23, 2021

Di era modern ini, persaingan bisnis antar perusahaan semakin meningkat. Dari kompetisi penjualan ini munculah berbagai macam cara untuk mempertahankan posisi perusahaan.

Salah satu cara yang paling sering digunakan yaitu after sales service. After sales service adalah layanan dari perusahaan setelah konsumen membeli produk mereka.

Dilihat dari sisi perusahaan, after sales service adalah proses untuk memastikan konsumen puas dengan produk mereka. Dari rasa kepuasan inilah akan terbentuk hubungan baik antara konsumen dan penjual (perusahaan).

Etika after sales service yang baik akan membuat customer merasa dihargai. Misalnya, ucapan terima kasih lewat email, telepon, maupun kartu ucapan.Click to Tweet

Pengertian hubungan baik ini tidak langsung diartikan ke pembelian kedua, ketiga, dan seterusnya. Perusahaan berharap hubungan baik after sales service adalah meningkatnya jumlah konsumen yang merekomendasikan produk mereka ke kerabatnya, teman-temannya, hingga keluarganya.

Hubungan after sales service yang baik dan berlangsung cukup lama akan memunculkan loyalitas konsumen pada produk perusahaan. Melalui layanan after sales service konsumen dapat menyampaikan saran dan pendapatnya, sehingga perusahaan lebih mudah mempelajari selera konsumen.

Tips Mendukung After Sales Service

Untuk menerapkan layanan after sales service, dibutuhkan rencana strategis untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, terapkan lima tips after sales service berikut.

  1. Menghargai Pelanggan

    Hal paling dasar yang harus dilakukan adalah mengucapkan terima kasih setelah transaksi selesai. Etika yang baik akan membuat customer merasa dihargai. Ucapan terima kasih juga dapat dilakukan lewat email, telepon, maupun kartu ucapan.

  2. Komunikasi

    Kunci after sales service yang harmonis adalah memahami komunikasi bisnis. Dalam hal ini customer support memegang peranan penting untuk menjawab pertanyaan customer, menerima pendapat, serta memberi pelayanan yang baik.

  3. Menginformasikan Produk

    Customer support juga berperan memberikan rekomendasi produk serta menginfokan voucher diskon untuk produk tertentu. Artinya customer support harus mengetahui semua informasi sebelum memberi rekomendasi pada customer.

  4. Garansi/ Spare Part

    Salah satu faktor penting dalam layanan after sales service yaitu garansi dan penyediaan spare part. Garansi ditawarkan supaya konsumen meyakini produk yang mereka beli dalam kondisi baik dan bebas dari kesalahan penggunaan material.

  5. Service Perbaikan/ Pemeliharaan

    Sementara suku cadang disediakan untuk memperbaiki kerusakan produk. Jika perusahaan tidak menyediakan suku cadang, saat produk customer rusak maka tidak dapat digunakan kembali. Kenyataannya tidak ada produk yang sempurna sepanjang masa, sehingga penting bagi perusahaan menyediakan suku cadang.

    Poin penting lainnya setelah perusahaan menyediakan suku cadang adalah memberikan service perbaikan dan pemeliharaan. Service dibutuhkan supaya produk dapat terus berfungsi dengan baik, serta memperbaiki kerusakan penggunaan produk.

Untuk melengkapi service, sediakan pula fasilitas seperti pre order, serta kelengkapan produk lainnya. Sehingga, proses service dan perbaikan produk dapat berjalan lancar.

[elementor-template id="26379"]

Contoh Penerapan After Sales Service

Contoh kegiatan penjualan yang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan after sales service terbagi dalam dua fokus, yaitu pemberian voucher dan kualitas pengemasan produk.

Penerapan-After-Sales-Service1

Pengiriman dan pengemasan yang baik, dapat melindungi kualitas penjualan produk didalamnya. Suatu kemasan yang berkualitas akan memiliki nilai lebih di mata calon konsumen. Bandingkan apabila kemasan dibuat seadanya, para calon konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk mengambil produk tersebut.

Pemberian kupon atau voucher merupakan strategi pemasaran untuk memunculkan keinginan konsumen untuk membeli produk mereka. Biasanya kupon belanja ini bersifat terbatas atau hanya muncul di waktu-waktu tertentu, sehingga calon konsumen termotivasi untuk berbelanja sebelum masa berlakunya habis.

Selain meningkatkan after sales service yang berkualitas, sangat penting membuat pembukuan keuangan secara rapi, akurat dan real time. Dengan cara memanfaatkan pembukuan Software Akuntansi Harmony yang modern dan berbasis teknologi cloud.

Software Akuntansi Harmony juga memiliki berbagai fitur menarik termasuk dapat mengelola arus kas dengan baik, rekonsiliasi bank otomatis, mengirimkan invoice dengan share link, membuat berbagai macam laporan keuangan lainnya secara GRATIS klik di sini untuk Masa trial 30 hari.

Hal ini karena didukung oleh 400+ fitur akuntansi lengkap yang dibuatkan untuk pebisnis dan UKM. Software akuntansi ini juga mudah digunakan bagi Anda yang tidak memiliki background accounting sekalipun. Dapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya, dengan mengikuti akun sosial media Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram