Ketika penjualan produk Anda menurun, Apa yang akan Anda lakukan? Mencari investor baru, mencari dana pinjaman ke bank, bahkan banyak pebisnis yang sampai melakukan penjualan aset hanya untuk mendapatkan modal baru untuk mempertahankan bisnisnya. Faktor penyebabnya mungkin Anda harus mengetahui dalam manajemen bisnis, yang berarti perubahan konsumen yang berstatus “masih calon konsumen” menjadi “konsumen potensial” yang membeli produk Anda. Dalam artikel kali ini akan dibahas strategi rahasia meningkatkan konversi penjualan.
Banyak pebisnis yang tidak mengetahui strategi meningkatkan konversi penjualan, padahal sumberdaya dalam bisnisnya sudah banyak.
Table of Contents
Istilah lead sering digunakan dalam dunia pemasaran yang kita kenal dengan calon konsumen, hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yakni tindakan segmentasi pasar dan positioning, mungkin penjualan Anda menurun salah satunya faktor salah menentukan target pasar dan calon konsumen sehingga harus Anda perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa memperbaiki dengan mengelompokan kembali calon konsumen yang bisa dijadikan sumber lead baru.
Bila Anda sudah terbiasa dengan melakukan penjualan secara offline, mulailah dengan mencoba penjualan secara online. Sistem online di jaman sekarang ini hampir semua orang dapat mengakses online, hal tersebut dapat memangkas biaya-biaya yang Anda biasa keluarkan bila penjualan offline dengan online Anda dapat menghemat. Anda dapat memulai dengan strategi promosi marketplace, atau promosi menggunakan sosial media dengan membuat copywriting yang nanti bisa di blast pada semua channel sosial media Anda, menawarkan harga promo limited edition dan masih banyak lagi.
[elementor-template id="26379"]
Anda bisa berinovasi dengan membuat konten video menarik untuk mempromosikan produk Anda dengan membuat video tutorial penggunaan produk Anda, sehingga video tersebut Anda bisa share ke media social atau website bisnis Anda sendiri. Biasanya durasi video tidak begitu panjang, tetapi harus singkat, tp tidak memaksa untuk jualan lebih ke samar-samar education produk. Berbeda dengan iklan promosi produk biasaya video-nya langsung mengarahkan pada penjualan seperti iklan promosi produk di media massa.
Dalam pengiriman konten menggunakan email Anda harus perhatikan, antara lain:
a. Siapkan materi isi email yang menarik
b. Buatlah skema pengiriman email, usahakan 2-3 kali dalam seminggu
c. Email pertama, kirimkan sesuatu melalui email sebagai tAnda terima kasih, misalnya dengan memberikan ebook.
d. Email kedua, ajak mereka untuk dapat kunjungi website bisnis Anda.
e. Email ketiga, ajak lebih intens memperkenalkan product knowledge, dan kasih call to action untuk membeli produk Anda.
Baca juga : Strategi Bisnis Paling Ampuh Untuk Mendatangkan Penjualan
Pemasaran secara online saat ini sudah berkembang pesat, karena dengan kecanggihan teknologi bisa Anda dapat meningkatkan konversi penjualan. Teknologi juga bisa menjadi sebuah strategi bisnis yang akan dijalankan nantinya. Bahkan dengan adanya teknologi Anda bisa lebih berhemat dengan memangkas ongkos produksi dan mengeluarkan biaya minim untuk produksi.
Anda bisa menggunakan dua cara online marketing, SEO (search engine optimization) dan SMO (social media optimization).
Seperti pada pembuatan pembukuan laporan keuangan Anda, dahulu kala para pebisnis, membayar lebih biaya untuk merekrut akuntan publik untuk merapikan pembukuan laporan keuangan bisnisnya. Namun di era teknologi cloud saat ini, kini Anda sudah bisa menikmati satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.