Jika Anda adalah seorang pebisnis, metode penetapan harga merupakan salah satu aspek terpenting pada sebuah produk. Harga sangat berperan dalam kesepakatan jual beli antara penjual dan konsumen. Selain itu, dengan mengetahui harga pokok produksi, akan lebih mudah bagi perusahaan mengelompokkan barang atau jasa sesuai nilai ekonominya.
Jika salah dalam menentukan harga pokok produksi, besar kemungkinan suatu produk akan kalah di pasaran.
Sayangnya, kadang para pelaku bisnis kesulitan dalam menentukan metode penetapan harga pokok produksi yang tepat. Karena memang harga dari sebuah produk sangat berperan dalam peningkatan penjualan perusahaan.
Jika kita salah dalam menentukan harga pokok produksi, bisa dikatakan produk anda akan kalah di pasaran. Oleh karena itu, perlu adanya metode penetapan harga produk yang pas sebelum produk dapat beredar di pasaran.
Table of Contents
Untuk bisa menentukan harga dari sebuah produk, Anda perlu mengetahui pendekatan atau metode penentuan harga jual serta target dari produk yang akan dijual. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menetapkan harga yang sesuai dan tepat. Dan berikut adalah pendekatan untuk menetapkan harga.
Cara ini digunakan ketika persaingan pasar cukup ketat, atau kondisi pasar berada pada titik jenuh dan banyak pesaing yang sudah lebih dulu menjual produk yang akan dijual. Cara penetapan harga secara penetration adalah dengan mematok harga yang paling rendah sehingga segmentasi pasar akan beralih pada harga yang lebih rendah.
Cara ini digunakan ketika produk anda belum pernah ada di pasaran, atau bisa dikatakan produk anda tidak memiliki pesaing. Cara penetapan harga ini adalah dengan memasang harga yang paling tinggi, sehingga keuntungan yang didapat juga akan semakin besar.
Harga sangat berperan dalam penjualan produk serta perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi atau metode untuk menetapkan harga secara baik dan benar, sehingga perusahaan akan diuntungkan dengan penjualan produk tersebut.
Setiap produsen ataupun perusahaan memiliki metode penetapan harga yang berbeda-beda sesuai dengan kualifikasi produk perusahaan tersebut. Dan berikut adalah beberapa metode penetapan harga yang wajib diketahui.
Markup adalah metode penetapan harga yang berpedoman pada harga awal produk atau harga beli yang dijumlahkan dengan keuntungan. Dengan metode ini, perusahaan biasanya menaikkan sekian persen dari harga beli produk berdasarkan penambahan biaya lain, sehingga keadaan harga masih tetap bisa bersaing.
Metode penetapan harga ini dilakukan dengan berpatokan pada pesaing yang telah menjual produk sejenis di pasaran. Dengan tetap memantau perkembangan harga di pasaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk mematok harga yang lebih rendah. Yang juga harus diperhatikan adalah, jangan terlalu mematok harga yang terlalu rendah, karena akan merusak harga di pasaran yang nantinya akan berdampak pada perusahaan juga.
BEP atau Break Even Point merupakan metode penetapan harga jual yang berpedoman pada total biaya pengelaran dan hasil yang diterima secara menyeluruh. Di mana metode penetapan harga ini bertujuan untuk menemukan keseimbangan pasar. Nyatanya harga pokok produksi dan harga jual ini adalah bagian penting dalam laporan keuangan.
[elementor-template id="26379"]
Metode penetapan harga ini adalah dengan mendengarkan keluh kesah konsumen untuk bisa mendapatkan pasar. Terdapat beberapa faktor yang turut berpengaruh pada metode penetapan harga ini, dimana faktor tersebut merupakan hasil daya atau negosiasi konsumen ketika tranksaksi. Meskipun harga berdasarkan permintaan pasar, tentunya kualitas dan kuantitas juga harus tetap dijaga agar konsumen akan kembali untuk membeli produk Anda.
Penetapan biaya harga plus merupakan metode penetapan harga yang menerapkan penghitungan jumlah keseluruhan biaya yang digunakan. Kemudian, ditambahkan dengan satuan jumlah tertentu untuk menentukan laba atau bisanya disebut dengan istilah margin. Metode penerapan harga ini merupakan metode yang banyak digunakan produsen atau perusahaan dalam menentukan harga sebuah produk.
Dengan menetapkan harga yang tepat, maka omzet serta laba yang akan Anda peroleh pun akan bisa diprediksi dengan baik. Selanjutnya Anda juga memerlukan sebuah rangkuman dari setiap kegiatan keuangan bisnis salah satunya laporan keuangan yang akurat dan mudah dibaca. Software Akuntansi Harmony siap membantu tugas akuntansi perusahaan menjadi lebih mudah, praktis, dan otomatis.
Fitur dan modulnya lengkap untuk menyelesaikan berbagai akuntansi dan keuangan. Mau bukti nyata? Pakai di sini sekarang Software Harmony GRATIS (30 days). Anda akan mendapatkan kemudahannya. Kemudian perluas wawasan dan insight Anda seputar finansial dan lainnya dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.
Untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional. Layanan jasa ini juga bisa membantu menghitung dan melaporkan pajak Anda. Tunggu apalagi? Yuk bergabung dengan Harmony.