Secara sederhana, metode inventory management adalah suatu cara untuk mengelola persediaan atau manajemen persediaan. Pada dasarnya, metode inventory management adalah manajemen persediaan atau inventaris yang melacak produk, bahan baku, stok, hingga penjualan.
Metode inventory management adalah bagian penting dari saluran distribusi. Sebab, dapat memastikan persediaan efektif dan efisien. Misalnya, membandingkan antara permintaan konsumen, menghitung harga pokok penjualan, atau memperkirakan penjualan untuk masa mendatang.
Pada akhirnya, metode inventory management adalah langkah visioner untuk menghindari faktor penghambat perdagangan Internasional, seperti kelebihan stok (overstock) atau kekurangan stok (understock).
Table of Contents
Nama lain metode inventory management adalah manajemen persediaan. Sedangkan, pengertian metode inventory management adalah suatu cara dalam melacak, mengontrol, mengelola persediaan bisnis saat dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan.
Inventory management dapat mengatur seluruh aliran barang. Mulai dari pembelian hingga penjualan. Memastikan bisnis selalu memiliki jumlah barang yang sesuai, di waktu yang tepat, dan waktu yang tepat.
Baca Juga: 3 Tahap Menghitung HPP Perusahaan Dagang Dengan Mudah
Apapun skala bisnisnya, secara umum terdapat beberapa metode inventory management adalah sebagai berikut:
JIT melibatkan memegang stok sesedikit mungkin, meniadakan biaya dan risiko yang terlibat dengan menyimpan sejumlah besar stok di gudang.
Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi persediaan yang menghasilkan keuntungan bagi Anda, dengan mengklasifikasikan barang ke dalam tingkatan yang berbeda.
Bisnis yang menggunakan dropshipping pada dasarnya mengalihdayakan semua aspek pengelolaan stok dan pengemasan.
Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa membeli dalam jumlah besar, maka harganya akan lebih murah. Metode ini bagus jika sebuah bisnis yakin bahwa produk mereka akan laku. Tetapi bisa saja merugi ketika permintaan konsumen tiba-tiba berubah.
Backorder adalah ketika pelanggan melakukan pemesanan untuk stok yang belum tersedia. Mirip seperti model bisnis pre-order.
[elementor-template id="26379"]
Teknik ini memungkinkan pengirim, biasanya grosir, untuk memberikan barang mereka kepada penerima, biasanya pengecer, tanpa penerima membayar barang di muka.
Pengirim masih memiliki barang, dan penerima membayar barang hanya jika barang tersebut benar-benar laku terjual.
Sistem ini hampir menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan persediaan. Produk dikirim ke gudang di mana mereka disortir dan disiapkan untuk pengiriman secepatnya. Biasanya dimuat ulang ke truk lain di gudang yang sama dan segera dikirim atau didistribusikan.
Teknik ini melibatkan penghitungan sejumlah kecil persediaan pada hari tertentu tanpa melakukan seluruh inventarisasi. Metode ini membantu bisnis Anda secara teratur memvalidasi tingkat inventaris yang akurat dengan software manajemen persediaan.
Bicara tentang software manajemen persediaan, sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah barang yang tepat, di mana tempatnya, dan kapan bisa dijual pada waktu yang tepat. Maka itu, software manajemen persediaan adalah aspek penting bagi bisnis distribusi barang.
Bisnis Anda sudah saatnya pakai Software Akuntansi Harmony yang menyediakan sistem manajemen persediaan dengan fitur lengkap dan terintegrasi. Anda bisa lebih mudah memantau dan melacak persediaan barang 24 jam, kapan saja dan dimana saja, lewat smartphone atau desktop.
Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.
Software Akuntansi Harmony menawarkan serangkaian fitur untuk meningkatkan manajemen persediaan. Mulai dari scan barcode, hingga akuntansi secara real time.
Dapat terintegrasi dengan fitur aplikasi unlimited user yang mendukung apapun kebutuhan bisnis Anda. Jangan tunda lagi, uji coba GRATIS selama 30 hari tanpa biaya apapun, klik di sini.
Termasuk fitur rekonsiliasi bank otomatis, smart invoice by Whatsapp/ email, paybills, hingga otomasi pembuatan laporan keuangan dengan lebih dari 20 template instan. Harmony juga hadir di medsos, follow akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook untuk mengenal lebih dekat kecanggihan fitur-fiturnya.