Harmony Blog

5 Metode Inventory Management dan Alasan Pentingnya Untuk Bisnis

Diposting Sep 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Inventory ManagementPin

Secara sederhana, metode inventory management adalah suatu cara untuk mengelola persediaan atau manajemen persediaan. Pada dasarnya, metode inventory management adalah manajemen persediaan atau inventaris yang melacak produk, bahan baku, stok, hingga penjualan.

Metode inventory management adalah suatu cara dalam melacak, mengontrol, mengelola persediaan bisnis saat dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan.Click to Tweet

Metode inventory management adalah bagian penting dari saluran distribusi. Sebab, dapat memastikan persediaan efektif dan efisien. Misalnya, membandingkan antara permintaan konsumen, menghitung harga pokok penjualan, atau memperkirakan penjualan untuk masa mendatang.

Pada akhirnya, metode inventory management adalah langkah visioner untuk menghindari faktor penghambat perdagangan Internasional, seperti kelebihan stok (overstock) atau kekurangan stok (understock).

Pengertian Metode Inventory Management Adalah

Nama lain metode inventory management adalah manajemen persediaan. Sedangkan, pengertian metode inventory management adalah suatu cara dalam melacak, mengontrol, mengelola persediaan bisnis saat dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan.

Apa itu inventory managementPin

Inventory management dapat mengatur seluruh aliran barang. Mulai dari pembelian hingga penjualan. Memastikan bisnis selalu memiliki jumlah barang yang sesuai, di waktu yang tepat, dan waktu yang tepat.

Baca Juga: 3 Tahap Menghitung HPP Perusahaan Dagang Dengan Mudah

8 Metode Inventory Management Adalah

Apapun skala bisnisnya, secara umum terdapat beberapa metode inventory management adalah sebagai berikut:

  1. Manajemen Persediaan Just-In-Time (JIT)

    JIT melibatkan memegang stok sesedikit mungkin, meniadakan biaya dan risiko yang terlibat dengan menyimpan sejumlah besar stok di gudang.

  2. Analisis Persediaan ABC (ABC Inventory Analysis)

    Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi persediaan yang menghasilkan keuntungan bagi Anda, dengan mengklasifikasikan barang ke dalam tingkatan yang berbeda.

  3. Pengiriman Drop (Dropshipping)

    Bisnis yang menggunakan dropshipping pada dasarnya mengalihdayakan semua aspek pengelolaan stok dan pengemasan.

  4. Pengiriman Massal (Bulk Shipments)

    Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa membeli dalam jumlah besar, maka harganya akan lebih murah. Metode ini bagus jika sebuah bisnis yakin bahwa produk mereka akan laku. Tetapi bisa saja merugi ketika permintaan konsumen tiba-tiba berubah.

  5. Pemesanan Di Awal (Backordering)

    Backorder adalah ketika pelanggan melakukan pemesanan untuk stok yang belum tersedia. Mirip seperti model bisnis pre-order.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  6. Konsinyasi (Consignment)

    Teknik ini memungkinkan pengirim, biasanya grosir, untuk memberikan barang mereka kepada penerima, biasanya pengecer, tanpa penerima membayar barang di muka.

    Pengirim masih memiliki barang, dan penerima membayar barang hanya jika barang tersebut benar-benar laku terjual.

  7. Cross-Docking

    Sistem ini hampir menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan persediaan. Produk dikirim ke gudang di mana mereka disortir dan disiapkan untuk pengiriman secepatnya. Biasanya dimuat ulang ke truk lain di gudang yang sama dan segera dikirim atau didistribusikan.

  8. Penghitungan Siklus (Cycle Counting)

    Teknik ini melibatkan penghitungan sejumlah kecil persediaan pada hari tertentu tanpa melakukan seluruh inventarisasi. Metode ini membantu bisnis Anda secara teratur memvalidasi tingkat inventaris yang akurat dengan software manajemen persediaan.

Bicara tentang software manajemen persediaan, sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah barang yang tepat, di mana tempatnya, dan kapan bisa dijual pada waktu yang tepat. Maka itu, software manajemen persediaan adalah aspek penting bagi bisnis distribusi barang.

Bisnis Anda sudah saatnya pakai Software Akuntansi Harmony yang menyediakan sistem manajemen persediaan dengan fitur lengkap dan terintegrasi. Anda bisa lebih mudah memantau dan melacak persediaan barang 24 jam, kapan saja dan dimana saja, lewat smartphone atau desktop.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony menawarkan serangkaian fitur untuk meningkatkan manajemen persediaan. Mulai dari scan barcode, hingga akuntansi secara real time.

Dapat terintegrasi dengan fitur aplikasi unlimited user yang mendukung apapun kebutuhan bisnis Anda. Jangan tunda lagi, uji coba GRATIS selama 30 hari tanpa biaya apapun, klik di sini.

Termasuk fitur rekonsiliasi bank otomatis, smart invoice by Whatsapp/ email, paybills, hingga otomasi pembuatan laporan keuangan dengan lebih dari 20 template instan. Harmony juga hadir di medsos, follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook untuk mengenal lebih dekat kecanggihan fitur-fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!