Harmony Blog

5 Jenis Gudang dan Tipe Yang Sesuai Penggunaannya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis-Gudang-HarmonyPin

Gudang pada umumnya merupakan tempat penyimpanan yang sering digunakan oleh perusahaan dagang. Beberapa dari jenis gudang memiliki struktur besar yang kegiatannya mendukung pembongkaran banyak truk. Seperti halnya truk pemasok barang untuk dikirim menemui pelanggan.

Sebagai pebisnis memahami jenis gudang juga sangat berfungsi untuk menunjang penyimpanan barang bisnis Anda, agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Gudang merupakan sebuah fasilitas yang sangat diperlukan dalam dunia logistik, baik digunakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti yang Anda ketahui bahwa maraknya bisnis logistik dan produsen tentu membutuhkan ukuran gudang yang sangat besar.

Namun banyak sebagian pebisnis lebih memilih untuk mencari gudang yang disewakan dibandingkan untuk membelinya. Sebab melakukan sewa gudang jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli gudang tersebut.

Maka sangat penting bagi Anda pebisnis untuk mengetahui apa saja jenis gudang yang cocok untuk penyimpanan produk usaha Anda. Berikut dalam artikel ini Anda akan diberitahu apa saja jenis gudang yang cocok bagi bisnis Anda.

Apa Pengertian Gudang dalam Sebuah Bisnis?

Gudang merupakan sebuah bangunan atau tempat yang digunakan untuk penyimpanan barang-barang. Tentu dalam sebuah bisnis, jenis gudang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Selain tempat penyimpanan, gudang juga digunakan juga digunakan sebagai tempat menyortir, mengolah, serta membungkus setiap barang-barang yang akan dijual maupun yang akan dikirim.

Tentunya setiap perusahaan dagang wajib untuk menyimpan barang-barang jadinya sampai barang tersebut terjual. Fungsi dari penyimpanan sangat dibutuhkan sebab siklus produksi dan konsumsi jarang sekali dapat sesuai.

Banyak sekali komoditi yang diproduksi secara musiman, sementara permintaan dari konsumen berjalan terus menerus. Maka dari itu perusahaan dagang harus dapat memutuskan jumlah lokasi penyimpanan barang yang diinginkan.

Apabila semakin banyak jumlah persediaan barang, maka untuk mengirim permintaan konsumen sudah tidak perlu menunggu produksi barang tersebut, Anda dapat mengirimnya secara cepat kepada konsumen Anda.

Sebagai perusahaan dagang, tidak cukup untuk memperhatikan jenis gudang saja, melainkan juga harus menghitung HPP bagi setiap perusahaan yang akan memproduksi produknya.

Tujuan dari menghitung HPP adalah untuk mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang dan jasa. Selain itu komponen cara menghitung HPP juga masuk dalam laporan laba rugi, sehingga komponen ini termasuk dalam suatu biaya.

Apa saja Jenis-Jenis Gudang?

Jenis gudangPin

Gudang memiliki beberapa jenis diantaranya gudang pribadi, gudang umum, gudang climate controlled, gudang otomatis, dan gudang pusat distribusi. Untuk memahami jenis gudang tersebut, berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis gudang tersebut.

1. Gudang Pribadi

Jenis gudang pribadi adalah tempat penyimpanan barang yang dimiliki oleh para pemasok atau reseller. Perusahaan yang sering memanfaatkan jenis gudang ini adalah perusahaan retail.

Perusahaan akan menyimpan persediaan barang dari pabrik pemasok yang nantinya akan didistribusikan ke beberapa toko yang mereka kelola.

2. Gudang Umum

Jenis gudang umum merupakan sebuah gudang yang disewakan untuk publik, dikarenakan disewakan secara bebas, kepemilikan dan isi gudang juga cukup variatif tergantung penggunaannya.

Biasanya yang menyewa jenis gudang ini adalah perusahaan yang sudah memiliki gudang, namun mencari ruang tambahan dikarenakan keterbatasan kapasitas gudang untuk menyimpan persediaan barang.

3. Gudang Climate Controlled

Jenis gudang ini merupakan gudang untuk aneka produk yang membutuhkan penanganan khusus. Yang dimaksud adalah terkait dengan suhu di dalam gudang. Jenis gudang ini biasanya digunakan oleh perusahaan makanan atau minuman.

Seperti contoh gudang penyimpanan es krim. Untuk menyimpan jenis produk tersebut tentu dibutuhkan gudang khusus dengan suhu yang cukup dingin, dan dari fasilitasnya jenis gudang ini sangat berbeda dengan gudang biasanya.

Tidak banyak yang memiliki gudang semacam ini kecuali perusahaan yang memang terjun di bisnis makanan khusus. Mengenai soal manajemen, tempat penyimpanan ini khusus membutuhkan penanganan yang khusus pula. Sebab jika tidak, maka produk yang disimpan akan mengalami kerusakan atau tidak layak untuk didistribusikan.

4. Gudang Otomatis

Sesuai dengan namanya, jenis gudang ini beroperasi secara otomatis menggunakan teknologi komputer dan robot. Dengan semakin majunya teknologi yang pesat dan terus berinovasi membuat beberapa manusia keberhasilan untuk menciptakan robot canggih.

Maka saat ini sudah banyak beberapa jenis gudang sudah memiliki alat-alat berteknologi tinggi yang dapat mengoperasikan secara otomatis. Banyak yang sudah memakai conveyor belt yang berguna untuk mengangkut barang sehingga meminimalkan sumber daya manusia (SDM).

5. Gudang Pusat Distribusi

Jenis gudang distribusi merupakan sebuah gudang yang menyimpan beberapa produk hanya dalam waktu singkat. Dapat dikatakan, jenis gudang distribusi ini digunakan hanya tempat penyimpanan sementara sebelum nantinya produk tersebut didistribusikan ke berbagai pemasok.

Barang yang disimpan dalam gudang distribusi ini biasanya akan datang di pagi hari dan didistribusikan pada malam hari. Dikarenakan jam kerjanya yang cukup padat dan terbatas, fasilitas yang dimiliki juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Perbedaan Purchase Order (PO) dan Purchase Requisition (PR)

Jenis Gudang Berdasarkan Fungsinya

Jenis gudang berdasarkan fungsinya harmonyPin

Setelah memahami jenis gudang, berikut terdapat jenis gudang berdasarkan fungsi dan karakteristik penyimpanannya yaitu:

• Gudang Penyimpanan Bahan Baku

Setiap jenis gudang tentu melakukan penyimpanan bahan baku setelah proses produksi selesai. Lokasi gudangnya selalu berdekatan dengan tempat produksi. Biasanya jenis gudang ini dimanfaatkan untuk menyimpan karet, biji besi, bahan baku material beton dan lainnya.

• Gudang Untuk Menyimpan Barang Setengah Jadi

Maksud dari barang setengah jadi adalah gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang dalam proses manufaktur.

Namun biasanya untuk menyewa jenis gudang ini selalu mahal, dikarenakan memerlukan waktu serta tenaga yang ekstra untuk melakukan pelabelan pada semua barang yang masuk.

• Gudang Penyimpanan Bahan Hasil Produksi

Gudang ini sebagai tempat untuk menyimpan setiap barang hasil produksi, atau barang yang sudah siap untuk didistribusikan kepada konsumen.

• Gudang Sebagai Pusat Konsolidasi dan Transit

Gudang ini digunakan untuk menerima barang dari berbagai asal, lalu di situlah terjadi proses penggabungan untuk diteruskan pada konsumen atau dikirimkan untuk dilanjutkan proses produksi lainnya.

• Gudang Sebagai Pusat Sortir

Jenis gudang ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang terjun dalam bentuk jasa seperti pengiriman surat dan parsel. Dalam melakukan proses ini bisanya barang akan dikumpulkan di gudang untuk disortir.

Setelah itu barang akan dilakukan proses sortir berdasarkan kode pos ataupun zona. Lalu barang yang dikumpulkan akan dikonsolidasikan dan dilakukan pengiriman berdasarkan area tersebut.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis gudang yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis, namun setiap jenis gudang tersebut tentu Anda sebagai pebisnis juga harus melakukan pengecekan akan setiap stok barang pada gudang Anda.

Namun tidak hanya itu, dalam melakukan stok persediaan barang, sebagai pebisnis Anda juga perlu membutuhkan pembukuan yang dapat membantu Anda dalam memantau setiap keuangan yang masuk dan keluar dalam sebuah perusahaan Anda.

Sebaiknya gunakanlah Harmony software sebagai bantuan Anda yaitu software pembukuan akuntansi di mana Anda hanya perlu memilih metode persediaan yang cocok lalu segala perhitungannya akan otomatis dilakukan oleh sistem. Harmony juga memiliki fitur pengelolaan stok yang lengkap seperti pencatatan bahan baku, fitur simple manufacturing, bantuan untuk stock opname dan fitur lainnya. Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dalam mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram, dan LinkedIn

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony