Harmony Blog

3 Jenis Neraca Saldo dan Cara Mencatatnya Dalam Pembukuan

Diposting Jul 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis Neraca SaldoPin

Terdapat beberapa jenis neraca saldo atau trial balance dalam laporan keuangan. Umumnya, neraca saldo adalah pencatatan transaksi dalam buku besar yang terjadi dalam satu periode akuntansi.

Ada tiga jenis neraca saldo: neraca saldo yang belum disesuaikan, neraca saldo yang sudah disesuaikan, dan neraca saldo setelah penutupan.Click to Tweet

Ciri khas trial balance atau neraca saldo adalah adanya keseimbangan pada sisi debit dan sisi kredit. Tingkat keseimbangan ini harus bisa terwujud di akhir periode laporan keuangan.

Dalam arti sederhana, apa itu trial balance atau neraca saldo adalah suatu lembar kerja akuntansi, di mana saldo semua buku besar akan dikompilasi ke dalam kolom akun debit dan kredit dengan jumlah yang sama.

Tujuan utama trial balance atau neraca saldo adalah memastikan entri dalam sistem pembukuan perusahaan sudah benar dan akurat secara matematis. Langsung yuk, kita kupas satu per satu jenis neraca saldo yang umum dijumpai di sejumlah periode akuntansi.

Jenis Jenis Neraca Saldo (Trial Balance)

Secara umum, ada tiga jenis neraca saldo yaitu neraca saldo yang belum disesuaikan, neraca saldo yang sudah disesuaikan, dan neraca saldo setelah penutupan. Ketiganya memiliki format yang sama persis. Yuk, pelajari detailnya.

Jenis trial balancePin

Neraca Saldo Yang Belum Disesuaikan

Neraca saldo yang belum disesuaikan akan dibuat sebelum entri buku besar penyesuaian selesai. Dalam hal ini, contoh neraca saldo adalah Anda tahu bahwa sisa saldo dalam asuransi prabayar seharusnya Rp 600.000.

Anda bisa melihat neraca saldo yang belum disesuaikan untuk melihat berapa banyak uang yang ada di akun saat ini.

Neraca Saldo Yang Sudah Disesuaikan

Sedangkan, neraca saldo yang sudah disesuaikan dibuat setelah entri penyesuaian selesai. Neraca saldo ini memiliki saldo akhir di semua akun dan digunakan untuk menyiapkan laporan keuangan.

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Pada poin neraca saldo setelah penutupan, neraca saldo adalah catatan saldo setelah buku besar penutupan selesai. Ini adalah neraca saldo awal Anda untuk tahun depan atau periode akuntansi selanjutnya.

Contoh Neraca Saldo

Untuk lebih memahami jenis-jenis neraca saldo, yuk simak beberapa contoh neraca saldo, berikut:

  1. Contoh Neraca Saldo Yang Belum Disesuaikan

    Nina sebagai akuntan PT Khazanah telah memposting entri ke buku besar. Nina kemudian, mengambil semua saldo dari setiap akun di buku besar dan merangkumnya dalam trial balance atau jenis neraca saldo yang belum disesuaikan yaitu sebagai berikut:

    Neraca saldo sebelum disesuaikan1Pin

  2. Contoh Neraca Saldo Yang Sudah Disesuaikan

    Selanjutnya adalah contoh neraca saldo yang sudah disesuaikan. Di mana jenis neraca saldo awal yang belum disesuaikan untuk semua akun akan diletakkan di kolom kedua dari kiri.

    Sedangkan, semua entri penyesuaian akan dicatat di kolom ketiga dari kiri. Serta, total saldo bersih di setiap akun ditulis di kolom paling kanan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Agar lebih mudah, mari perhatikan contoh neraca saldo dengan penyesuaiannya sebagai berikut, ya.

    (Dr.) Piutang Rp600.000

    (Cr.) Pendapatan Jasa Rp600.000

    (Dr.) Beban Perlengkapan Rp500.000

    (Cr.) Perlengkapan Rp500.000

    (Dr.) Beban Sewa Rp500.000

    (Cr.) Piutang Sewa Rp500.000

    (Dr.) Beban Gaji Rp500.000

    (Cr.) Hutang Gaji Rp500.000

    Neraca saldo setelah disesuaikan1Pin

  3. Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan

    Berikutnya kita akan masuk ke pembahasan contoh neraca saldo setelah penutupan atau the post- closing trial balance. Secara umum, neraca saldo setelah penutupan kolom nomor rekening, keterangan rekening, saldo debet, dan saldo kredit.

    Namun neraca tersebut juga akan menutup saldo akun beban dan pendapatan, serta mengurangi prive dari modal. Akan tetapi jika ada penambahan modal akhir sebesar Rp 11.500.000, maka modal sebesar Rp 54.500.000.

    Lebih jelasnya, mari simak contoh neraca saldo setelah penutupan di bawah ini:

    Neraca saldo penutupan1Pin

Semoga dengan contoh neraca saldo yang kami berikan dari ketiga jenis trial balance di atas, bisa lebih mempermudah pemahaman Anda tentang cara membuat jenis-jenis neraca saldo.

Jika masih kesulitan atau bingung membuat neraca saldo secara manual, segera pakai Software Akuntansi Online dari Harmony.

Aplikasi Harmony dapat membantu tim finance menyelesaikan tugas-tugas akunting seperti membuat neraca saldo dan lebih dari 20 jenis laporan keuangan lainnya secara instan, akurat, dan otomatis. Terlebih lagi, semuanya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, semudah beberapa klik.

Ayo buktikan segera dengan mencoba demo gratis selama 30 hari, klik di sini. Info lebih lanjut seputar fitur atau aktivitas terupdate lainnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony