Harmony Blog

3 Contoh Iklan Permintaan, Tujuan dan Media Yang Cocok

Diposting Agu 3rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Iklan PermintaanPin

Bagaimana contoh iklan permintaan atau iklan pengumuman? Kalau biasanya, iklan menginformasikan suatu produk atau jasa lewat pemasaran langsung maupun tak langsung. Maka, contoh iklan permintaan bisa berupa iklan pengumuman yang informasi mengenai perekrutan karyawan pabrik, atau dibutuhkan babysitter, dan asisten rumah tangga.

Contoh iklan permintaan adalah iklan yang digunakan untuk meminta sesuatu dari orang yang melihatnya.Click to Tweet

Contoh iklan permintaan adalah iklan pengumuman. Seperti lowongan kerja atau informasi perekrutan. Iklan pengumuman ini mudah dijumpai di tepi jalan. Biasanya, contoh iklan permintaan atau iklan pengumuman berupa pamflet atau selebaran yang ditempelkan di tiang listrik, pagar, pohon, maupun tempat keramaian.

Pengertian Iklan Adalah

Iklan adalah salah satu komponen utama dalam penerapan strategi pemasaran. Iklan biasanya bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Iklan sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu iklan permintaan dan iklan penawaran. Untuk menjaga keseimbangan pasar antara permintaan dan penawaran, pebisnis perlu meneliti dan meriset kondisi pasar terlebih dulu.

Contoh iklan permintaan adalah iklan yang digunakan untuk meminta sesuatu dari orang yang melihatnya. Sedangkan, iklan penawaran adalah iklan yang digunakan untuk menawarkan atau menjual sesuatu kepada orang yang melihatnya.

Iklan permintaan cenderung bersifat persuasif atau ajakan. Konsep pemasaran ini sudah diterapkan sejak bertahun-tahun. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang seolah bisa mempengaruhi masyarakat agar melakukan atau memberikan sesuatu sesuai yang diharapkan oleh pengiklan.

Bisa juga iklan permintaan digunakan untuk mengajak orang yang melihat bersedia menjalin kerja sama dengan pengiklan, sehingga kedua belah pihak saling diuntungkan.

Contoh Iklan Permintaan

Kita sebenarnya sering melihat contoh iklan permintaan di berbagai media. Seperti halnya di televisi, radio, koran, internet, bahkan di billboard pinggir jalan.

Apa itu contoh iklan permintaanPin

Contoh iklan permintaan ada beberapa jenis dan berikut adalah beberapa contoh iklan permintaan.

  1. Iklan Permintaan Tenaga Kerja

    Contoh iklan permintaan tenaga kerja biasanya bisa dilihat di Koran, dan internet. Iklan permintaan tenaga kerja biasanya disebut dengan iklan lowongan kerja.

    Di dalam iklan permintaan tenaga kerja ini berisi informasi terkait lowongan pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi yang disertakan berbagai syarat untuk melamarnya. Orang yang melihat iklan ini bisa melamar pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang tertera pada iklan tersebut.

  2. Iklan Permintaan Barang

    Contoh iklan permintaan barang biasanya juga bisa dilihat di koran dan internet. Iklan ini berisi permintaan barang yang dibutuhkan oleh pengiklan. Sehingga, orang yang melihat iklan ini jikalau memiliki barang yang ada di iklan dan berniat untuk menjual atau memberikan barang tersebut, maka bisa melakukan transaksi.

  3. Iklan Permohonan Maaf

    Contoh iklan permintaan permohonan maaf memang saat ini jarang sekali ditemukan. Biasanya iklan ini berisi permintaan maaf seseorang atau instansi tertentu yang meminta maaf kepada instansi lain atau masyarakat luas. Iklan ini mengharapkan orang yang melihat dapat memaafkan dan memaklumi kesalahan yang dia perbuat.

Tujuan Iklan Permintaan

Berikut adalah tujuan dari iklan permintaan.

  • Memberi informasi, di mana tujuan iklan pada dasarnya untuk memberikan informasi apa yang dibutuhkan kepada masyarakat.
  • Mengajak masyarakat, iklan permintaan berisi himbauan agar masyarakat diminta untuk menaati sebuah peraturan ataupun mengajak masyarakat untuk bertindak menjadi lebih baik.
  • Mewujudkan kerja sama, iklan permintaan juga bisa digunakan untuk menjalin kerja sama antara pengiklan dan sasaran iklan yang cocok.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Media Yang Cocok Untuk Iklan Permintaan

Untuk membuat sebuah iklan tentunya harus menggunakan media yang bisa dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Dan berikut adalah media yang cocok untuk contoh iklan permintaan.

  • Media internet, penggunaan internet yang fleksibel dan menjangkau banyak kalangan membuat pengiklan merasa yakin iklannya dilihat oleh orang yang tepat. Kehadiran internet memang cukup membantu masyarakat dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan berbagai tools yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Media cetak, meskipun peranan saat ini berkurang, penggunaan media cetak merupakan salah satu media yang digunakan dalam menyampaikan iklan permintaan. Contoh media cetak yang digunakan adalah Koran, majalah, brosur dan lain sebagainya
  • Media elektronik, penggunaan media elektronik untuk iklan permintaan biasanya melalui televisi dan radio.

Sebelum membuat contoh iklan permintaan untuk merekrut karyawan, pastikan dulu anggaran keuangan Anda selalu terkelola dengan rapi, sistematis, dan akurat.

Untuk itu, pakai Software Akuntansi Harmony yang siap mendukung manajemen pembukuan usaha secara real-time. Fitur dan modul akuntingnya lengkap untuk mengelola laporan stok barang, smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, serta otomasi lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan.

Ini saatnya, meningkatkan sistem pembukuan bisnis yang bebas ribet bersama Software Akuntansi Harmony. Daftar demo GRATIS selama 30 hari, klik tautan ini. Pahami fitur-fitur Software Akuntansi Harmony lebih detail, dengan mengikuti akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony