Harmony » Blog » 

10 Tips Menjalankan Bisnis Laundry Sepatu Yang Mudah Diterapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 12, 2020

Seiring perkembangan zaman para pebisnis pun terpacu untuk terus mengembangkan ide-ide bisnis yang unik atau jarang dipikirkan oleh semua orang, salah satunya bisnis laundry sepatu.

Strategi bisnis di bidang laundry sepatu ini tidaklah begitu rumit karena masih jarang pemain yang berbisnis laundry sepatu ini.

Lewat situasi dan kondisi tersebutlah membuat prospek bisnis laundry sepatu ini sangat menarik karena masih dapat kesempatan untuk memenangkan pasar yang masih cukup tinggi.

Sedikitnya kompetitor dalam berbisnis laundry sepatu menjadi poin plus bagi Anda untuk memilih menjalankan bisnis ini.

Dengan memahami konsep bisnis model canvas yang diaplikasikan dalam bisnis laundry sepatu ini dapat memberikan manfaat untuk memulai bisnis tersebut kedepannya.

Namun selain hal tersebut, ada beberapa unsur penting yang menjadi bahan pertimbangan dasar untuk memulai berbisnis di jenis laundry sepatu ini.

Unsur Penting Yang Mendasari Berbisnis Laundry Sepatu

Karena banyaknya pebisnis yang melirik jenis usaha ini yang masih bekesempatan untuk meraih keuntungan yang cepat, ada beberapa unsur penting yang menjadi landasan bahan pertimbangan bisnis sepatu ini.

A. Semakin Bertambahnya Collector Sepatu Mahal

Unsur yang pertama yang mendasari dari bisnis ini adalah semakin bertambahnya collector sepatu mahal.

Tidak dapat dipungkiri semakin berkembangnya zaman sekarang ini, bukan hanya orang dewasa yang berumur namun juga saat ini generasi millennial pun mengetahui berbagai macam brand sepatu termahal, seperti   brand Reebok, Adidas, Nike dan lain sebagainya.

Harga dari brand sepatu-sepatu tersebut sangatlah mahal sehingga tidak jarang para collector sepatu tersebut membutuhkan jasa laundry sepatu untuk merawat sepatu-sepatu mewahnya tersebut.

B. Mayoritas Berada Di Kota Besar

Sebagai peluang usaha kreatif yang menjanjikan, bisnis laundry sepatu ini akan lebih mudah dijalankan jika memulainya dari kota-kota besar. Dikarenakan tingkat kebutuhan konsumen di kota besar akan minat sepatu cukup banyak, khususnya sepatu-sepatu yang bermerk dan mahal.

Dan untuk itulah mereka membutuhkan jasa laundry sepatu sebagai tempat untuk membersihkan dan meremajakan sepatu-sepatu mahal mereka. Disinilah letak peluang laundry sepatu berjamur di kota-kota besar.

C. Bisa Dimulai Dengan Modal Yang Tidak Terlalu Besar

Beberapa bisnis banyak yang memulainya dengan modal yang besar. Hal ini yang menyebabkan para pebisnis akan enggan memulai bisnis tersebut.

Berbeda mengenai bisnis ini, Anda tidak perlu memiliki modal yang terlalu besar untuk menjalaninya, cukup berbekal 3 sampai 5 juta saja, Anda sudah bisa memulainya.

[elementor-template id="26379"]


10 Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Banyak pebisnis yang melirik untuk memulai bisnis laundry sepatu sebagai bisnis pertamanya karena salah satu alasanya adalah mudah untuk dijalankan namun pastinya harus tetap memerlukan persiapan yang matang. Sebagai referensi persiapan yang matang, berikut 10 tips untuk memulai bisnis laundry sepatu.

1. Analisa Bisnis dari Segi Prospeknya

Salah satu tips membangun mental entrepreneur yang sukses adalah dengan melakukan analisa bisnis, khususnya pada bisnis  laundry sepatu ini.

Karena hal tersebut berguna untuk melihat prospek kedepannya dari segi lokasi, minat dan target pasar yang akan dilakukan. Jadi penting adanya memulai bisnis ini dari menganalisanya.

2. Tentukan Marketing Strategic Yang efektif Untuk Bisnis Laundry Sepatu Anda

Seperti layaknya berperang, tentunya Anda harus memikirkan strategi apa yang tepat untuk melawan musuh, begitu juga dengan bisnis laundry sepatu. Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam bisnis ini agar dapat menyisir target market yang anda tentukan.

3. Persiapkan Ilmu dan Teknik Merawat Sepatu dengan Baik

Jika Anda ingin mahir berjualan jasa laundry sepatu, tentunya Anda harus mengetahui teknik dan ilmu merawat dan membersihkan sepatu tersebut.

Tentunya Anda tidak ingin pelanggan atau konsumen Anda kecewa dengan jasa yang Anda tawarkan, atau bahkan merusak sepatu-sepatu mereka.

 Jadi mulailah mencari ilmu-ilmu dan video-video tutorial merawat sepatu yang tepat dan baik sebagai bekal anda memulai bisnis ini.

4. Pilih Bahan dan Alat yang Direkomendasikan

Mencuci sepatu berbeda dengan mencuci pakaian seperti biasanya. Anda tentunya tidak bisa menggunakan deterjen yang biasa Anda pakai ketika mencuci pakaian.

Pemilihan bahan-bahan dan alat yang tepat akan mempengaruhi kualitas jasa yang Anda tawarkan dalam berbisnis laundry sepatu ini.

5. Tawarkan Point of Sales dalam Bisnis Laundry Sepatu Anda

Anda juga bisa melihat referensi dari competitor sesama pebisnis laundry sepatu ini. Namun pastikan Anda untuk tidak mengikuti perang harga yang menyebabkan kerugian pada bisnis Anda tersebut.

Anda bisa tawarkan hal yang lebih, seperti pelayanan yang ramah, garansi dan bonus-bonus lainnya. Disini kreatifitas dituntut dalam nilai plus pada bisnis Anda ini.

6. Lakukan Promosi Bisnis Yang efektif

Tips berikutnya adalah dengan melakukan promosi bisnis yang efektif yang bertujuan sebagai positioning dalam bisnis, baik promosi online maupun promosi offline, agar calon pelanggan Anda nantinya dapat mengetahui bisnis Anda tersebut.

Untuk promosi online, Anda bisa gunakan sosial media dan membuat online store dan online media untuk bisnis Anda ini. Semakin sering anda melakukan promosi maka bisnis Anda akan semakin besar peluangnya untuk dilirik.

7. Lakukan Personal Branding dengan Teknik Endorse

Sejalan dengan teknik nomor 6 diatas, Anda juga bisa melakukan teknik dan trik endorse untuk bisnis Anda.

Anda bisa lirik beberapa selebgram-selebgram atau artis-artis untuk mempromosikan bisnis Anda ini. Namun sesuaikan budget yang Anda keluarkan dengan tarif endorser yang ingin Anda gunakan.

8. Siapkan Tenaga Ahli di Bidang Laundry Sepatu

Jika Anda bukanlah orang yang mahir dalam menjalankan operasional bisnis, tidak ada salahnya Anda merekrut staf atau tenaga ahli di bidang mencuci sepatu. Anda bisa melihat track record dari staf yang ingin anda rekrut tersebut.

Tentukan budget atau gaji yang ingin Anda berikan kepada staf yang direkrut tersebut agar tidak terjadi ketimpangan yang dapat mengganggu operasional dan bisa menurunkan kualitas pada bisnis jasa Anda.

9. Perhitungan Budget dan Modal Laundry Sepatu

Anda bisa memulai perhitungan dan memperkirakan biaya-biaya yang Anda keluarkan nantinya dalam bisnis ini.

Hal ini dapat membantu Anda agar terhindar dari biaya yang membengkak ketika sedang dijalankan dan juga agar break event point (BEP) atau balik modalnya dapat cepat tercapai nantinya.

Caranya, mulailah menghitung dari biaya bahan-bahan dan alat yang ingin digunakan, biaya-biaya promosi, dan juga sewa tempat usaha menjadi beberapa poin penting dalam membuat perhitungan budget dan modal.

10. Selalu Perhatikan Testimoni dan Saran Pelanggan

Jika Anda sudah memulai bisnis laundry sepatu ini, jangan lupa untuk meminta testimoni dan saran dari pelanggan Anda tersebut sebagai bahan perkembangan bisnis Anda.

Testimoni tersebut juga berguna sebagai ajang promo gratis yang bisa Anda tampilkan di sosial media, website bisnis Anda atau selebaran/flyer yang Anda gunakan untuk alat promosi Anda.

Hal ini merupakan salah satu cara bisnis UKM yang sukses guna meningkatkan kualitas dari personal branding bisnis Anda.

Dengan menjalankan 10 tips ini bisa menjadi referensi atau acuan Anda dalam memulai bisnis laundry sepatu yang akan Anda jalankan nantinya.

Namun dari keseluruhan tips diatas, poin penting dalam berbisnis ini adalah menentukan budget agar Anda terhindar dari biaya yang semakin membengkak.

Dan pastikan Anda untuk tetap terus memantau budget dan kondisi keuangan bisnis ini agar profit yang diharapkan dapat digapai. Untuk dapat memantau dan membuat laporan keuangan yang baik dan efisien disarankan untuk menggunakan aplikasi akuntansi yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi yang memiliki teknologi cloud based serta sebagai teman setia pebisnis dalam membuat laporan keuangannya.

Jadilah bagian dari pebisnis yang dapat mengembangkan usahanya lebih cepat lewat event tahunan yang diselenggarakan di FinTax. Penasaran dengan Harmony? Anda bisa daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram