Harmony Blog

10 Tips Menjadi Pengusaha Muda Dengan Omset Milyaran

Diupdate Feb 24th, 2021
7

SHARES

PEMBACA

pengusaha mudaPin

Seiring berkembangnya zaman, tidak dipungkiri sudah banyak pengusaha sukses dengan usia yang masih muda atau dibawah umur 30 tahun. Apakah Anda ingin menjadi seperti mereka untuk menjadi pengusaha muda dan memiliki omset milyaran? Seperti apa tipsnya, simak terus artikel ini.

Dengan banyaknya pengusaha muda yang sukses dengan bisnisnya saat ini tentunya hal tersebut dapat menginspirasi kisah sukses untuk Anda sebagai pemilik bisnis. Dan anda dapat meniru kebiasaan pengusaha sukses sebagai referensi Anda jika ingin menjadi pengusaha muda.

Semakin berjamurnya pengusaha muda, maka semakin banyak referensi yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan berbisnis Anda dengan tips-tips yang diberikan.

Pengusaha muda ini dapat bersaing di dunia bisnis adalah karena kebanyakan pengusaha muda tersebut yang semakin kreatif dalam mengembangkan ide-ide nya.

Dikarenakan perlunya motivasi bisnis sebagai enterpreneur terlebih dahulu untuk mempermudah Anda memulai bisnis. Karena perencanaan yang matang merupakan identitas seorang pengusaha muda yang sukses dan kreatif.

Prinsip Dasar Pengusaha Muda

Pengusaha muda yang berpikir kreatif dan selalu memiliki inovasi untuk terus mengembangkan bisnis dan usaha yang mereka jalani. Dan setiap pengusaha muda tersebut selalu memiliki prinsip dasar yang dia lakukan hingga menjadi sukses seperti saat ini.

Untuk menjadi pengusaha muda sukses perlu menerapkan prinsip dasar 5D secara konsisten, yakni:

1. Dream

Setiap orang pasti memiliki mimpi, namun pengusaha sukses memiliki impian dan visi yang jelas tentang masa depan bisnisnya, untuk itu Anda bisa memulai mimpi Anda dengan menulis impian bisnis dan ditempel pada dinding rumah.

2. Deciveness

Pengusaha muda yang sukses tergolong pengusaha yang berani dalam menjalani segalanya, termasuk dalam berani mengambil keputusan.

Pengusaha sukses memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan untuk memulai usaha dengan melakukan cara mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis yang terjadi.

3. Doers

Pernah mendengar istilah, Talk less do more? Istilah tersebut sering dipakai oleh pengusaha muda dalam menjalani kehidupan bisnisnya. Mulailah melakukannya tidak hanya berbicara.

4. Determination

Pengusaha muda sukses yang membangun mental entrepreneur akan selalu melaksanakan kegiatan bisnis mereka dengan perhatian dan tidak mudah menyerah meski ada banyak tantangan.

5. Dedication

Pengusaha muda yang sukses akan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan dan bisnisnya. Mereka biasanya tidak memikirkan apapun selain memberikan perhatian dan dedikasi yang tinggi untuk tetap mengerjakan setiap pekerjaannya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

10 Tips Menjadi Pengusaha Muda Dengan Omzet Milyaran

Prinsip dasar diatas biasanya sering dipakai oleh pengusaha. Namun untuk menjalankan akan sulit dilakukan. Untuk dapat menjalankan prinsip dasar tersebut, perlu tips khusus agar menjadi pengusaha muda dengan omzet milyaran. Dan berikut ini 10 tips khusus menjadi pengusaha muda dengan omzet milyaran, yaitu :

1. Fokus Seorang Pengusaha Muda

Tidak jarang sebagai pengusaha muda sangat bersemangat dalam memulai bisnis hingga mengambil semua peluang usaha yang ada. Padahal tidak semua peluang itu dapat diolah dengan mudah.

Alangkah baiknya jika Anda memilih satu bidang saja yang benar-benar diminati dan dikuasai agar kerja Anda lebih fokus dan maksimal.

Pentingnya positioning dalam berbisnis seperti tetap fokus yang nantinya akan menjadi sebuah keuntungan yang didapat tersebut akan lebih banyak.

2. Pengusaha Muda Tidak Mulai Bisnis Karena Tren

Jangan cuma berbisnis karena ikut-ikutan tren yang ada dengan bayangan keuntungan yang menggiurkan. Sebab jika Anda tidak memahami apa yang dikerjakan, hasilnya juga akan percuma.

Lebih baik melakukan apa yang Anda tahu dan suka karena bisnis yang dibangun dengan pengetahuan dan bakat akan memiliki potensi untuk sukses.

3. Jadi Pribadi yang Proaktif

Yakin dan percaya, setiap orang pasti punya ide yang unik. Sayangnya tidak semua bisa merealisasikan ide yang mereka punya. Sebagai calon pengusaha, Anda harus menjadi orang yang proaktif dengan mencoba merealisasikan ide yang ada.

Saat peluang kecil Anda harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi Anda kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan.

4. Belajar dari Pengusaha Muda Lain

Berteman dengan entrepreneur sukses bisa mendorong Anda untuk menjadi sukses karena sejatinya etika dalam berbisnis seperti itu. Anda bisa belajar dari pengalaman bagaimana ia mencapai sebuah kesuksesan.

Adopsi pola pikirnya untuk membuat Anda menjadi pribadi yang peka terhadap segala jenis peluang yang ada. Dengan belajar dari mereka, Anda bahkan bisa membaca peluang yang tidak disadari sebelumnya.

5. Pengusaha Muda Berani Menghadapi Risiko

Pengusaha sukses bukan orang yang menunggu uang datang, tapi bekerja keras dan berani menghadapi risiko dengan analisis yang matang tentunya, demi mengembangkan kekayaan yang dimiliki.

Tidak ada bisnis yang tanpa risiko, namun sebagai pengusaha Anda harus memikirkan bagaimana agar risiko ini bisa dimitigasi.

6. Membuat Tujuan Pengusaha Muda

Apa pun jenis bisnisnya, membuat tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang itu penting. Apapun tujuannya, pastikan tujuan tersebut terukur, jelas, spesifik, dan feasible.

Apapun tujuan bisnis Anda, usahakan untuk melakukan pengelolaan bisnis yang tepat, seperti mengelola dana darurat, menyusun strategi marketing yang tepat dan lain sebagainya.

7. Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah kegiatan organisasi yang disusun untuk jangka waktu tertentu dan menjadi sebuah pedoman dalam mencapai tujuan bisnis.

Secara umum setidaknya rencana bisnis Anda harus mencakup beberapa hal seperti visi misi bisnis yang jelas, sasaran konsumen, riset pasar, siapa saja pesaing dibidang yang sama, dan bagaimana sistem pemasaran yang akan dilakukan.

8. Mengumpulkan Modal

Untuk mengatasi stagnansi dalam berbisnis pastinya membutuhkan modal awal. Anda bisa menggunakan modal dari tabungan pribadi yang memang sudah disiapkan untuk bisnis.

Cara kedua jika Anda butuh modal yang relatif besar maka bisa melakukan pinjaman pada bank seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Peer to Peer Lending (P2P Lending) dan sebagainya.

9. Riset Pasar

Pelajari tentang permintaan produk yang ingin kamu jual ke pasar. Apakah produk tersebut cocok untuk kalangan pemuda, orang tua, atau malah keduanya. Riset pasar ini sangat penting demi mengetahui kepada siapa Anda harus menjual produk.

10. Inovasi Produk

Apapun jenis bisnisnya, butuh inovasi produk supaya tidak mudah ditiru oleh orang lain. Menerapkan sistem inovasi secara berkelanjutan akan membantu bisnis berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor. Sistem ini akan membuat Anda susah dikejar oleh para peniru.

Tips ini cukup ampuh menjadi seorang pengusaha muda, jika Anda ingin mendapatkan referensi trik bagaiman menjadi seorang pengusaha dengan omzet milyaran.

Namun dengan segala macam tips dan trik yang diberikan, hal yang paling penting dan mendasar dalam seorang pengusaha adalah pintar mengontrol kondisi keuangan sebuah bisnis yang sedang dijalani.

Karena dalam pengelolaan bisnis Anda di masa depan disarankan untuk memastikan Anda harus memilih software akuntansi keuangan yang dapat diandalkan, terpercaya dan pastinya itu sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.

Dengan aplikasi keuangan ini nantinya dapat membantu Anda dalam pembuatan pembukuan bisnis Anda, seperti Harmony yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Harmony Smart Accounting Solution merupakan software akuntansi berbasis cloud yang praktis dan mudah untuk digunakan.

Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan bisnis yang rapi dan teratur dalam konferensi tahunan kami FinTax Fair 2019. Tunggu apalagi, bergabunglah bersama kami dan dapatkan akun Gratis 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony