Harmony » Blog » 

10+ Strategi Pemasaran Online Praktis Untuk Diterapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 5, 2021

Seperti yang sudah kita lihat, di era sekarang ini kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari aktivitas internet, maka dari itu tidak heran banyak pebisnis mengandalkan strategi pemasaran online untuk memasarkan setiap produknya.

Strategi pemasaran online dianggap memiliki biaya yang jauh lebih ringan dibandingkan secara offline.Click to Tweet

Strategi pemasaran online adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis dengan menggunakan media internet. 

Nah, bagi Anda pebisnis digital, Anda juga perlu mengetahui strategi pemasaran online shop yang tepat bagi bisnis Anda.

Selain itu strategi pemasaran online juga jauh lebih luas dan kompleks untuk Anda lakukan, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin dijual.

Namun sebagai pengusaha Anda juga diharuskan memiliki wawasan yang luas mengenai strategi pemasaran online ini, agar dapat membantu meningkatkan awareness dan juga omzet produk Anda.

Nah, untuk membantu Anda dalam menambah wawasan mengenai strategi pemasaran online, berikut dapat Anda simak artikel berikut ini.

  1. Membuat Content Marketing

    Hal yang harus Anda lakukan dalam memasarkan produk atau jasa secara online adalah dengan melakukan content marketing. Mungkin bagi Anda yang baru bergelut dalam bidang bisnis masih bingung dengan apa itu content marketing.

    Content marketing adalah suatu strategi pemasaran online dengan memberikan informasi seperti sejarah bermulanya produk atau bahan baku produk, jenis produk, manfaat dan tips atau cara yang harus perlu konsumen tahu dalam merawat produk tersebut.

    Jenis informasi yang disampaikan dapat berupa bentuk narasi artikel, gambar seperti infografis atau video tutorial maupun ulasan yang dapat konsumen lihat melalui media Youtube, dan lainnya.

  2. Visual Marketing

    Sebenarnya, visual marketing adalah pengembangan strategi content marketing dengan memanfaatkan konten visual. Adakah sebagian dari Anda yang memiliki sedikit minat membaca, baik itu buku, artikel atau lainnya?

     

    Membuat Content Marketing

    Nah, dengan adanya startegi visual marketing ini tentu sangat efektif karena mudah dipahami dan bisa menjangkau seluruh kalangan usia dan juga lapisan masyarakat.

    Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

  3. Mobile Marketing

    Teknik marketing online ini sangat membidik target dari kalangan pengguna smartphone dan tablet PC.

    Ciri khas dari mobile marketing adalah memiliki tampilan konten yang mobile friendly, tepat sasaran, dan juga tidak terlalu kompleks sehingga nyaman disimak oleh calon konsumen melalui perangkat mobile.

  4. Search Engine Optimization (SEO)

    Tahukah Anda SEO masih memegang peran penting untuk meningkatkan popularitas bisnis? 

    SEO merupakan suatu strategi pemasaran online yang menggunakan kata kunci tertentu yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat yang menggunakan internet di mesin pencarian. 

     

     

    Search Engine Optimization

    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tags yaitu memberi title tag dengan meta description yang berfungsi untuk mempermudah search engine dalam memahami isi konten sebuah website. 

  5. Continuous Marketing

    Continuous marketing atau disebut sebagai pemasaran berkelanjutan yang menekankan pada aktivitas promosi di jejaring media sosial.

    Namun akan lebih baik jika teknik marketing online ini dilakukan dengan cara menganalisis data seperti mengerti demografi feedback pelanggan. 

    Hal tersebut dilakukan agar ketika menginput kriteria audiens yang akan ditargetkan sesuai dengan target pasar yang memang benar-benar berpotensi membeli produk yang dipasarkan.

  6. Affiliate Marketing

    Affiliate marketing adalah teknik marketing online yang saling menguntungkan. Di mana Anda akan berbagi keuntungan dengan pebisnis lain untuk setiap produk yang terjual.

    Teknik pemasaran ini juga dapat Anda terapkan sebagai strategi pemasaran produk kerajinan, produk makanan, pakaian atau produk apa saja yang ingin Anda pasarkan.

    Integrated Digital Marketing

    Seperti contoh, Anda sebagai pemilik bisnis toko sepatu melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan jasa cuci sepatu. Kedua bidang usaha tersebut memiliki target dan juga audiens yang sama. 

    Selain itu kedua usaha tersebut saling berhubungan sehingga dengan saling mereferensikan bisa menjadi keuntungan bagi kedua bisnis tersebut.

    Anda juga dapat bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog untuk melakukan pemasarannya. Ketika pengunjung blog tertarik dengan produk Anda dan melakukan pemesanan, maka hasil dari penjualan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

  7. Integrated Digital Marketing

    Bisnis yang menggunakan konsep integrated digital marketing biasanya memanfaatkan semua sumber digital, contoh strategi pemasaran online ini berupa blog, media sosial (Facebook, Instagram, Youtube), kontak pribadi (WhatsApp), dan aplikasi lainnya.

    Sehingga dengan hal tersebut dapat membantu calon konsumen dalam mengakses bisnis untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menyimpan informasi, melakukan pemesanan, membuat ulasan produk, hingga menyampaikan komplain.

  8. Search Engine Marketing (SEM)

    Apa itu SEM? Search engine marketing (SEM) memiliki media yang mirip dengan SEO. Namun yang membedakannya adalah ketika Anda menggunakan SEM sebagai contoh pemasaran online, maka posisi iklan website Anda berada paling atas sehingga kemungkinan dapat membuat seseorang untuk melihat iklan Anda jauh lebih banyak.

    Namun apabila Anda melakukan contoh pemasaran online ini pada bisnis Anda, maka biaya yang nantinya akan Anda keluarkan untuk melakukan pemasaran ini terbilang lumayan tinggi, hal tersebut tergantung kata kunci yang Anda targetkan.

  9. Personalized Marketing

    Strategi pemasaran online ini tentu lebih mengedepankan konsumen secara personal. Sehingga produk yang ditawarkan pebisnis memang dibutuhkan oleh target audiens dengan pendekatan berdasarkan demografi.

    Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Teknik ini juga bisa dilakukan sebagai suatu strategi promosi marketplace Anda. 

    Dalam melakukan strategi pemasaran online shop, tentu Anda menampilkan produk-produk yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari masing-masing user, mulai dari lokasi, hobi, umur, gender dan lainnya.

    Dengan adanya cara ini, maka calon konsumen Anda akan merasa lebih dihargai karena pendekatan yang personal. Tapi, dibutuhkan software khusus agar sistem pemasaran ini berjalan sesuai rencana.

    [elementor-template id="26379"]

  10. Email Marketing

    Email marketing sangat cocok untuk Anda gunakan ketika Anda sudah mengumpulkan database customer Anda. Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat memberikan informasi terbaru mengenai produk Anda dan dapat menggunakan fitur email blast untuk mengirim email sekaligus ke customer Anda.

  11. Pay Per Click (PPC)

    Dalam strategi pemasaran online ini calon konsumen akan dikenakan sejumlah biaya setiap kali ada pengguna yang mengklik iklan yang Anda buat. 

    Strategi pemasaran online ini mungkin terdengar mirip dengan SEM, namun ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC kepada calon konsumen.

    Sehingga tidak selalu menggunakan mesin pencari seperti google. Sejauh ini platform periklanan yang sekarang sedang populer dan banyak digunakan ialah google AdWords, Instagram Ads dan juga Facebook Ans.

Lalu, di antara beberapa strategi online marketing tersebut, manakah yang sudah Anda terapkan untuk meningkatkan popularitas bisnis Anda? Teruslah mengeksplorasi berbagai strategi online marketing supaya bisa memperoleh hasil terbaik.

Pastikan juga Anda memiliki perencanaan yang matang untuk penganggaran biaya pemasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Kesulitan dalam mencatat biaya pemasaran? Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Ingin tahu software yang dapat membantu Anda? Inilah Harmony Accounting Software, merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan secara realtime.

Memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda serta mudah dalam penggunaan, lalu tunggu apa lagi? 

Yuk gunakan teknologi akuntansi Harmony sekarang juga. Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun Anda di sini.

Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram