Harmony » Blog » 

10 Ide Strategi Pemasaran Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 12, 2020

Bisnis makanan ringan Indonesia kian marak saat ini. Banyaknya inovasi dalam membuat makanan ringan serta mudahnya mendapat informasi dari berbagai sumber terutama internet menjadi faktor yang menyebabkan hal itu. Untuk Anda yang mau terjun ke bisnis makanan ringan, maka wajib mengetahui strategi pemasaran usaha makanan ringan agar bisa sukses.

Strategi pemasaran usaha makanan ringan berbeda dengan strategi pemasaran restoran karena segmen pasarnya berbeda. Pemasaran usaha makanan ringan fokus kepada orang yang suka ngemil, tidak membutuhkan makanan berat, menyukai rasa tertentu sedangkan restoran fokus pada orang yang mau makan berat seperti makan siang dan makan malam.

Untuk menjadi pebisnis makanan ringan yang sukses maka Anda harus mengetahui ide pemasaran usaha makanan ringan yang efektif.

Pebisnis makanan ringan sebagian besar adalah pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Pelaku UKM harus memiliki strategi dalam era new normal saat ini agar bisnisnya bisa bertahan dan terus eksis.

Untuk Anda yang mau terjun ke bisnis makanan ringan ataupun sudah menjadi pebisnis makanan ringan, yuk simak penjelasan 10 ide strategi pemasaran usaha makanan ringan berikut agar produk Anda cepat laku.

1. Tentukan Segmen Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mementukan segmen pasar untuk produk Anda. Dengan mengetahui segmen pasar maka Anda akan membuat produk yang cocok untuk mereka sehingga pemasaran usaha makanan ringan Anda akan lebih mudah dijalankan.

 Baca juga : Langkah-Langkah Dalam Menentukan Segmen Pasar Untuk Bisnis Anda

[elementor-template id="26379"]


2. Buat Produk yang Unik dan Tonjolkan Keunikan tersebut

Anda harus membuat makanan ringan unik untuk dijual. Tujuannya adalah agar produk Anda menjadi makanan ringan kekinian untuk menarik minat customer. Tonjolkan terus keunikan tersebut dalam branding termasuk dalam content artikel dan sosial media produk Anda.

3. Maksimalkan Penggunaan Social Media Marketing

Saat ini adalah era internet dan media sosial, maka strategi pemasaran  usaha makanan ringan wajib menggunakan sosial media. Gunakan sosial media populer di masyarakat seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube. Buatlah content menarik di media sosial tersebut yang berhubungan dengan produk makanan ringan Anda.

4. Pakai Jasa Influencer

Gunakan juga jasa influencer sebagai strategi jualan online yang efektif. Karena influencer memiliki fans base yang akan membeli produk yang diiklankan oleh influencer tersebut. Pemakaian influencer untuk mempromosikan produk cukup sering digunakan dalam strategi pemasaran produk makanan.

5. Jual Produk Anda di Aplikasi Marketplace

Jual juga produk Anda di platform marketplace ternama di Indonesia karena traffic pengunjungnya tinggi. Marketplace tersebut adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada. Jangan lupa memperhatikan expired date atau ketahanan produk Anda jika menjualnya di marketplace.

6. Ikut dalam Event yang Cocok

Agar pemasaran usaha makanan ringan Anda efektif maka ikutlah jika ada event yang cocok dengan target market produk Anda. Misalnya dengan menyewa booth atau menjadi sponsor pada event itu. Dengan melakukan ini maka brand produk Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.

7. Gunakan Strategi Bundling

Hal lain yang bisa dilakukan dalam pemasaran usaha makanan ringan adalah strategi bundling. Jual produk Anda dengan produk lain (bisa produk orang lain atau produk Anda sendiri) yang benefitnya bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli. Contoh pemasaran produk bundling adalah menjual snack dengan minuman dalam satu harga yang lebih murah.

8. Kerjasama dengan Partner yang Tepat

Taruh juga produk makanan ringan Anda di tempat yang tepat. Misalnya kantin sekolah, toko yang khusus menjual snack dan lain sebagainya. Umumnya partner tersebut akan meminta produk itu dijual secara konsinyasi. Lakukan ini sebagai bagian dari pemasaran usaha makanan ringan Anda secara konvensional.

9. Terus Berinovasi

Jangan pernah berhenti berinovasi dalam membuat produk dan juga memikirkan strategi pemasaran usaha makanan ringgan Anda. Hanya dengan terus melakukan inovasi maka bisnis makanan ringan Anda akan eksis dan berkembang.

10. Gunakan Aplikasi dalam Penjualan

Hal yang tak kalah penting dalam menerapkan pemasaran usaha makanan ringan adalah menggunakan aplikasi dalam penjualannya. Dengan menggunakan aplikasi maka proses penjualan jadi lebih cepat dan pencatatan penjualan jadi rapi dan tersistem. Serta dengan aplikasi penjualan maka akan membuat penerapan balance scorecard dalam usaha lebih mudah.

Selain fokus ke pemasaran, Anda juga harus fokus juga untuk mengontrol keuangan bisnisnya. Dengan keuangan yang sehat maka bisnis makanan ringan akan berkembang dengan baik. Jika Anda adalah orang yang sibuk maka bisa menggunakan perusahaan yang menyediakan jasa membuat laporan keuangan. Lihat disini untuk informasi lebih detailnya.

Gunakan aplikasi Harmony Accounting Software dalam mengelolah keuangan usaha makanan ringan Anda. Dengan menggunakan Harmony, Anda dapat memonitor laporan keuangan Anda kapan saja dan dimana saja. Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan Anda.

Kenalan juga dengan Harmony dengan mengikuti media sosialnya Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Menggunakan Harmony sangat mudah, Anda tidak perlu punya background akuntansi karena Harmony menyediakan video tutorial dan buku panduan yang Anda bisa akses kapan saja. Mau menggunakan Harmony? Anda dapat mendaftar GRATIS 30 hari disini. Selamat mencoba.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram