Apa yang dapat kami bantu?

Bantuan Akun

Mengelola Perusahaan

Sekilas Tentang Harmony

Kas dan Bank

Invoice

Bill

Persediaan

Aset Tetap

Daftar Akun

Kontak

Jurnal Umum

Pengaturan

Penyelesaian Masalah

Panduan Lain

Ubah atau Hapus Transaksi Akun

Mengubah Transaksi Akun

Anda dapat mengubah Transaksi Penerimaan Uang atau Pengeluaran Uang yang sudah dibuat, selama statusnya masih merupakan Belum Rekonsiliasi. Namun, Anda hanya bisa mengubah Transaksi yang sumbernya dari menu Kas dan Bank. Anda tidak dapat melakukan perubahan atas transaksi Pembayaran dari menu lain (cth: Transaksi pembayaran Invoice). Begitu pula Anda tidak dapat mengubah transaksi yang awalnya Uang Keluar menjadi Uang Masuk, dan sebaliknya. Untuk kasus seperti ini, Anda dapat menghapus transaksi yang salah tersebut, lalu buat kembali menggunakan menu yang sesuai.
Untuk mengubah rincian Transaksi Penerimaan/Pengeluaran Akun, ikuti langkah berikut:

  1. Dari halaman Kas & Bank, pilih Nama Bank yang dituju.
  2. Di halaman tab Transaksi Akun, klik nomor transaksi  yang berstatus Belum Rekonsiliasi yang ingin anda ubah.
  3. Klik menu di sebelah kanan atas, lalu pilih Ubah.
  4. Buat perubahan sesuai kebutuhan Anda, lalu klik tombol Perbarui jika sudah selesai.

Menghapus Transaksi Akun

Anda dapat menghapus transaksi di menu Kas & Bank, namun hanya untuk transaksi yang masih berstatus Belum Rekonsiliasi. Setelah anda menghapus transaksi tersebut, Anda tidak bisa lagi menggunakan nomor transaksi tersebut. Sistem Harmony akan meneruskan dengan auto-numbering yang ada atau Anda bisa mencatat dengan nomor transaksi lain yang belum pernah digunakan.
Untuk menghapus transaksi, ikuti langkah berikut:

  1. Dari halaman Kas & Bank, pilih Nama Bank yang dituju.
  2. Di halaman tab Transaksi Akun, klik nomor transaksi  yang berstatus Belum Rekonsiliasi yang ingin anda hapus.
  3. Di halaman detail, arahkan kursor anda ke menu (tiga titik) di sebelah kanan atas, dan anda akan melihat pilihan yang tersedia. Klik pilihan Hapus.
  4. Transaksi anda akan terhapus setelah anda mengkonfirmasi pilihan.
  5. Jika Anda ingin menghapus transaksi yang sudah di-rekonsiliasi, maka Anda harus membatalkan Rekonsiliasi yang sudah dibuat terlebih dahulu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses rekonsiliasi, klik disini.
Masih memerlukan bantuan?
Kontak Kami
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram