Barang Manufaktur dan Konversi Stok | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Barang Manufaktur dan Konversi Stok

Selain Barang Kelompok, Harmony juga menyediakan fitur simple manufacturing, untuk usaha Home Industry Anda.

Jika Barang Kelompok yang Anda ingin buat melewati proses manufaktur, maka Anda bisa menggunakan fitur Barang Manufaktur. Contohnya, Barang Manufaktur yang ingin dijual adalah Celana Panjang, dan untuk membuat Celana Panjang butuh 2 meter Kain Hitam, 2 Kancing dan ongkos jahit sebesar 70.000. Untuk membuat Barang Manufaktur tersebut, ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke menu Persediaan dari menu sidebar .

2. Pastikan Bahan Baku untuk membuat Barang Manufaktur sudah tersedia di Daftar Persediaan dan memiliki stok.

3. Klik tombol Item Baru di sebelah kanan atas, lalu pilih Item Kelompok.

4. Input Nama Kelompok bagi barang kelompok Anda, ketik Kode yang sesuai dan pilih Unit yang sesuai juga.

5. Centang kotak Barang Manufaktur untuk memunculkan kolom Akun Persediaan dan Akun HPP. Isi dengan akun yang sesuai, dan pastikan Akun yang akan Anda pilih sudah tersedia di Daftar Akun Anda.

6. Akun Persediaan Barang Jadi akan menampung saldo untuk Barang Manufaktur setelah Konversi Stok. Sedangkan Akun HPP akan menampung saldo HPP setelah Konversi Stok.

7. Selanjutnya isi barang yang akan dijadikan bahan baku untuk Barang Manufaktur tersebut. Lalu pilih Akun untuk menampung saldo Ongkos Jahit di bagian Akun Biaya. Dalam contoh ini dipilih Hutang Gaji, karena akan dibayarkan di akhir bulan.

8. Selanjutnya set Harga Barang untuk Barang Jadi / Barang Manufaktur tersebut, serta Akun Penjualannya.

9. Jika sudah selesai, klik tombol Buat.

10. Stok untuk Barang Manufaktur tersebut adalah dimonitor, dan saat ini stok-nya masih 0. Jadi jika Anda membuat Invoice dengan barang tersebut maka tidak akan diperbolehkan oleh Harmony, karena belum memiliki stok. Untuk menambah stok, lakukan Konversi Stok.

Konversi Stok

Konversi Stok bisa juga disebut sebagai proses pencatatan hasil manufaktur. Jadi setelah proses menjahitnya sudah selesai, Anda akan menginput jumlah stok Celana Panjang Hitam yang siap dijual.

Untuk melakukan Konversi Stok, ikuti langkah berikut:

1. Klik Nama Barang Manufaktur yang akan ditambahkan stoknya.

2. Klik tombol Konversi Stok di bagian atas halaman.

3. Isi jumlah Stok Barang Jadi (jumlah barang yang siap dijual / sudah selesai diproduksi). Lalu isi Tanggal Konversi.

4. Selanjutnya isi keterangan tentang Bahan Baku yang digunakan dalam proses produksi. Dari pengaturan awal, untuk membuat 1 Celana Panjang Hitam membutuhkan 2 Katun Hitam dan 2 Kancing, serta ongkos jahit sebesar 70.000. Jika diproduksi 3 Celana Panjang Hitam, maka Katun Hitam yang terpakai adalah 6 meter (2 meter x 3), begitu juga Kancing-nya (2 buah x 3).

5. Jika ada biaya tambahan lain terkait Konversi Stok kali ini (misal untuk biaya awal, ada Biaya Design), maka bisa ditambahkan di bagian Biaya Tambahan.

6. Total Biaya merupakan total keseluruhan HPP yang terjadi atas produksi 3 Celana Panjang Hitam ini. Harga Pokok adalah Total Biaya per 1 Celana Panjang Hitam.

7. Jika sudah yakin, klik tombol Konversi di bagian bawah halaman.

8. Pastikan Jurnal Konversi Stok sudah benar, lalu klik tombol Posting Konversi.

9. Stoknya sudah bertambah dan barang bisa dijual. Setiap penjualan akan mengurangi langsung stok Celana Panjang Hitam. Lalu jika stoknya sudah habis, maka Anda bisa melakukan Konversi Stok lagi dengan cara yang sama, dengan asumsi Anda melakukan produksi jahit kembali.

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/