Saldo Awal | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Saldo Awal

Jika bisnis Anda sudah berjalan sebelum menggunakan Harmony, maka besar kemungkinan Anda sudah memiliki saldo bagi tiap-tiap akun di Perusahaan Anda. Untuk memindahkan saldo akun Perusahaan Anda ke dalam Harmony maka Anda bisa menggunakan menu Saldo Awal.

Sebelum mulai mengisi Saldo Awal, kami sarankan untuk memperhatikan langkah dibawah ini dengan jelas, dan siapkan juga beberapa hal yang tercantum dalam langkah tersebut.

Dokumen yang sebaiknya dipersiapkan:

  1. Daftar akun Kas & Bank beserta Saldo akhir sebelum tanggal mulai menggunakan Harmony. Akun Kas dan Bank adalah akun keuangan yang digunakan dalam transaksi perusahaan, termasuk Kas Besar dan Deposito (jika ada). Mulailah menambahkan akun Kas & Bank ke Harmony. Ikuti langkahnya di sini.
  2. Laporan Keuangan. Jika tidak ada, bisa juga menggunakan Neraca Lajur yang memiliki saldo akhir sebelum tanggal mulai menggunakan Harmony. Jika tidak ada sama sekali (tidak pernah melakukan pembukuan), maka bisa dilewatkan.
  3. Saldo Piutang atau saldo Invoices yang belum lunas (belum dibayarkan) hingga tanggal mulai menggunakan Harmony.
  4. Saldo Hutang atau saldo Bill yang belum lunas (belum dibayarkan) hingga tanggal mulai menggunakan Harmony.
  5. Daftar Persediaan Barang. Jika usaha Anda adalah menjual barang (Anda memiliki Persediaan Barang), maka sebaiknya siapkan daftarnya beserta stok akhir barang, nilai modal (Harga Pokok Penjualan barang), serta Nilai Total persediaan barang di tanggal sebelum mulai menggunakan Harmony. Baca lebih lanjut mengenai penambahan Barang Persediaan di sini.
  6. Daftar Aset Tetap. Siapkan daftar Aset Tetap (yang setiap bulan disusutkan) beserta harga beli, metode penyusutan serta nilai akumulasi penyusutan terakhir di tanggal sebelum mulai menggunakan Harmony. Baca lebih lanjut mengenai Aset Tetap di sini.
  7. Daftar COA / Akun-akun Perusahaan. Siapkan Daftar COA yang biasa Anda gunakan dalam perusahaan dan pastikan COA yang ada di Harmony sudah sesuai. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan COA sendiri, Harmony menyediakan sejumlah akun yang sekiranya dibutuhkan perusahaan, namun Anda juga bisa menambahkan akun lain yang belum tersedia di Harmony, begitu juga dapat mengubah nama dan kode sesuai kebutuhan. 

Untuk lebih mudahnya, Anda juga dapat mempersiapkan Neraca seperti gambar dibawah ini. Jika sudah tersedia, maka Anda bisa langsung mengisinya di halaman Saldo Awal

Catatan: Jika Anda ingin mulai menggunakan Harmony (mencatat transaksi di Harmony) pada tanggal 1 Januari, maka pastikan semua dokumen di atas memiliki saldo akhir di 31 Desember.

Mulai Menambahkan Saldo Awal

Untuk mulai mengisi Saldo Awal, ikuti langkah di bawah ini:

1. Masuk ke halaman Saldo Awal dari menu Pengaturan.

2. Atur Tanggal Mulai menggunakan Harmony. Jika Anda ingin mulai mencatat transaksi di Harmony per tanggal 1 Maret, maka isi dengan tanggal 1 Maret.

3. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan.

4. Mulailah mengisi saldo awal bagi masing-masing Akun yang tersedia.

5. Scroll sampai ke bawah, dan pastikan saldo Debit dan Kredit sudah balance.

6. Jika ada selisih antara saldo Debit dan Kredit, maka Anda harus mengisi Akun Penyesuaian, agar kedua saldo menjadi balance. Pilih Akun yang sesuai atau gunakan Akun yang sudah disediakan Harmony (Akun Penyesuaian Saldo Awal / Conversion Balance Adjustment).

7. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan.

Jika masih ada kendala atau butuh informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi bantuan Harmony melalui fitur Live Chat. 

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/