Mencatat Uang Muka dari Pembeli | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Mencatat Uang Muka dari Pembeli

Dalam kasus dimana Pembeli / Customer Anda membayar uang muka terlebih dahulu, atau mengirimkan Deposit sebelum Invoice terbit, maka Anda bisa mencatatnya ke akun Pendapatan Diterima Di Muka (Unearned Revenue), dengan asumsi penerimaan uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar pembelian / penjualan.

Catat Uang Muka sebagai Uang Masuk

Anda bisa mencatat Uang Muka menggunakan menu Uang Masuk di menu Kas dan Bank, seperti berikut ini:

Membayar Invoice dengan Uang Muka

Lalu ketika di masa depan Invoice-nya siap dibuatkan, maka Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan akun yang sama:

Pembayaran Invoice menggunakan Uang Muka

Anda dapat melakukan pengecekan berkala untuk Akun Unearned Revenue tersebut, apakah masih ada Uang Muka yang menggantung atau sudah digunakan untuk pembayaran Invoice dari Laporan Buku Besar Akun seperti berikut:

Di laporan tersebut akan terlihat kapan Uang Muka-nya dicatat, dan kapan digunakan untuk membayar Invoice (Payment).

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/