Mencatat Pembelian Aset secara Kredit / Cicilan | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Mencatat Pembelian Aset secara Kredit / Cicilan

Untuk mencatat pembelian Aset secara Kredit atau dimana pembayarannya dicicil, maka berikut contoh pencatatannya di Harmony.

Perusahaan membeli sebuah Mobil untuk keperluan distribusi seharga 200 juta. Uang Muka Pembelian adalah 30% dari Harga Beli, dan pembelian ini akan dicicil selama 3 tahun dengan bunga sebesar 8% p.a. Harga tersebut belum termasuk PPn sebesar 10%, Ongkos Kirim sebesar 100.000, dan Biaya Asuransi sebesar 1.000.000 per tahun untuk 3 tahun, serta Biaya Provisi senilai 75.000.

Pada Saat Pembayaran DP / Tanda Jadi

1. Jika ada transaksi pembayaran DP atau Tanda Jadi, dimana uang sudah keluar, namun barangnya belum diterima, maka bisa dicatat sebagai berikut di menu Uang Keluar:

2. Gunakan akun Uang Muka Pembelian Aset yang posisinya sebagai Biaya Dibayar Di Muka (Prepaid Expenses). Jika Akun ini belum tersedia di Daftar Akun Anda, maka bisa ditambahkan terlebih dahulu.

3. Pada saat barangnya sudah dikirim, maka sudah bisa mencatat Harga Perolehan Aktiva. Perlu diingat, yang menjadi bagian dari Harga Perolehan Aktiva adalah semua biaya yang dikeluarkan sehingga Aktiva tersebut siap digunakan, antara lain Harga Beli, Pajak Masukan yang tidak dapat dikreditkan, Bea Balik Nama, Biaya Angkut dan/atau Biaya Pemasangan. Jadi sebelum membuat Transaksi Perolehan, ada baiknya dihitung terlebih dulu semua biaya yang timbul untuk menjadi Harga Perolehan. Catat transaksi perolehan Aktiva sesuai dengan Harga Perolehan yang sudah dihitung. Harga Perolehan akan menjadi dasar perhitungan Biaya Penyusutan per bulan untuk Aktiva tersebut.

4. Gunakan menu Bill untuk mencatat penerimaan barang dan tagihan biaya yang harus dibayarkan.

Karena PPn dapat dikreditkan, maka tidak ditambahkan ke Harga Perolehan Aktiva. Dalam hal Pajak Masukan tidak dapat dikreditkan, misalnya karena pembeli bukan PKP atau pembelian Kendaraan bukan untuk kegiatan operasional, maka Pajak tersebut bisa ditambahkan ke Harga Perolehan Aktiva.

Biaya Asuransi di-debit ke akun Asuransi Dibayar Dimuka karena biayanya untuk 3 tahun, dan bisa di-amortisasi ke Biaya Asuransi di periode yang sesuai.

Sisa Cicilan yang harus dibayar ditambahkan ke akun Hutang Cicilan Mobil dengan tipe Hutang Lancar. Untuk mencatat pembayarannya, bisa menggunakan menu Uang Keluar dan mendebit akun tersebut agar saldonya berkurang.

Aset yang dicatat ke akun dengan tipe Aset Tetap akan otomatis masuk ke menu Aset Tetap di Harmony. Kunjungi halaman ini untuk membaca lebih lanjut tentang pencatatan Aset Tetap dan Penyusutannya di Harmony.

Pada Saat Pembayaran Cicilan

Gunakan menu Uang Keluar untuk mencatat pembayaran cicilan. Kurangi saldo pokok dari akun Hutang Cicilan Mobil, dan untuk Bunga Kreditnya dicatat ke Beban Bunga.

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/